10 Cara Membuat Artikel SEO yang Tepat, Pemula Wajib Tahu!

Menuangkan gagasan menjadi tulisan bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat. Namun, tak banyak yang memahami agar tulisan tersebut bisa tersebar luas.

Penulis harus memahami cara membuat artikel SEO. Dengan begitu, tulisan bisa terlihat di halaman pencarian.

Cara Membuat Artikel SEO

Apa Itu Artikel SEO?

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Melihat dari artinya, maka SEO merupakan teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan penemuan sebuah halaman atau website oleh mesin pencarian.

Banyak para pengelola website atau para penulis artikel yang menginginkan tulisannya bertengger di halaman pertama pencarian.

Dengan begitu, para pencari informasi yang menjelajah internet akan mengakses website tersebut sehingga bisa meningkatkan web traffic.

Ketika membuat tulisan untuk diunggah di website, penulis yang mengetahui cara membuat artikel SEO akan memaksimalkan teknik ini. Bahkan, tak jarang yang menggunakan jasa penulis artikel.

Cara Membuat Artikel SEO

Berbeda dengan cara membuat artikel biasanya, menulis artikel SEO tidak cukup hanya dengan menulis artikel.

Membuatnya menjadi mudah dicari adalah tujuan yang tak kalah penting. Apalagi, jika sampai bisa bertengger di halaman pertama dan membuat website banjir pengunjung.

Ikuti langkah berikut:

1. Perhatikan Keyword

Cara membuat artikel SEO yang pertama adalah memperhatikan penggunaan kata kunci yang tepat. Selain harus sesuai niche, kata kunci dikategorikan tepat jika volume pencariannya sangat tinggi.

Selain itu, pastikan juga persaingannya sedang atau kecil. Pencarian tinggi dalam hal ini menunjukkan pencarian yang sedang dilakukan.

Maka, jika menulis dengan kata kunci yang tepat, akan lebih besar kemungkinan untuk diakses.

Sementara itu, persaingan menunjukkan banyaknya competitor yang sedang mengulik kata kunci tersebut.

Jika persaingannya tinggi, tentu akan mempersempit kemungkinan mencapai halaman pertama mesin pencarian.

Jika ingin mendapatkan kata kunci yang tepat, penulis harus melakukan riset. Riset keyword bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa perangkat yang bisa diakses dengan mudah.

KWfinder atau Google Trends adalah salah satu tools untuk riset keyword.

2. Memahami Audiens

Sama halnya ketika sedang memasarkan produk, pengelola website juga harus memahami audiens yang menjadi sasaran tulisannya.

Aktivitas ini disebut search intent yang menjadi faktor penting dalam melakukan pemeringkatan web oleh mesin pencari.

Intent yang sesuai akan menjawab pertanyaan atau kebutuhan audiens. Alhasil, pembaca akan membaca artikel tersebut lebih lama, hingga selesai bahkan menjadikannya referensi.

Tulisan yang demikian akan terbaca sebagai artikel yang bermanfaat sehingga mendapat ranking yang tinggi.

3. Tentukan Sudut Pandang

Pada dasarnya, cara membuat artikel SEO tidak berbeda dengan keterampilan menulis. Seorang penulis harus menentukan sudut pandang yang unik, agar artikel yang dimuat memberi kesan berbeda.

Jika mencermati halaman pencarian untuk sebuah keyword, akan ada banyak sekali artikel dengan isi yang hampir mirip.

Namun lebih jauh, dari setiap artikel tersebut pasti memiliki sudut pandang yang berbeda yang dipilih oleh penulis masing-masing web.

4. Gunakan Struktur Dasar Artikel

Ketika membuat artikel, ada struktur dasar yang harus terpenuhi yaitu prolog, isi dan epilog. Tujuan utama dari struktur ini adalah untuk memudahkan proses menulis.

Di samping itu, struktur yang baik akan memudahkan pembaca dalam memahami isinya.

Ketiga bagian tersebut juga harus berhubungan satu sama lain. Oleh karena itu, kembali ditegaskan bahwa cara membuat artikel SEO tak ubahnya membuat tulisan yang baik.

Tulisan yang baik akan memberikan penjelasan yang utuh dan menjawab pertanyaan gagasan.

5. Paragraf Pertama adalah Kunci

Paragraf pertama harus menjadi tendangan yang menentukan. Di dalamnya harus sudah memberikan gambaran jawaban dari pertanyaan pembaca.

Jika tidak, membaca akan langsung meninggalkan artikel. Rumus “AIDA” bisa menjadi salah satu cara untuk membuat tulisan menjadi menarik.

Pada rumus menulis ini, paragraf pertama adalah Attention atau paragraf yang akan memancing minat audiens untuk membaca sampai selesai.

6. Sebaran Kata Kunci

Banyak penulis web yang melakukan spam keyword agar tulisannya bisa terindeks oleh mesin pencari. Padahal, hal tersebut merupakan kesalahan dalam membuat artikel SEO.

Sebaran kata kunci harus dalam batas wajar, yaitu tidak lebih dari 10% dari jumlah kata dalam artikel.

7. Sematkan Internal Link dan External Link

SEO akan lebih baik jika di dalam tulisan tersebut terdapat tautan secara internal maupun eksternal. Internal link berarti tulisan tersebut ditautkan ke tulisan lain di web yang sama.

Sementara eksternal link adalah tautan ke website yang berbeda. Adanya tautan ini akan membantu pembaca menemukan artikel serupa.

Dengan demikian, pembaca akan semakin mendapat informasi mendalam. Namun, penyisipan tautan ini juga tidak boleh spam.

8. Berikan Konten Visual

Selain tulisan, tambahkan juga gambar atau infografis yang berkaitan. Penelitian menunjukkan bahwa otak manusia lebih cepat memproses data visual ketimbang tulisan.

Maka menyisipkan data visual akan membuat pembaca lebih betah berada di web Anda.

9. Sebaran Heading

Bagi artikel menjadi beberapa heading. Jika menggunakan wordpress, terdapat enam pembagian heading yang bisa digunakan.

Penggunaan heading ini agar pembaca lebih mudah menemukan pokok bahasan dari artikel.

10. Perhatikan Panjang Artikel

Panjang artikel yang disarankan adalah minimal 300 kata. Lazimnya, artikel SEO memiliki panjang 1000 hingga 2500 kata.

Optimalisasi ini agar mesin pencari juga mengindeks artikel di website Anda memiliki informasi yang lengkap dan akurat.

Demikianlah 10 cara membuat artikel SEO yang tepat. Jika ingin membaca tips-tips menulis artikel SEO lainnya, Anda bisa berkunjung ke website SIPWriter.

Akan ada banyak penjelasan di website tersebut. Sehingga cara-cara mudah yang telah dibahas sebelumnya dapat langsung dipraktekkan untuk memaksimalkan konten strategi Anda.