Cara Mengatasi Undawn Gangguan Jaringan dan Penyebabnya

Gangguan jaringan pada Undawn cukup sering terjadi. Tentunya masalah ini sangat mengganggu, karena selalu muncul saat hendak masuk ke dalam game.

Kalau sudah seperti ini, tak ada yang bisa dilakukan selain menunggu. Akan tetapi, terkadang gangguan jaringan bisa hilang begitu saja saat gimnya di-restart.

Nah, bagi kamu yang sering mengalami kendala seperti ini, berikut admin ulas beberapa penyebab dan cara mengatasi Undawn gangguan jaringan.

Cara Mengatasi Undawn Gangguan Jaringan

Penyebab Undawn Gangguan Jaringan

Diketahui, ada beberapa alasan kenapa Undawn gangguan jaringan. Bisa karena koneksi yang terputus, atau kuota internet sudah habis.

Namun, kalau dilihat lebih jauh, koneksi dan kuota bukanlah penyebab utama. Pasalnya, saat kuota masih ada, masalah error atau gangguan jaringan juga terjadi.


Lantas, apa penyebab Undawn gangguan jaringan? Berikut ulasannya:

1. Jaringan Error

Koneksi yang kurang stabil bisa jadi alasan kenapa Undawn tidak bisa dibuka dan muncul pesan “Gangguan Jaringan”. Mungkin terjadi error karena cuaca sedang hujan.

Selain itu, ada kemungkinan provider yang kamu pakai memang sedang bermasalah. Entah karena sedang ada perbaikan atau pemeliharaan tower sinyal.

2. Masalah Server

Penyebab lainnya adalah masalah server. Hal ini dapat terjadi karena server Undawn yang masih kurang stabil. Karena seperti yang kita tahu, game-nya baru dirilis.

Sejak rilis di Playstore pertengahan bulan Juni lalu, Undawn memang sering mengalami error. Bukan hanya gangguan jaringan saja, namun game yang keluar sendiri (force close).

3. APK Game Belum Sempurna

Masih berkaitan dengan server, penyebab Undawn gangguan jaringan juga karena aplikasi game yang belum sempurna. Masih terdapat banyak bug dan kendala sistem.

Mengenai hal ini, tak ada yang bisa kita lakukan selain menunggu. Namun biasanya, setelah game kembali dibuka, notifikasi “Gangguan Jaringan” tidak lagi muncul. 

Cara Mengatasi Undawn Gangguan Jaringan

Undawn merupakan salah satu game yang cukup menyita memori penyimpanan. Apalagi sejak update 24 Agustus 2023, game-nya jadi tambah berat.

Sehingga tak heran, banyak pemain yang mengalami kendala, seperti gagal login, force close, lagging, layar patah-patah, hingga koneksi error.

Setelah tahu penyebabnya, berikut beberapa cara mengatasi Undawn gangguan jaringan:

1. Perbaiki atau Ganti Jaringan

Cara pertama yang wajib dilakukan adalah memperbaiki jaringan. Kamu bisa coba mengaktifkan Flight Mode, atau matikan koneksi selama beberapa detik.

Kalau tidak bisa juga, masalahnya mungkin ada di provider. Solusi terbaik bisa dengan menggunakan Wi-Fi atau sekalian ganti ke provider baru yang lebih ngebut.

2. Update Game di Playstore

Selanjutnya, cara mengatasi Undawn gangguan jaringan bisa dengan memperbarui game. Cara ini wajib dilakukan bagi yang baru bermain atau belum pernah update.

Untuk cara update Undawn, kamu tinggal masuk ke Google Play atau App Store. Sebelum itu, pastikan pakai Wi-Fi karena ukuran update sangat besar.

3. Bersihkan Ruang Memori

Tentunya dari semua penyebab di atas, memori yang penuh terkadang membuat kinerja game tidak maksimal. Apalagi Undawn termasuk game berat.

Sejak update terbaru atau dibukanya map Golden Desert, full size Undawn meningkat pesat dari yang awalnya 8GB menjadi 12GB.

Oleh karena itu, sebelum bermain pastikan RAM dan ruang penyimpanan hp kamu masih tersisa banyak. Jangan ngepas apa lagi sampai penuh.

4. Restart Game

Terakhir, cara mengatasi Undawn gangguan jaringan adalah dengan melakukan restart. Kalau notifikasi “Gangguan Jaringan” muncul, coba tutup game-nya.

Jika sudah, bersihkan Recent Apps, kalau perlu hapus cache data Undawn (jangan data penyimpanan). Tunggu hingga 1 atau 2 menit, setelah itu buka kembali gimnya.

Apabila terjadi masalah seperti error maupun gagal login, sebisa mungkin jangan pernah hapus data penyimpanan atau uninstall game.

Bukannya membaik, kamu harus install ulang dan mengunduh data resources berkali-kali dengan size yang sangat besar.

Akhir Kata

Undawn masuk jajaran game mobile bertema survival zombie paling populer saat ini. Meskipun baru rilis, game milik Garena ini sudah berhasil melampaui LifeAfter di Google Play dan App Store.

Demikian ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi Undawn gangguan jaringan atau tidak bisa dibuka. Baca artikel lain di Ngelirikcom untuk informasi seputar game dan tutorial.