Perbandingan Spotify vs Apple Music, Mana yang Lebih Bagus?

Saat ini ada banyak platform streaming musik yang menawarkan ragam pilihan lagu, mulai dari pop, rock, jazz, hingga EDM. Salah duanya Spotify dan Apple Music. Namun, kalau keduanya dibandingkan sebenarnya mana yang lebih bagus?

Seperti yang kita tahu, Apple Music kini bukan hanya ekslusif di iOS saja. Pengguna Android sudah tersedia di Google Play dan bisa digunakan secara gratis untuk pengguna baru di 1 bulan pertama

Mungkin teman-teman ada yang bingung memilih satu aplikasi terbaik untuk memutar musik legal. Nah, kali ini Ngelirik.com aka membagikan ulasan tentang perbandingan Spotify vs Apple Music serta kelebihan dan kekurangan keduanya. Yuk disimak!

spotify vs apple music

Perbandingan Spotify vs Apple Music

Tak bisa dipungkiri, Spotify dan Apple Music sama-sama merajai pasar aplikasi streaming musik. Dengan segala inovasi dan fitur yang ditawarkan, popularitas keduanya lebih baik dibanding Resso, JOOX, maupun Shazam.

Spotify sendiri dikembangkan di Swedia dengan pendiri bernama Daniel Ek yang dikabarkan akan membeli klub Premier League, Arsenal. Sementara Apple Music merupakan aplikasi dari Apple yang menguasai platform musik digital.

Berikut beberapa perbandingan yang bisa jadi referensi dalam menentukan bagusan Spotify atau Apple Music.

1. Kualitas Audio Musik

Pada dasarnya, kualitas musik dari dua platform ini sangat baik. Terlebih, Apple Music dan Spotify menerapkan teknologi yang memungkinkan pengguna mendengarkan musik dengan nyaman. Namun, dari segi format audio, keduanya punya perbedaan.

Spotify mengusur variasi tiga format, yakni 96 kbps, 160 kbps dan 320 kbps. Sedangkan Apple Music menggunakan Advanced Audio Coding dengan bitrate 256Kbps.

Dari perbandingan Spotify vs Apple Music ini, sebenarnya tidak ada yang lebih unggul. Sebab, masing-masing orang punya selera berbeda. Tapi umumnya, semakin besar bitrate maka penggunaan kuota juga lebih boros.

2. Tampilan Aplikasi

perbandingan spotify vs apple music

Berikutnya, dari segi tampilan baik Spotify dan Apple Music mengusung tema gelap yang terlihat sangat simpel dan elegan. Terlebih, menu navigasi dari keduanya juga tertata dengan rapi sehingga pengguna mudah untuk mencari pilihan musik.

Tapi, ada alasan kenapa tampilan Spotify lebih bagus dibanding Apple Music. Salah satunya di algoritma, dimana Spotify bisa mengetahui mood pengguna berdasarkan lagu yang sering diputar. Sangat menarik, bukan?

3. Fitur di Dalam Aplikasi

Masih bingung memilih antara Spotify atau Apple Music? Mungkin dari segi fitur Anda bisa menetukan. Yaps, Apple Music lebih unggul dengan fitur cloud sharing yang memudahkan integrasi antar perangkat.

Dengan fitur ini, pengguna dapat memutar playlist lagu dari satu perangkat ke perangkat lain. Hal ini yang tidak dimiliki Spotify, jika Anda mengakses akun Spotify di perangkat berbeda, maka playlist-nya tidak akan tersimpan.

4. Koleksi Lagu dan Konten

bagus spotify atau apple music

Nah, yang ditunggu-tunggu, perbandingan Spotify vs Apple Music dari koleksi lagu atau konten. Sampai saat ini setidaknya Spotify sudah memiliki lebih dari 70 juta lagu. Sementara Apple Music sekitar 75 juta lagu dari berbagai genre.

Meskipun lebih sedikit, namu Spotify punya koleksi podcast dari artis maupun public figure Indonesia. Berbeda dengan Apple Music, sebagian besar konten podcast-nya dari artis luar yang bahkan sangat tidak familiar.

5. Biaya Langganan Premium

Untuk pengguna baru, kedua aplikasi streaming musik ini memberikan akses gratis ke versi premium selama 30 hari. Setelah itu, Anda harus membayar biaya langganan dengan ragam pilihan paket dan harga yang berbeda.

Berikut daftar biaya langganan Apple Music dan Spotify untuk paket Student, Personal, dan Family.

Spotify Apple Music
Personal Rp50.000 Personal Rp49.000
Student Rp25.000 Student Rp29.000
Family Rp79.000 Family Rp75.000

Secara keseluruhan, dari segi biaya Spotify vs Apple Music tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Silahkan pilih mana yang menurut Anda paling cocok dengan perangkat dan pilihan fitur yang ditawarkan.

Keunggulan Spotify

1. Koleksi lagu dan podcast berkualitas
2. Fitur download untuk memutar musik tanpa koneksi internet
3. Bebas iklan
4. Bebas melompat ke lagu lain tanpa batas
5. Tampilan aplikasi enak dilihat
6. Putar lagu dari yang paling favorit atau sesuai urutan
7. Metode pembayaran bisa via pulsa

Keunggulan Apple Music

1. Koleksi lagu lebih lengkap
2. Ada radio live
3. Biasanya album dari musisi lebih dulu rilis di Apple Music
4. Kualitas audio memanjakan telinga
5. 1 akun untuk banyak perangkat
6. Lirik dari situs Genius.com
7. Ada fitur music video

Cara Berlangganan Spotify Premium

Adapun cara berlangganan Spotify Premium dengan pulsa bisa diikuti pada panduan berikut.

  • Pertama buka aplikasi Spotify dan lakukan registrasi
  • Kemudian klik menu Premium yang terletak di laman utama
  • Selanjutnya aplikasi akan beralih ke halaman pembelian
  • Pilih opsi “Bayar dengan Pulsa”
  • Setelah itu pilih paket yang Anda inginkan (Student, Duo, Family)
  • Jika sudah, masukkan nomor hp Telkomsel, XL, atau Indosat
  • Pihak operator akan mengirimkan kode OTP, masukkan kode tersebut
  • Untuk menyelesaikan pembelian, klik tombol Lanjutkan

Sampai di sini Anda sudah berhasil berlangganan Spotify Premium. Silahkan nikmati lagu atau podcast yang Anda inginkan tanpa terkendala iklan dan shuffle.

Cara Berlangganan Apple Music Premium

Jika Anda lebih tertarik dengan Apple Music dari perbandingan Spotify vs Apple Music yang telah kami jabarkan di atas, maka berikut panduan berlangganan Apple Music Premium.

  • Langkah pertama buka aplikasinya di Android atau iPhone
  • Lalu buka “Listen Now” atau “For You”
  • Kemudian klik tawaran free trial untuk 1 bulan pertama
  • Setelah itu, pilih paket yang diinginkan, ada Individu, Pelajar, atau Keluarga (maksimal 6 orang)
  • Jika sudah, buat ID Apple baru dengan mengikuti panduan di aplikasi
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran, pakai DANA saja biar gampang
  • Terakhir klik tombol “Bergabung” atau “Join with Apple Music”

Selesai, sekarang tinggal buka aplikasinya dan pilih lagu favorit yang ingin didengarkan. Oiya, jangan lupa menggunakan earphone agar suaranya lebih nyaring dan menusuk kalbu.

Kesimpulan

Setelah memahami penjelasan di atas, sebenarnya Spotify dan Apple Music punya keunggulan masing-masing. Namun, secara universal sepertinya Spotify adalah juaranya. Apalagi pendaftaran dan penggunaan lebih mudah.

Jadi, itulah ulasan yang bisa Ngelirik.com sampaikan tentang perbandingan Spotify vs Apple Music beserta kelebihan, kekurangan, dan cara berlangganan premium. Menurut teman-teman mana yang lebih bagus?