8 Aplikasi Streaming Musik Terbaik dan Terlengkap Android/iOS 2024

Aplikasi Streaming Musik Terbaik

Sebelum teknologi berkembang, musik hanya bisa didengarkan di radio, walkman, atau VCD. Namun kini banyak bermunculan aplikasi streaming musik yang sangat simpel dan dibekali ragam koleksi lagu, mulai dari Pop, EDM, hingga Jazz.

Kalau melihat generasi milenial saat ini, rata-rata mereka sangat antusias dengan musik. Setiap melakukan kegiatan pasti ada musik yang mengiringi.

Nah, kali ini Ngelirik.com ingin mengulas daftar aplikasi musik terbaik yang punya koleksi lagu terlengkap. Aplikasi yang dimaksud bisa Anda gunakan secara gratis atau berlangganan untuk menikmati fitur unggulan.

Daftar Aplikasi Musik Terbaik

Dari daftar yang kami rangkum ini, semuanya bisa Anda unduh gratis di Google Play maupun App Store. Namun, Anda juga bisa berlangganan bulanan dengan membayar biaya yang beragam, tergantung jenis paketnya.

Nah, tak perlu berlama-lama lagi silahkan simak rekomendasi aplikasi streaming musik Android dan iPhone yang menawarkan ragam jenis musik dan juga podcast.

1. Resso Music


Di daftar pertama kami merekomendasikan Resso Music sebagai aplikasi pemutar musik terbaik dengan koleksi lagu cukup lengkap.

Sebagai pengembang, ByteDance menawarkan biaya bulanan Rp49.000 untuk Android dan Rp59.000 untuk iOS.

Disamping itu, Resso Music juga termasuk aplikasi penghasil uang. Anda bisa menyelesaikan misi atau membagikan kode referral Resso kepada teman untuk mendapatkan uang asli.

Salah satu keunggulan Resso Music adalah suaranya yag jernih serta menampilkan lirik lagu ketika musik dimainkan. Tapi sayangnya, karena masih baru koleksi lagu mereka tidak selengkap Spotify.

2. Spotify


Sebagai pengguna Spotify, admin tentu menyertakan aplikasi ini dalam daftar. Menurut admin, Spotify adalah pemutar musik Android dengan kualitas suara terbaik saat ini. Alasannya karena ada banyak keunggulan Spotify dibanding aplikasi lain.

Salah satu yang menarik, Spotify memberikan uji coba gratis kepada pengguna untuk menikmati fitur premium.

Selain itu, koleksi lagunya paling lengkap dan selalu update setiap harinya. Bahkan, Spotify juga menyajikan podcast dengan ragam topik menarik.

3. Youtube Music


Sebagai platform yang sangat populer, Youtube menghadirkan Youtube Music sebagai aplikasi streaming musik yang cukup menjanjikan dari segi tampilan.

Uniknya, aplikasi ini termasuk dalam satu paket ketika Anda berlangganan Youtube Premium.

Meskipun berbayar, tapi Anda bisa menggunakannya secara gratis dengan fitur terbatas. Tapi, tak ada salahnya toh berlangganan? Toh biayanya cuma Rp49.000 per bulan.

4. Deezer


Di daftar berikutnya ada Deezer yang termasuk aplikasi streaming lagu online dan offline saingan Spotify. Selain mendengarkan lagu, aplikasi Deezer memiliki fitur untuk mengedit audio sesuai keinginan, misal menambahkan bass, electro, dsb.

Tak jauh berbeda dari platform musik streaming lainnya, Deezer menawarkan versi premium bagi pengguna yang ingin menikmati fitur maupun layanan tambahan.

Dengan berlangganan Deezer Premium, Anda bisa menikmati musik dengan nyaman tanpa terganggu iklan. Bahkan kualitas audio yang dihasilkan bisa mencapai 320kbps.

Karena konsepnya streaming, tentunya membutuhkan kuota untuk mengakses Deezer, Namun, gjika ingin menikmati MP3 offline, Anda bisa mengunduh lagunya terlebih dahulu.

5. Apple Music


Selanjutnya ada Apple Music yang termasuk aplikasi pemutar musik terbaik di iPhone. Meskipun begitu, aplikasi ini juga tersedia di Google Play dan bisa dinikmati pengguna Android. Apple membekali jutaan lagu terbaru dan terpopuler.


Keunggulan Apple Music adalah integrasi yang baik dengan perangkat lain seperti Siri, Apple Watch, hingga iTunes. Tentunya ini sangat nyaman digunakan dan membuat penggunanya semakin betah.

6. JOOX


Selain Spotify, JOOX juga termasuk aplikasi streaming musik terbaik yang pernah admin gunakan. Meskipun tidak sebaik Spotify, namun JOOX menawarkan koleksi lagu yang lengkap. Selain itu, fitur-fiturnya juga cukup bagus.

Dibuat oleh Tencent, JOOX tersedia di semua sistem operasi smartphone, baik iOS maupun Android. Dengan aplikasi ini Anda bisa mendengarkan musik secara online maupun offline dengan kualitas audio yang sangat jernih.

JOOX memiliki beberapa fitur unggulan, di antaranya karaoke, radio, rekomendasi playlist, hingga menonton video klip dari lagu-lagu populer.

7. Amazon Music


Sesuai namanya, Amazon Music adalah aplikasi streaming musik yang dikembangkan oleh platform e-commerce terbesar di dunia, Amazon. Untuk menikmati aplikasi ini, Anda bisa menggunakan iOS, Android, maupun Fire TV.

Amazon Music menawarkan lagu dari berbagai genre. Kalau ingin menikmati koleksinya, Anda harus berlangganan dengan biaya Rp89.000 per bulan.

Meskipun sangat mahal, namun Amazon sangat memperhatikan royalti untuk musisi.

Tapi, Amazon Music juga memberikan trial 30 hari gratis. Setelah itu, Anda bisa memilih dua opsi langganan, yakni Unlimited dan Prime Music.

Uniknya, Amazon Music bisa dihubungkan dengan Alexa sehingga lebih praktis.

8. LangitMusik


LangitMusik adalah aplikasi musik terbaik untuk Xiaomi. Selain bisa mendengarkan musik, Anda juga diperbolehkan mengunduh lagu secara legal.

Saat ini aplikasi LangitMusik tersedia untuk Android, iOs, Windows Phone, hingga Blackberry.

Adapun kelebihan LangitMusik dibanding aplikasi streaming musik lain adalah ukurannya sangat ringan dan koleksi lagu cukup lengkap.

Namun sayangnya, sering terjadi gangguan ketika mendengarkan musik secara online maupun offline.

Akhir Kata

Dalam memilih aplikasi musik streaming, setiap orang pasti punya selera berbeda. Sesuaikan saja dengan selera Anda sendiri mana yang paling bagus.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi streaming musik terbaik dan terlengkap yang bisa Anda gunakan untuk menemani aktivitas. Kalau admin Ngelirik.com lebih suka Spotify karena suaranya jernih dan biaya langganan cukup terjangkau.