Contoh Company Profile yang Bagus untuk Branding Perusahaan

Membuat company profile begitu penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini tak lain bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik.

Umumnya, company profile mencakup informasi seputar visi misi, keunggulan, hingga produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan terkait.

Oleh sebab itu, sudah sewajarnya perusahaan tahu cara membuat company profile. Terlebih, sekarang sudah banyak jasa digital yang berkaitan dengan company profile.

Bagi Anda yang masih bingung seperti apa contoh company profile, artikel ini akan mengulas secara lengkap agar branding perusahaan semakin baik. Yuk simak!

Contoh Company Profile

Apa Saja yang Harus Ada di Company Profile?

Karena begitu penting, company profile harus dibuat dengan informasi yang detail. Selain memperkenalkan perusahaan, namun juga untuk meningkatkan brand awareness.

Lantas, apa saja yang harus ada di company profile? Berikut rinciannya:

1. Cover Depan & Belakang

Sebelum lebih jauh, perusahaan harus tahu cover yang bagus untuk company profile mereka. Biasanya cover depan tercantum logo dan nama perusahaan.

Sementara, di cover belakang berisi informasi kontak, seperti alamat, email, dan nomor telepon. Pastikan Anda membuatnya secara jelas dan detail.

2. Laman Daftar Isi

Tak jauh berbeda dengan skripsi, company profile juga harus memiliki halaman khusus daftar isi. Ini akan membantu klien atau calon pelanggan mencari halaman tertentu.

Namun, daftar isi ini hanya cocok dibuat dalam bentuk media cetak. Karena biasanya, media digital dibuat lebih simpel yang merangkum seluruh informasi dalam satu halaman website.

3. Profil Visi Misi

Selanjutnya, cara membuat company profile yang bagus tak lepas dari profil perusahaan. Halaman ini mencakup banyak hal, termasuk struktur organisasi.

Dikutip dari Berdikari Media, profil juga menyertakan sejarah, latar belakang, hingga visi & misi perusahaan. Ini akan membuat pembaca paham dengan bisnis yang Anda jalani.

4. Produk yang Ditawarkan

Untuk bagian ini, perusahaan harus membuat secara rinci tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuannya agar publik mengenal perusahaan lebih dekat.

Contoh halaman produk yang baik itu harus memiliki deskripsi, fungsi, spesifikasi, dan keunggulan. Jangan lupa sertakan gambar agar lebih menarik.

5. Keunggulan dan Pencapaian

Sebagaimana fungsi dari company profile itu sendiri, Anda juga harus menyertakan apa yang jadi keunggulan dari perusahaan serta pencapaian.

Sebagai contoh, kalau perusahaan bergerak di bidang produk makanan, sampaikan keunggulan citarasa dan kualitas yang lebih baik dari para kompetitor.

Terakhir, untuk lebih meyakinkan, dokumentasi juga tak kalah penting pada company profile. Dokumentasi ini bisa menampilkan aktivitas dan fasilitas yang ada di perusahaan.

Contoh Company Profile

Seperti yang dijelaskan di awal, ada banyak company profile yang terbagi menjadi dua kategori, yakni media cetak dan media digital.

Tentunya, masing-masing media punya ciri khas tersendiri. Namun, secara esensi semuanya sama, yaitu memperkenalkan perusakaan kepada publik.

Berikut ini beberapa contoh company profile yang pupuler:

1. Company Profile: Website

Berada di era digital tentu harus disikapi dengan baik oleh perusahaan. Contohnya membuat website yang berisi company profile secara lengkap.

Hal ini akan memudahkan masyarakat mengakses informasi. Disamping itu, company profile dalam bentuk website juga sangat efektif dan efisien, apalagi kalau dilengkapi produk dan keunggulan perusahaan.

2. Company Profile: Aplikasi

Selanjutnya, contoh company profile hadir dalam versi aplikasi. Tak jauh berbeda dengan website, aksesnya juga mudah karena semua orang memiliki smartphone.

Penting dipahami, kalau Anda ingin membuat aplikasi company profile, pastikan meng-hire agency yang sudah berpengalaman.

3. Company Profile: Video

Efektifitas company profile juga bisa didapat dalam bentuk video, terutama untuk perusahaan yang sering melakukan presentasi kepada klien.

Pembuatan video company profile harus memperhatikan beberapa hal, yakni foto, teks, gambar bergerak, dan background yang menarik.

4. Company Profile: Brosur

Selain media digital, company profile juga bisa dibuat dalam bentuk brosur. Pengenalan seperti ini cocok untuk memberi gambaran singkat tentang perusahaan.

Umumnya, brosur company profile cukup efektif sebagai media promosi bisnis. Namun, Anda harus mengutamakan teks, gambar, dan desain yang unik.

5. Company Profile: Buku

Selain brosur, buku juga termasuk salah satu contoh company profile dalam versi media cetak. Namun, buku lebih komplit karena menampilkan visi dan misi perusahaan.

Selain itu, buku company profile juga bisa menampilkan pencapaian perusahaan hingga produk atau jasa. Cara ini dianggap cukup efektif meningkatkan brand awareness.

Demikian ulasan tentang contoh company profile dan cara membuatnya. Bagi Anda yang sedang membangun bisnis dari nol, Berdikari Media dapat diandalkan dalam pembuatan company profile yang menarik.