Pengertian Jenis dan Perbandingan Hardisk Server SAS dan SATA

Sebelum anda membandingkan hardisk server SAS dan SATA anda perlu mengetahui terlebih dahulu, apa itu hardisk server SAS? Dan apa itu hardisk server SATA? Serta perbedaan dari dua hardisk tersebut.

Oleh karena itu, kami akan memberikan jawaban-jawaban yang sering ditanyakan banyak orang mengenai hardisk server SAS.

Definisi Harddisk Server SAS

Perbandingan Hardisk Server SAS dan SATA

Hardisk Server SAS adalah jenis harddisk server yang menggunakan interface Serial Attached SCSI (SAS).

SAS adalah sebuah metode yang diterapkan untuk menghubungkan perangkat peripheral komputer dengan menggunakan mode akses serial, di mana data ditransfer satu bit pada satu waktu.

Hardisk SAS hadir dalam 2 jenis utama yaitu 10K dan 15K, dan memiliki kapasitas yang lebih rendah daripada drive SATA tetapi kekurangan kapasitas mereka menebusnya dalam hal kecepatan dan keandalan. 

Kemampuan yang tinggi dalam hal kecepatan dan ketahanan menjadikan SAS sebagai opsi yang sangat tepat untuk digunakan di perusahaan dan dalam situasi di mana kecepatan dan keandalan memiliki peran yang sangat penting. 

Hardisk SAS dirancang khusus untuk menghadapi tuntutan aplikasi yang membutuhkan performa tinggi, dengan fokus utama pada kecepatan dan ketersediaan yang optimal. Hardisk Server SAS banyak digunakan pada komputer server, misalnya HPE Server.

Sementara Hardisk server SATA atau Serial Advanced Technology Attachment merupakan varian hardisk yang umum digunakan pada perangkat pc/laptop.

Hardisk server SATA memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada hardisk jenis IDE/ATA, yaitu mencapai 2 TB. 

Hardisk server SATA memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan hardisk jenis IDE/ATA, seperti kecepatan transfer data yang lebih tinggi. 

Namun, hardisk server SATA tidak sehandal dan memiliki performa yang lebih rendah dibandingkan dengan hardisk server SAS. 

Oleh karena itu, hardisk server SATA lebih cocok digunakan pada server yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar dan tidak membutuhkan performa tinggi dan keandalan yang tinggi.

Perbedaan antara Hardisk Server SAS dan SATA


Anda juga dapat melihat perbedaan antara Hardisk Server SAS dan SATA yang bisa kalian pertimbangkan sebelum membelinya.

Perbedaan Hardisk Server SAS Hardisk Server SATA
Interface Menggunakan interface Serial Attached SCSI (SAS) Menggunakan interface Serial Advanced Technology Attachment (SATA)
Performa Lebih handal dan memiliki performa yang lebih baik Tidak sehandal dan memiliki performa yang lebih rendah
Kecepatan Transfer Data Lebih tinggi dibandingkan dengan SATA Lebih rendah dibandingkan dengan SAS
Harga Lebih mahal dibandingkan dengan SATA Lebih murah dibandingkan dengan SAS
Kapasitas Penyimpanan Kapasitas penyimpanan yang lebih rendah Kapasitas penyimpanan yang lebih besar
Cocok digunakan pada Server yang membutuhkan performa tinggi Server yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa hardisk server SAS memiliki performa yang lebih baik dan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan hardisk server SATA. 

Namun, hardisk server SAS lebih mahal dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih rendah dibandingkan dengan hardisk server SATA. 

Hardisk server SAS lebih cocok digunakan pada server yang membutuhkan performa tinggi dan keandalan yang tinggi. 

Sedangkan hardisk server SATA lebih cocok digunakan pada server yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar dan tidak membutuhkan performa tinggi dan keandalan yang tinggi.

Jenis dan Rekomendasi Hard Disk Server SAS


Adapun jenis hard disk server SAS yang tersedia di pasaran:

1. Hard disk SAS 3: Jenis hard disk server SAS yang menggunakan antarmuka SAS3 dan memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, mencapai 12Gbps.

Hard disk SAS 3 cocok digunakan pada server yang membutuhkan performa tinggi dan kecepatan transfer data yang tinggi.

2. Hard disk SAS 2: Jenis hard disk server SAS yang menggunakan antarmuka SAS2 dan memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah dibandingkan dengan hard disk SAS 3. 

Hard disk SAS 2 cocok digunakan pada server yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar dan tidak membutuhkan performa tinggi.

3. Hard disk SAS 1: Jenis hard disk server SAS yang menggunakan antarmuka SAS1 dan memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah dibandingkan dengan hard disk SAS 2 dan SAS 3. 

Hard disk SAS 1 cocok digunakan pada server yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar dan tidak membutuhkan performa tinggi.

4. Solid State Drive (SSD) SAS: Jenis hard disk server SAS yang menggunakan teknologi SSD dan antarmuka SAS. 

SSD SAS memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi dan cocok digunakan pada server yang membutuhkan performa tinggi dan kecepatan transfer data yang tinggi.

Dengan memilih jenis hard disk server SAS yang sesuai dengan kebutuhan bisnis server Anda, untuk performa dan keandalan server yang maksimal Anda dapat menggunakan Server HPE ProLiant.

Pastikan Anda memilih hard disk server SAS dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik di pasaran untuk memastikan kualitas dan keandalan yang tinggi.

Jika masih bingung dalam menentukan HDD yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan hubungi Konsultan IT yang sudah berpengalaman dan memiliki pelayanan yang baik.