Kenapa Shopee Tidak Bisa Checkout? Ini Penjelasannya

Pernahkah kamu mengalami kegagalan seperti Shopee tidak bisa checkout? Beberapa hal mungkin menjadi penyebabnya, seperti metode pembayaran yang tidak cocok atau masalah dengan akun Shopee.

Shopee, salah satu platform e-commerce terbaik di Indonesia selain Tokopedia. Setiap hari, ribuan bahkan ratusan ribu pesanan dilakukan oleh pengguna dari seluruh penjuru tanah air.

Meskipun Shopee telah menyediakan layanan dan sistem yang baik, tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang pengguna mengalami kendala dalam membuat pesanan.

Salah satu yang cukup sering terjadi adalah Shopee tidak bisa checkout. Kalau kamu juga mengalami masalah tersebut, yuk baca penjelasan lengkap di artikel ini.

Kenapa Shopee Tidak Bisa Checkout

Penyebab Shopee Tidak Bisa Checkout

Berbelanja produk secara online adalah hal yang umum saat ini. Barang yang kita inginkan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam keranjang belanja, checkout, lalu akan dikirim lewat kurir.

Meskipun prosesnya terlihat sederhana, namun tak jarang kita menghadapi beberapa masalah yang cukup mengganggu. Salah satunya adalah Shopee tidak bisa checkout atau gagal membuat pesanan.


Adapun penyebab kenapa Shopee tidak bisa checkout sebagai berikut:

1. Saldo Tidak Mencukupi

Shopee menyediakan berbagai metode pembayaran, termasuk Shopeepay, transfer bank, dan Paylater. Ketika Shopee tidak bisa checkout, kemungkinan saldo yang kamu miliki tidak mencukupi.

Kalau memilih pembayaran lelwat Shopeepay ataupun metode lain, pastikan saldo tidak kurang dari nominal yang tertera pada halaman checkout.

2. Kelengkapan Data Akun

Selanjutnya, alasan kenapa Shopee tidak bisa checkout juga disebabkan data akun yang belum lengkap. Kemungkinan, kamu lupa mengisi data penting, seperti nomor handphone.

Oleh karena itu, apabila muncul notif pesanan gagal dimuat, coba lengkapi seluruh data akun. Selain nomor hp, pastikan lengkapi juga alamat penerima agar pengiriman bisa dilakukan.

3. Berat Barang Melewati Batas

Penyebab gagal checkout Shopee lainnya adalah berat barang yang kamu pesanan melebihi batas yang sudah ditetapkan. Misalnya, kamu beli barbel dengan berat 50 kg, kemudian memilih jasa pengiriman Reguler.

Dalam kasus ini, sistem akan secara otomatis menolak pesanan. Solusinya adalah untuk barang-barang yang berat atau berukuran besar, kamu hanya bisa menggunakan jasa pengiriman JNE Kargo.

4. Pesanan Berbeda

Alasan kenapa checkout Shopee gagal juga dapat disebabkan oleh kombinasi produk yang tidak sesuai dengan satu layanan pengiriman. Terkadang, beberapa jasa ekspedisi tidak menerima produk-produk tertentu.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan kamu memilih produk dan jasa pengiriman yang sesuai. Misalnya, jika ingin membeli baju dan celana, pastikan beli di toko yang sama.

5. Alamat Pengiriman Bermasalah

Meskipun Shopee mencakup seluruh wilayah Indonesia, masih ada beberapa daerah yang tidak dapat dijangkau. Ketika kamu melakukan checkout, mungkin muncul notifikasi yang menyatakan bahwa alamat pengiriman berada di luar jangkauan.

Solusi untuk mengatasi masalah Shopee tidak bisa checkout dalam kasus ini adalah dengan memilih layanan pengiriman lain yang memiliki cakupan area lebih luas.    

6. Terlalu Banyak Checkout

Selanjutnya, Shopee gagal checkout juga dapat disebabkan pembelian yang terlampau banyak. Perlu diketahui, dalam satu waktu, kita hanya dapat melakukan pemesanan maksimal 50 jenis produk.

Dengan kata lain, jika kamu memilih produk dalam waktu bersamaan, sebaiknya pesanan dibagi menjadi 3 atau 5 kali checkout.

7. Masa Berlaku Voucher Berakhir (D07)

Salah satu penyebab gagal checkout di Shopee adalah voucher yang digunakan sudah kadaluwarsa. Hal ini ditandai dengan pesan atau notifikasi D07 setelah kamu mengklik tombol "Buat Pesanan".

Untuk itu, pastikan voucher atau kode promo yang kamu gunakan masih tersedia dan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Jangan pernah pakai voucher yang sudah kadaluwarsa.

8. Pembatasan Akun Shopee (F01)

Alasan terakhir kenapa Shopee gagal buat pesanan adalah masalah akun. Bisa jadi akun Shopee kamu terkena pembatasan. Umumnya, masalah ini muncul dengan notifikasi F01.

Apabila hal ini benar, secara otomatis kamu tidak bisa melakukan apa-apa, termasuk checkout atau menyelesaikan pembayaran.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengajukan banding ke pihak Shopee. Berikan informasi yang akurat kalau selama menggunakan aplikasi Shopee kamu tidak pernah melanggar kebijakan.

Selain alasan yang disebutkan di atas, penyebab Shopee tidak bisa checkout Shopee juga karena masalah jaringan. Jadi, pastikan internet kamu stabil sebelum melakukan checkout.

Akhir Kata

Kemudahan dalam membeli produk atau barang tak bisa dibantah di era digital. Kita hanya perlu mengakses aplikasi e-commerce dan memilih produk yang diinginkan. Setelah checkout, barang akan diantar ke alamat rumah.

Demikian penjelasan yang dapat dipahami tentang alasan kenapa Shopee tidak bisa checkout atau gagal membuat pesanan. Kalau kamu sedang mengalaminya, ikuti panduan di atas sampai selesai, ya!