Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama, Ini Penyebab dan Solusinya!

Sebagai salah satu e-commerce paling populer, Shopee menghadirkan ragam kebutuhan. Pakaian, makanan, hingga barang elektronik tersedia di sini. Tapi tak jarang, aplikasi Shopee error dan selalu kembali ke halaman utama.

Masalah ini belakangan jadi perbincangan di mana-mana. Bahkan di media sosial banyak pengguna bikin status “kenapa Shopee error hari ini?”.

Di saat sedang asyik mencari produk atau mau checkout keranjang tiba-tiba aplikasi kembali ke halaman utama. Tentu saja hal ini sangat menyebalkan.

Tapi tak perlu khawatir, cara mengatasi aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama atau erro sangatlah mudah. Panduan lengkapnya bisa kamu simak di artikel ini.

Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama

Penyabab Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama

Tim Shopee menjelaskan penyebab kenapa aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama. Singkatnya, malasah ini terjadi karena beberapa faktor. Seperti sistem error dan terjadi lonjakan pengunjung.


Disamping itu, faktor lain juga bisa jadi penyebab. Untuk mengetahui permasalahan dan menemukan solusinya, yuk simak poin-poin di bawah ini.

1. Koneksi Bermasalah

Shopee membutuhkan koneksi internet agar aplikasi bisa dibuka. Ketika koneksi bermasalah, akan mengganggu keseluruhan sistem. Dengan kata lain, kinerja aplikasi jadi terhalang sehingga menyebabkan error.

2. Bug Aplikasi

Selanjutnya, penyebab aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama tak lain adalah bug. Faktor ini sering dijumpai apabila pengguna lupa mengupdate versi terbaru. Sayangnya, masalah ini hanya bisa diatasi oleh pihak developer.

Tapi, silahkan coba update Shopee versi yang baru di Google Play atau App Store. Siapa tahu kinerja aplikasi bisa kembali normal.

3. Storage Penuh

Bagi pengguna yang menginstal banyak aplikasi, coba sekali-sekali cek ketersediaan memori. Kemungkinan masalah Shopee error hari ini disebabkan karena storage penuh. Hapus semua aplikasi tak terpakai agar ruang penyimpanan jadi longgar.

4. Aplikasi Error

Bicara soal Shopee selalu kembali ke halaman utama, salah satu hal yang bisa jadi penyebabnya adalah error. Hal ini membuat kinerja aplikasi terganggu, sehingga pengguna tidak dapat mengakses beberapa fitur.

5. Lonjakan Pengunjung

Terakhir, alasan paling logis kenapa aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama tak lain karena lonjakan pengunjung. Umumnya, itu terjadi ketika ada event tertentu, seperti menyambut lebaran, natal, atau flash sale.

Banyaknya pengguna yang membuka Shopee secara bersamaan dapat mempengarui fungsi dan kinerja aplikasi. Oleh karena itu, disarankan akses di jam tertentu seperti malam hari atau waktu subuh.

Berdasarkan keterangan Customer Service Shopee, setidaknya lima poin di atas menjadi penyebab aplikasi Shopee error atau selalu kembali ke halaman utama.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama

Apabila penyebabnya sudah diketahui, sekarang kita bisa memahami apa saja cara mengatasi aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama.

Rangkuman di bawah ini bisa kamu coba satu per satu sampai masalah error teratasi.

1. Bersihkan Cache Shopee

Bagi yang belum tahu, Shopee punya data cache sendiri di dalam menu aplikasi. Ketika kinerja aplikasi terganggu, coba hapus cache tesebut secara berkala. Caranya buka menu Saya, lalu klik gerigi, masuk ke Informasi, dan pilih Bersihkan Cache.

Setelah itu, tutup aplikasi dan hapus dari Recent Apps. Selang beberapa menit, silahkan buka kembali aplikasi Shopee. Metode ini akan mengatasi masalah Shopee selalu kembali ke halaman utama.

2. Perbarui Shopee

Selanjutnya cara yang tak kalah penting adalah update aplikasi ke versi terbaru. Ini dilakukan apabila ditemukan bug atau error ketika mengakses fitur di dalam Shopee. Lakukan update langsung di Google Play atau App Store untuk pengguna iOS.

3. Perbaiki Jaringan

Cara mengatasi Shopee selalu kembali ke halaman utama berikutnya adalah dengan memperbaiki jaringan. Kalian bisa melakukannya lewat metode mengaktifkan Flight Mode. Setelah beberapa menit, nonaktifkan Flight Mode.

Ini dilakukan agar koneksi jaringan kembali ke setelan awal dan memastikan internet berjalan lanjar seperti sebelum terjadi error pada aplikasi Shopee.

4. Uninstall Aplikasi Shopee

Mencopot pemasangan aplikasi juga termasuk cara mengatasi Shopee selalu kembali ke halaman utama paling ampuh. Pasalnya, ada kemungkinan kinerja aplikasi terganggu oleh beberapa hal. Tapi pastikan kamu sudah menyimpan data login, ya!

5. Paksa Berhenti

Cara berikutnya adalah menghentikan paksa aplikasi Shopee. Untuk langkah-langkahnya, kamu tinggal buka Pengaturan, kemudian bukan Setelan Aplikasi, dan cari aplikasi Shopee. Setelah itu, klik di tulisan Paksa Berhenti.

6. Tunggu Hingga Normal

Apabila semua metode di atas belum juga berhasil mengatasi Shopee selalu kembali ke halaman utama, yang bisa kamu lakukan adalah menunggu. Sebab, pengunjung selalu membludak ketika ada event tertentu.

Silahkan tunggu dan akses kembali selang beberapa jam. Tapi jika belum berhasil juga, cara terbaik adalah melapor ke pihak Shopee dan menjelaskan permasalahan yang sedang kamu hadapi.
 

Akhir Kata

Sebenarnya masalah error juga sering terjadi di semua aplikasi. Hal terpenting untuk dipahami adalah tidak gegabah. Kemungkinan besar hal ini akan teratasi secara otomatis setelah pihak Shopee melakukan perbaikan sistem.

Itulah penjelasan kenapa aplikasi Shopee selalu kembali ke halaman utama atau error. Baca juga artikel lain di Ngelirik.com untuk informasi seputar tutorial, game, dan aplikasi.