Cara Mengosongkan Saldo DANA dengan Mudah, Ini Detailnya!

Mau mengosongkan saldo DANA karena tak lagi dipakai? Caranya mudah kok, bahkan kamu bisa menghabiskan semua saldo jadi 0 rupiah. Ini wajib dilakukan bila aplikasi ingin di-uninstall atau menghapus akun.

Tak bisa dibantah kalau DANA masuk jajaran e-wallet terpopuler di Indonesia. Sejak rilis 5 tahun lalu, layanan dompet digital ini jadi andalan banyak pengguna dalam melakukan transaksi. Entah itu kirim uang maupun bayar tagihan.

Tapi belakangan, layanan DANA mulai dikeluhkan pengguna. Sebab, ada yang mengalami saldo berkurang atau dibobol dengan nominal hingga jutaan rupiah. Hal ini tentunya sangat merugikan.

Nah, kalau kamu khawatir mengalami hal tersebut, cara mengosongkan saldo DANA bisa jadi solusi. Simak panduan lengkapnya di artikel ini.

Cara Mengosongkan Saldo DANA

Apakah Saldo DANA Bisa Ditarik Semua?

Berbeda dari bank konvensional yang mengharuskan ada saldo mengendap, saldo di DANA bisa ditarik semua tanpa sisa. Tapi tentu saja nominalnya harus genap, tidak boleh ada pecahan ganjil seperti Rp10.550 atau Rp50.550.

Lain hal kalau kamu transfer ke rekening bank yang ada biaya admin. Semua saldo DANA bisa ditarik asalkan memenuhi persyaratan minimum transfer, yakni Rp10.000 (Rp50.000 untuk transfer gratis).

Apa alasan kamu mau mengosongkan saldo DANA? Sebagian mungkin menjawab khawatir kena pembobolan, dan sebagian pengguna merasa layanan DANA kurang memuaskan.


Padahal kalau dilihat-lihat, fitur DANA cukup lengkap. Kita bisa bayar tagihan, transfer ke semua bank, hingga menerima uang dari e-wallet maupun bank.

Hanya saja, Customer Service DANA sangat tidak profesional. Bahkan kami tidak pernah melihat keluhan pengguna dibalas oleh admin. Pasti selalu pakai template BOT dan disuruh komplain ke Whatsapp. 

Anehnya lagi, setelah kirim pesan WA, kita perlu menunggu antrian panjang. Itupun jam kerjanya tidak 24 jam. Karena alasan ini, akhirnya banyak orang ingin tahu cara mengosongkan semua saldo DANA.

Cara Mengosongkan Saldo DANA Jadi Nol

Kalau kamu mau menarik semua saldo di e-wallet DANA, ada tiga cara yang bisa dilakukan. Pertama dibelanjakan token listrik atau pulsa, kedua transfer ke rekening bank, dan terakhir tarik DANA di Alfamart.

Semuanya sama-sama mudah, tinggal pilih sesuai keinginan dan nominal saldo yang kamu miliki. Selengkapnya berikut cara mengosongkan saldo DANA.

1. Gunakan untuk Beli Token atau Pulsa

Cara pertama adalah membelanjakannya di fitur tagihan. Bebas mau beli pulsa, kuota, atau token listrik. Tapi pastikan saldo kamu ngepas atau sesuai biaya tagihan. Misalnya Rp6.500 untuk pulsa dan Rp21.500 untuk token listrik.

Berikut cara beli pulsa atau token di DANA:

  • Buka menu Listrik atau Pulsa & Data
  • Kemudian masukkan nomor id pelanggan atau nomor hp kamu
  • Jika sudah, klik nominal transaksi
  • Terakhir, klik tombol Bayar
  • Selesai

Kalau jumlah saldo kamu tidak lebih dari nominal transaksi, pasti saldo DANA kamu jadi Rp0. Selanjutnya tinggal uninstall aplikasinya dari hp kamu. Tapi sebelum itu, pastikan semua data sudah dihapus, ya!

2. Kirim ke Bank atau e-Wallet

Selanjutnya, cara mengosongkan saldo DANA bisa juga lewat kirim uang. Bebas mau ke rekening bank atau e-wallet lain. Namun, pastikan jumlah saldo mencukupi termasuk tambahan biaya admin yang berlaku.

Kalau belum tahu caranya, ikuti langkah berikut:

  • Salin dulu nomor rekening tujuan
  • Jika sudah, masuk ke aplikasi DANA
  • Klik menu Kirim di halaman utama
  • Lalu pilih Kirim ke Bank > Tambah rekening bank baru
  • Selanjutnya cari bank tujuan > tempel nomor rekening
  • Kemudian tap “Simpan & Lanjut”
  • Ketik nominal transfer sesuai nominal saldo yang kamu miliki

Terakhir tinggal tap Selanjutnya dan selesaikan transaksi sesuai instruksi dari aplikasi. Selesai, cara mengosongkan saldo DANA berhasil dilakukan. Mudah, kan?

3. Tarik Saldo DANA di Alfamart

Selain bayar tagihan dan transfer, kamu juga bisa mengosongkan saldo DANA dengan mengambilnya lewat Alfamart. Cara ini cocok kalau saldo kamu di atas Rp50.000 dan masih ada kuota gratis biaya transaksi.

Yuk lakukan panduan berikut:

  • Pertama klik menu “Kirim”
  • Lalu klik opsi Tarik Tunai di bagian bawah
  • Kemudian pilih Alfamart > Tarik Tunai
  • Selanjutnya klik Tampilkan Kode Token
  • Sampaikan ke kasir nomor DANA, nomor token, dan nominal penarikan
  • Jika berhasil, kasih akan memberikan uang sesuai nominal yang kamu minta

Sampai di sini cara mengosongkan saldo DANA via tarik tunai sudah usai. Tapi cara ini hanya berlaku jika saldo kamu kelipatan 50.000, 100.000, atau 150.000. Kalau lebih sedikit meskipun 500 perak, pastinya sisa saldo tidak bisa jadi Rp0.

Kesimpulan

DANA sudah membantu banyak orang untuk kebutuhan bisnis maupun personal. E-wallet yang identik dengan warna biru ini adalah salah satu karya anak bangsa dengan pertumbuhan tercepat bersama OVO si e-wallet ungu.

Jadi itulah ulasan yang bisa kamu baca jika bingung cara mengosongkan saldo DANA jadi nol. Dari ketiga metode di atas, Ngelirik.com lebih memilih opsi bayar tagihan. Kalau menurut kamu, mana yang lebih mudah?