Berapa Full Size Tower of Fantasy? Ini Ulasan dan Spesifikasi Minimum

Full Size Tower of Fantasy

Berapa full size Tower of Fantasy? Mungkin pertanyaan tersebut sering terlintas ketika ingin download game ini. Sebab, karena genrenya MMORPG, sudah pasti size game besar dan butuh Android/iOS spek tinggi.

Seperti halnya Genshin Impact yang populer dalam beberapa tahun terakhir, Tower of Fantasy juga menyajikan game open world bertemakan anime. Meskipun gameplay-nya jauh berbeda, namun konsep game ini cukup mirip.

Nanti kalau kalian sudah masuk ke dalam game, pasti merasakan kemiripan antara dua game ini. Tapi sebelum download, sebaiknya pahami dulu full size Tower of Fantasy dan spesifikasi minimum yang dibutuhkan.

Tower of Fantasy Game Apa?

Tower of Fantasy adalah game bergenre MMORPG dari developer Level Infinite yang juga membuat game mobile lain, contohnya PUBG Mobile. Rilis 7 Agustus 2022 lalu, game ini cukup menarik minat gamer dari seluruh dunia.

Konsep ataupun gameplay yang ditawarkan tak jauh berbeda dari MMORPG lain. Namun, sinopsis Tower of Fantasy bercerita tentang kehidupan di sebuah planet bernama Aida. Di sana terdapat sumber daya berlimpah.

Setiap hero di Tower of Fantasy mendapatkan kekuatan dari sumber daya Omnium. Namun, masing-masing hero tentu dibekali kekuatan berbeda.

Kalau kamu mengikuti perkembangan dunia game, pasti tahu kalau jauh sebelum rilis, Tower of Fantasy dianggap meniru konsep Genshin Impact. Namun ini tak mengurangi estetika dan popularitas game ini.

Karena tentunya hampir semua game MMORPG memiliki tampilan yang mirip-mirip. Para developer mengandalkan tema “Anime” untuk setiap karakter maupun resources di dalam game.

Nah, kalau kamu sudah tak sabar memainkannya, game ini sudah tersedia di Google Play ataupun App Store. Tapi, pastikan spesifikasi perangkat kamu memenuhi syarat, ya!

Sebagai pertimbangan, di bawah ini admin kasih ulasan tentang full size Tower of Fantasy lengkap dengan ukuran total GB dan spesifikasi minimum di Android dan iOS.

Full Size Tower of Fantasy di Android & iOS

Untuk size awal atau ukuran download Tower of Fantasy di Playstore adalah 705MB. Namun tentunya ini akan terus bertambah ketika game dimainkan. Karena nanti ada data lain dan resources yang harus di-download.

Sementara untuk full size Tower of Fantasy sangatlah besar, sekitar 12,6 GB lebih. Ukuran ini terbilang standar mengingat game bertemakan MMORPG memiliki resources berlimpah dan grafis tinggi.

Berikut detail ukuran GB Tower of Fantasy:

  • Ukuran download: 705MB
  • Data pengguna: 11,4GB
  • Ukuran aplikasi: 1,3GB
  • Full size: 12,6GB

Dengan total size yang besar, tentu dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi. Bisa sih pakai hp mid-end, tapi nanti grafis dan gameplay-nya jadi kurang optimal.

Berdasarkan penjelasan full size Tower of Fantasy di atas, kamu jadi punya gambaran apakah ingin tetap memainkannya atau mencari game MMORPG yang lebih ringan.

Jika ingin download, kamu bisa langsung cari di Google Play/App Store dengan kata kunci “Tower of Fantasy” atau klik link berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.levelinfinite.hotta.gp 

Link tersebut mengarah langsung ke Playstore. Untuk cara download Tower of Fantasy, kamu tinggal klik Install dan tunggu proses selesai.

Tapi perlu diperhatikan, karena ukuran aplikasi game besar, sebaiknya kamu hubungkan ke Wi-Fi agar kuota internet tidak banyak terkuras.

System Requirements Tower of Fantasy

Setelah mengetahui berapa full size Tower of Fantasy, di bawah ini kamu bisa mengetahui spesifikasi atau system requirements minimum Android atau iOS.

  • Chipset: Kirin 710/Snapdragon 660/iPhone 7
  • Chipset yang disarankan: Kirin 980/985 & Snapdragon 855/865 & iPhone 11
  • RAM: 6GB atau 8GB
  • Storage: Lebih bagus di atasu 32GB

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, perangkat dengan spesifikasi minimum sudah bisa memainkan Tower of Fantasy. Tapi, kamu akan merasakan pengalaman lebih baik kalau menggunakan perangkat dengan spesifikasi tinggi.


Smartphone yang dibekali chipset Snapdragon 855 akan menyajikan grafis yang lebih baik. Begitu juga dengan Kirin 980 atau iPhone 11.

Akhir Kata

Saat ini ada banyak game bertemakan MMORPG open world yang keseruannya ada di misi dan tampilan karakter/hero. Tower of Fantasy bisa jadi alternatif kalau kamu bosan dengan Genshin Impact atau Honkai Impact 3.

Demikian ulasan tentang full size Tower of Fantasy dan penjelasan system requirements atau spesifikasi minimum di Android dan iOS. Semoga artikel ini bisa membantu gamer yang masih ragu untuk memainkannya.