11 Lagu Lebaran Terbaik yang Wajib Diputar Saat Idul Fitri 2024

Lagu Lebaran Terbaik yang Wajib Diputar Saat Idul Fitri

Bulan Ramadhan akan meninggalkan kita dalam hitungan hari. Selanjutnya kita akan menyambut Hari Kemenangan. Selain menyajikan hidangan ketupat ataupun opor, apakah Anda sudah punya daftar lagu Lebaran terbaik yang akan diputar saat Idul Fitri nanti?

Kalau belum, Ngelirik.com akan merangkum rekomendasi lagu yang wajib diputar setelah pulang sholat Ied. Selain membuat suasana lebih cerita, memutar lagu berirama gembira juga bisa memeriahkan perayaan Idul Fitri.

Daftar Lagu Lebaran Idul Fitri Terbaik

Berikut daftar lagu Lebaran terbaik  yang sering diputar saat Idul Fitri.

1. Gigi – Raihlah Kemenangan

Gigi adalah band asal Indonesia yang dikomandoi oleh Armand Maulana dan Dewa Budjana. Pada tahun 2005, Gigi merilis album bertemakan Idul Fitri yang terdiri dari banyak lagu, salah satunya Raihlah Kemenangan.

Ini adalah salah satu lagu Lebaran terbaik yang sering diputar di malam takbiran dan pagi setelah pulang sholat Idul Fitri. Bahkan, di hampir semua pusat perbelanjaan, lagu Raihlah Kemenangan menemani masyarakat yang hendak membeli perlengkapan lebaran.

2. Sabyan Gambus – Idul Fitri

Menjadi salah satu band religi terbaik saat ini, Sabyan Gambus terkenal dengan lagu-lagunya bertemakan Islami yang sarat akan makna. Di tahun 2019, band dengan vokalis Nissa Sabyan ini merilis lagu lebaran berjudul Idul Fitri.

Makna lirik lagu Idul Fitri pun sangat mengharukan. Menggambarkan suasana syahdu penuh kehangatan yang terkadang bisa bikin air mata menetes. Kalau Anda sedang berada jauh dari keluarga, lagu ini cocok diputar saat Lebaran tiba.

3. Alm. Ustadz Jefri Al Buchori – Selamat Hari Lebaran

Selanjutnya, ada Selamat Hari Lebaran sebagai lagi Lebaran yang sering diputar saat Idul Fitri. Lagu yang dipopulerkan oleh Alm. Ustadz Jefri Al Buchori ini memiliki lirik yang penuh makna dan mengingatkan kita pada keluarga dan sanak saudara.

4. Melly Goeslaw ft. Hedi Yunus – Lagu Religi

Melly Goeslow pernah berkolaborasi dengan Hedi Yunus untuk membawakan lagu berjudul Lagu Religi yang juga sering diputar saat malam takbiran atau pagi Idul Fitri. Lagu yang punya irama nge-beat groove ini sangat enak didengar dan bikin tambah semangat.


5. Sabyan Gambus – Ya Maulana

Masih dari Sabyan Gambus, lagu lebaran terbaik selanjutnya adalah Ya Maulana. Bukan hanya di Idul Fitri saja, lagu ini juga banyak diputar di bulan puasa dan malam takbiran. Dengan irama yang syahdu, Anda wajib memainkan lagu ini agar suasana lebaran jadi makin asyik.

6. Ungu – Selamat Lebaran

Lagu yang rilis pada 2006 ini termasuk salah satu favorit admin. Ungu, yang merupakan band legendaris di Indonesia, membawakannya dengan penuh pengkhayatan, sehingga membuat siapa saja yang mendengarkan hanyut dalam suasana kehangatan.

Sama seperti Gigi, Ungu juga merilis album bertemakan Idul Fitri bertajuk SurgaMu. Dengan musik berirama pop rock, lagu Selamat Lebaran sangat mudah untuk dipahami dan membuat susana lebaran jadi makin meriah.

7. Tasya Kamila – Ketupat Lebaran

Siapa yang tak kenal Tasya Kamila? Penyanyi cilik yang sudah menikah ini pernah mempopulerkan lagu Idul Fitri berjudul Ketupat Lebaran. Menggunakan irama dan melodi ala-ala negeri dongeng, lagu Ketupat Lebaran bisa jadi soundtrack yang sangat cocok di Hari Kemenangan.

8. Gita Gutawa – Idul Fitri

Terakhir, lagu lebaran yang wajib diputar adalah “Idul Fitri” milih Gita Gutawa. Putri dari Erwin Gutawa ini sangat populer di tahun 2010. Mungkin dulu Anda sering mendengarkannya saat masih SD, sekarang ketika sudah kuliah atau kerja, tak ada salahnya lagi memutar lagu ini saat lebaran.

Lirik lagu ini  pada dasarnya gabungan lagu lebaran klasik yang diaransemen ulang dengan suasana dan melodi ala negeri dongeng, seperti lagu milih Tasya Kamila sebelumnya.

9. Radja – Selamat Lebaran

Dengan potongan lirik "Selamat datang hari lebaran, marilah kita bersalam-salaman", lagu dari Radja ini juga wajib diputar saat hari haya Idul Fitri. Di sini Ian Kasela menekankan kalau lebaran kita harus bersalaman dan saling memafkan.

Tapi, karena di tahun ini bumi masih "sakit", sebaiknya jangan kontak fisik dulu, ya! Agar kita semua tetap aman dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

10. Afgan, Andien, Giring – Lebaran Sebentar Lagi

Lebaran Sebentar Lagi merupakan lagu lebaran terbaik sepanjang masa yang dipopulerkan oleh Bimbo. Kemudian banyak musisi yang menyanyikan ulang dengan aransemen berbeda, salah satunya Afgan, Andien, dan Giring Nidji.

11. Gigi – Hati Yang Fitri

Gigi memang dikenal sebagai band yang banyak menelurkan lagu-lagu spesial lebaran. Setelah Raihlah Kemenangan, ada juga Hati Yang Fitri dengan melodi syahdu, gembira, serta lirik sederhana.

"Selamat Hari Raya, selamat hari lebaran. Selamat Idul Fitri, maaf lahir dan batin". Potongan lirik Hati Yang Fitri ini juga admin ucapkan untuk kalian yang sudah setia mengunjungi situs ini. Admin minta maaf kalau ada kesalahan, ya!

Dan untuk teman-teman Kristiani, selamat berkumpul dengan keluarga dalam merayakan Kenaikan Isa Almasih. Semoga kita selalu mendaptkan kebahagiaan dan hidup rukun antar umat beragama.

Penutup

Di atas adalah daftar lagu Lebaran terbaik sepanjang masa yang dipilih berdasarkan popularitas. Meskipun dirilis pada waktu yang berbeda, namun suasanya lebaran di lagunya sangat terasa. Ketika kangen kumpul dengan keluarga ataupun saudara, lagu di atas wajib Anda putar.

Akhir kata, terus semangat bagi Anda yang berada jauh dari keluarga. Yakinlah waktu akan mempertemukan kalian kembali. Semoga ulasan tentang daftar lagu lebaran yang wajib diputar saat Idul Fitri di atas bisa jadi referensi untuk mengisi soundtrack lebaran di rumah.