Profil dan Fakta Menarik Dita Karang, Idol K-Pop Asal Indonesia

profil dita karang
source: @ditakarang on Instagram

Profil Dita Karang – Jagat dunia maya dibuat heboh dengan seorang gadis asal Indonesia yang jadi bagian dari Secret Number, girl band asal Korea yang memulai debutnya pada 19 Mei 2020.

Namanya Dita Karang, wanita cantik berdarah Bali yang lahir dan besar di Yogyakarta itu mencatat sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang meniti karir di Korea dengan menjadi idol K-Pop atau Korean Pop.

Sebelumnya banyak yang tak tahu dengan gadis bernama lengkap Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang ini.

Pasalnya, Dita Karang banyak menghabiskan waktunya di Amerika untuk menempuh pendidikan di America Musical and Dramatic Academy.

Hingga suatu waktu ia muncul di IG Live Dian Sastro untuk menceritakan pengalaman selama berada di luar negeri khususnya Korea.

Dalam percakapan tersebut ternyata Dita Karang masih fasih berbicara dengan bahasa Jawa meskipun lama tinggal di luar negeri.

Profil dan Fakta Dita Karang

Selain fakta bahwa Dita fasih berbahasa Jawa, ternyata Dita Karang masih ada hubungan saudara dengan aktris Dian Sastro.

Hal ini diketahui dari komentar warganet yang menyebut kalau mereka memiliki keluarga besar yang sama-sama berasal dari Yogyakarta.

Sampai berita ini turun, baik Dian maupun Dita belum memberikan klarifikasi tentang hubungan mereka. Namun yang jelas, mereka begitu dekat karena pernah tinggal dan jalan bersama saat di Amerika.

1. Keturunan Kasta Kshatriya

Selain berbakat dalam bidang menyanyi dan menari, ternyata Dita Karang adalah keturunan kasta Kshatriya, seperti yang diketahui kasta Kshatriya merupakan satu dari empat kasta di Bali yakni Sudra, Wesias, Kshatriya, Brahmana.

Hal ini semakin jelas dengan gelar "Anak Agung" yang tersemat pada nama lengkap dari Dita Karang, Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang.

Dilansir dari Wikipedia, Kshatriya sendiri merupakan kasta bangsawan dan tokoh masyarakat yang bertugas sebagai penegak keamanan, penegak keadilan, pemimpin masyarakat, pembela kaum yang lemah.

2. Kuliah di Amerika

source: @ditakarang on Instagram

Sejak kecil Dita Karang sudah menunjukkan minatnya di dunia seni khususnya seni tari. Hal inilah yang membuatnya memilih kuliah di American Musical and Dramatic Academy dengan mengambil jurusan Dance Theatre. Diketahui Dita Karang lulus kuliah pada tahun 2017.

3. Pernah Gagal Audisi

Sebelum menjadi bagian dari Secret Number, ternyata Dita Karang pernah mengikuti beberapa audisi untuk agensi di Korea Selatan namun sayang dia tak diterima.

Kegagalan itu membuat dia terpacu untuk berlatih dan mengasah bakatnya, hingga pada akhirnya dia berhasil menjadi trainee di Vine Entertainment selama dua tahun dan memulai debutnya di Secret Number.

4. Fasih Berbahasa Jawa

source: @ditakarang on Instagram

Fakta menarik Dita Karang berikutnya adalah ia fasih berbahasa Jawa. Hal ini terlihat dalam IG Live bersama Dian Sastro yang mana saat itu Dian menyuruh Dita Karang untuk berbicara dengan bahasa Jawa.

5. Mengidolakan 2NE1 dan IU

Sejak kecil Dita Karang sudah tertarik dengan dunia K-Pop. Menurutnya 2NE1 dan IU merupakan idola dan inspirasinya untuk bernyanyi dan terjun ke dunia musik pop Korea.

Ketika menempuh pendidikan di Indonesia, cewek cantik kelahiran 25 Desember 1996 ini sering meng-cover lagu-lagu dari 2NE1.

6. Cinta Indonesia

source: @ditakarang on Instagram

Fakta terakhir dari Dita Karang adalah ini sangat mencintai budaya Indonesia.

Terbukti dengan unggahan di Instagram pribadinya yang menunjukkan ia mengenakan pakaian khas Jawa yakni kebaya, diiringi dengan caption "Kapan terakhir kamu pake kebaya? #tbt When I got to wear kebaya after awhile".


Fenomena artis Indonesia yang meniti karir di luar negeri selalu saja dibarengi dengan pertanyaan warganet yang admin rasa tak pantas untuk ditanyakan.

Seperti: apa agama Dita Karang? Masalah agama, suku, ras merupakan ranah pribadi yang tak perlu diketahui orang banyak.

Nah, itulah profil dan fakta menarik dari Dita Karang. Ternyata dia bukan sosok yang main-main ya, gaes. Memiliki gelar dari kasta tertinggi di Bali, menempuh pendidikan di luar negeri, dan jadi orang Indonesia pertama yang jadi idol K-Pop.