7 Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Sering disebut sebagai vitamin sinar matahari, manfaat vitamin D sangat penting bagi kesehatan kita, terutama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan tulang yang kuat.

Selain didapat dari paparan sinar matahari, vitamin D juga ada di sumber makanan. Saat ini ada banyak makanan lezat yang dapat membantu memenuhi asupan vitamin D kita.

Ada berbagai pilihan makanan, seperti ikan, produk susu, hingga buah-buahan. Semuanya bisa didapat dengan mudah tanpa harus merogoh kantong dalam-dalam.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu apa saja makanan yang mengandung vitamin D, yuk kita eksplor lebih dalam pada artikel berikut.

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti osteoporosis dan penurunan fungsi kekebalan atau imun tubuh.

Oleh karena itu, menemukan sumber vitamin D dalam makanan kita, termasuk buah-buahan, adalah sebuah keharusan agar tetap sehat.

1. Fortiboost

Fortiboost memang bukan termasuk makanan, melainkan suplemen kesehatan yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh.

Di pasaran, produk ini dilabeli Fortiboost D3 1000 IU dengan bentuk tablet. Kandungan vitamin D di dalamnya sangat bagus untuk penderita autoimun dan penyakit infeksi.

Menariknya lagi, suplemen Fortiboost D3 kerap diresepkan dokter untuk pasien yang mengalami osteoporosis, rakitis, osteomalacia, dan kondisi lain yang kekurangan vitamin D.

2. Ikan

Di daftar selanjutnya ada ikan-ikanan seperti salmon, makarel, dan tuna yang bisa menjadi sumber vitamin D yang sangat baik.

Selain kaya akan vitamin D, ikan-ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Hati Sapi

Mungkin makanan ini terdengar tidak biasa, tapi hati sapi adalah sumber vitamin D yang luar biasa. Hati sapi mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, zat besi, dan protein.

Menambahkan hati sapi ke dalam menu makan siang dengan cara ditumis bersama bawang, cabai, wortel, dan buncis bisa jadi cara yang nikmat untuk meningkatkan asupan vitamin D.

4. Kuning Telur

Bagi yang gemar sarapan, kuning telur bisa kamu olah mejadi hidangan yang nikmat di pagi hari untuk mendapatkan asupan vitamin D.

Meskipun putih telur juga sehat, vitamin D kebanyakan terdapat dalam kuning telur. Kamu bisa menikmati telur dadar atau telur setengah matang dengan garam dan merica.

5. Jamur

Banyak yang belum tahu kalaujamur adalah satu-satunya sumber vitamin D dari tumbuhan yang jumlahnya cukup banyak, terutama jika telah terkena sinar UV.

Untuk jenis jamurnya kamu bisa mencoba portobello atau shiitake yang dapat diolah menjadi hidangan lezat, seperti salad, tumis, hingga sup.

6. Minyak Ikan

Minyak ikan, terutama minyak hati ikan cod atau bakalau adalah suplemen yang sangat kaya akan vitamin D. Suplemen ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tidak menyukai ikan atau memiliki alergi terhadap seafood.

Mengonsumsi satu sendok teh minyak ikan setiap hari bisa membantu menjaga kadar vitamin D dalam tubuh agar tetap optimal.

7. Alpukat dan Pepaya

Di daftar terakhir ada alpukat yang merupakan buah kaya nutrisi, termasuk vitamin D. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung.

Selain alpukat ada juga pepaya yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D. Buah-buahan ini sangat mudah dijumpai, sehingga bisa dijadikan cemilan harian.

Dengan mengetahui berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin D, kita bisa lebih mudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian ini. Yuk, tambahkan makanan-makanan ini ke dalam menu harian agar tubuh tetap sehat dan kuat!