Cara Mematikan Autocorrect di HP Xiaomi Semua Tipe, Mudah!

Autocorrect di keyboard hp merupakan fitur yang cukup penting bagi sebagian orang. Fitur ini bisa secara otomatis memunculkan teks hanya dengan beberapa ketikan huruf.

Namun, tak jarang juga teks yang muncul jauh dari keingnan kita. Misalnya mau ngetik santen jadi santet atau kuyang jadi kutang dan lain sebagainya.

Ya namanya juga teknologi, pasti ada kesalahan-kesalahan yang tak terduga. Karena hal tersebut, beberapa orang ingin menonaktifkan autocorrect di hp karena dianggap mengganggu.

Nah, di artikel ini Ngelirik.com akan mengulas cara mematikan autocorrect di hp Xiaomi semua tipe. Penasaran langkah-langkahnya? Yuk simak!

Cara Mematikan Autocorrect di HP Xiaomi

Pengertian Autocorrect dan Fungsinya

Autocorrect adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk mengoreksi kesalahan teks atau typo ketika kita mengetik. Fitur ini tersedia di banyak perangkat, termasuk hp dan laptop.

Selain itu, autocorrect juga membantu pengguna yang malas mengetik utuh. Jadi, ketika mengetik satu atau dua huruf, secara otomatis akan muncul teks tertentu.

Singkatnya, autocorrect memang dirancang untuk memudahkan pengetikan teks. Namun seringkali muncul kendala, terutama ketika pengaturan bahasa di-setting ke bahasa Inggris.

Hasil autocorrect yang tidak sesuai membuat kita merasa terganggu. Bahkan, dalam banyak kasus kesalahan penulisan bisa berdampak pada hubungan pasangan.

Nah, untuk kamu yang sering bermasalah dengan fitur autocorrect, sekarang tak perlu risau lagi. Fitur ini bisa dinonaktifkan dengan mudah di semua merk handphone.

Cara Mematikan Autocorrect di HP Xiaomi

Bagi yang belum tahu, Xiaomi dan sebagian besar hp Android lain menggunakan Gboard sebagai keyboard utama bawaan sistem.

Ketika kamu beli hp baru, biasanya Google Keyboard sudah otomatis terpasang untuk dipakai. Akan tetapi, kita masih bisa menonaktifkannya.

Berikut cara mematikan autocorrect hp Xiaomi:

  • Pertama buka Setelan di hp Xiaomi kalian
  • Kemudian scroll ke bawah dan cari “Setelan tambahan”

  • Setelah itu, buka dan cari menu “Bahasa & masukan”

  • Selanjutnya klik opsi “Atur keyboard”

  • Lalu aktifkan Gboard
  • Buka menu di bawahnya yakni “Setelan”

  • Pada menu setelan klik “Koreksi teks”

  • Terakhir tinggal nonaktifkan “Koreksi otomatis”

Sampai tahap ini cara mematikan autocorrect di hp sudah selesai. Tutorial di atas berlaku di Xiaomi saja, ya. Untuk hp merk lain mungkin hanya berbeda pada nama menu saja.

Contohnya fitur autocorrect di hp Infinix Hot 10S bisa dinonaktifkan dengan mengakses menu Sistem > Bahasa > Pemeriksa ejaan.

Itulah penjelasan tentang cara mematikan autocorrect di hp Xiaomi. Semoga artikel ini bisa jadi solusi terbaik untuk pengguna Xiaomi semua tipe di Indonesia.