10 Aplikasi Adzan Terbaik di Android, Praktis dan Otomatis!

Rasanya kurang plong kalau menjalani hari belum melaksanakan sholat. Oleh sebab itu, penting bagi seorang muslim menjalani kewajiban tepat waktu. Apalagi, saat ini ada banyak aplikasi adzan otomatis terbaik.

Kalau kamu sedang bekerja dan jauh dari Masjid, memiliki aplikasi adzan di smartphone sangatlah penting. Kita bisa tahu kapan adzan dikumandangkan, sehingga bisa segera beranjak ke Masjid.

Selain pengingat sholat, biasanya aplikasi adzan juga dilengkapi fitur-fitur lain. Misalnya, do’a harian, Al-Qur’an digital, waktu sahur dan berbuka, hingga panduan Haji.

Di bawah ini Ngelirik.com telah merangkum beberapa aplikasi adzan terbaik di Android. Semua daftar dibekali fitur unggulan dan tampilan sederhana sehingga memudahkan kamu saat menggunakannya.

Aplikasi Adzan Terbaik di Android

Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis Tanpa Aplikasi

Sebenarnya kita bisa mengaktifkan adzan otomatis tanpa aplikasi. Konsepnya yakni dengan mengatur alarm di waktu-waktu sholat. Memang terlihat merepotkan, namun metode ini cocok untuk kamu yang enggan download aplikasi.

Sebelum masuk daftar aplikasi adzan, berikut panduan mengaktifkan adzan di hp otomatis:

  • Hal pertama pastikan kamu sudah punya audio adzan
  • Bisa download video Youtube dan convert ke MP3
  • Jika sudah, buka aplikasi Alarm
  • Kemudian tambah alarm baru
  • Buat nama Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya
  • Lalu atur jam alarm sesuai waktu sholat
  • Sebaiknya atur 1 atau 2 menit ke belakang
  • Jika semua jadwal sholat sudah diatur, ubah nada dering jadi “Suara pilihan Anda”
  • Pilih audio MP3 dari suara adzan di galeri

Selesai, sekarang hp kamu sudah “Islami”, alarm akan berbunyi ketika waktu sholat tiba. Cara ini bisa jadi alternatif tanpa perlu download aplikasi dan membebani memori penyimpanan hp.

Rekomendasi Aplikasi Adzan Terbaik

Perkembangan teknologi memudahkan kita dalam segala hal. Tak terkecuali urusan ibadah. Bermodalkan smartphone, baik Android maupun iPhone, kita dapat mendengar seruan adzan ketika waktu sholat tiba.

Beberapa aplikasi adzan terbaik berikut bisa kamu coba:

1. Muslim Pro

Aplikasi adzan terbaik yang pertama ada Muslim Pro. Ini termasuk yang paling populer di Playstore karena dibekali fitur lebih unggul dibanding aplikasi serupa. Selain jadwal sholat, kamu bisa melihat arah kiblat dan juga do’a harian.

Muslim Pro menyesuaikan waktu adzan sesuai daerah atau lokasi pengguna. Cara pakainya sangat mudah, kamu tinggal izinkan akses lokasi di hp tanpa perlu melakukan setting ini itu.

Ukuran: 33MB
Rating: 4,5/5

2. Sajda

Selanjutnya, ada Sajda yang juga dianggap aplikasi adzan otomatis terbaik. Aplikasi ini dikembangkan oleh GOOD/APP, tersedia di Google Play dan App Store dengan rating nyaris sempurna, yakni 4,9/5 bintang.

Tampilan dari Sajda bisa dibilang sangat simpel. Di halaman utama kamu bisa langsung melihat menu yang menunjukkan waktu sholat. Masih banyak fitur lain yang sangat membantu umat Muslim. Yuk coba aplikasinya!

Ukuran: 21MB
Rating: 4,9/5

3. ShalatKu – Jadwal Sholat & Adzan

Tak lupa, ada aplikasi ShalatKu sebagai pengingat adzan dan sholat 5 waktu. Dikembangkan oleh Kodelokus, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur terbaik, seperti arah kiblat, atur lokasi, dan lantunan adzan yang merdu.

ShalatKu bisa dibilang sangat akurat karena jadwal sholat sudah disesuaikan dengan standar MUI (Majelis Ulama Indonesia). Tertarik mencoba? Langsung saja download di Google Play, ya!

Ukuran: 17MB
Rating: 4,7/5

4. Muslim Muna – Adzan Alarm, Qur’an

Aplikasi adzan terbaik 2023, MuslimMuna dapat diandalkan bagi umat Muslim yang punya aktivitas padat. Kita bisa tahu kapan waktu sholat dimulai, sehingga bisa segera berhenti sejenak dan beranjak ke Masjid terdekat.

MuslimMuna sendiri bisa dikatakan cocok di semua merek hp, termasuk Xiaomi, Samsung, hingga iPhone. Apalagi, size-nya yang ringan tak membebani memori penyimpanan.

Ukuran: 33MB
Rating: 4,6/5

5. Prayer Now

Prayer Now dapat menjadi salah satu opsi aplikasi adzan terbaik untuk kamu gunakan. Cara menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah, bahkan kita tak perlu buka tutup aplikasi karena ada widget yang muncul di layar.

Meskipun gratis, Prayer Now dibekali fitur sangat lengkap, termasuk lantunan ayat suci Al-Qur’an, petunjuk arah kiblat yang akurat, serta do’a harian bagi umat Muslim.

Ukuran: 31MB
Rating: 4,8/5

6. Salatuk

Salatuk, aplikasi adzan terbaik tanpa iklan yang juga layak dicoba. Kehadiran aplikasi ini dianggap sangat penting karena dibekali berbagai fitur unggulan, seperti jadwal adzan, petunjuk kiblat, dan fitur Islami lainnya.

Memiliki kualitas yang tak kalah dari aplikasi lain, Salatuk diberi rating 4,8/5 oleh 1 juta pengguna. Dengan kata lain, hampir semua pengguna puas dengan kemudahan dan fitur yang ditawarkan.

Ukuran: 30MB
Rating: 4,8/5

7. AlMosaly

Sebagai salah satu aplikasi adzan otomatis terbaik, AlMosaly wajib dicoba bagi umat Muslim. Sejauh ini, AlMosaly mendapatkan rating 4,7/5 yang terbilang baik. Disamping itu, ulasan pengguna juga sangat positif.

Meskipun gratis, aplikasi dari Madar Software ini hadir dengan 16 fitur unggulan, termasuk widget waktu sholat di layar hp tanpa perlu terhubung ke internet.

Ukuran: 83MB
Rating: 4,7/5

8. Umma

Masih dengan aplikasi pengingat adzan terbaik, kali ini hadir "Umma". Bukan sekedar aplikasi adzan saja, Umma juga dibekali fitur untuk menunjukkan arah kiblat. Sangat cocok bagi pengguna yang berada di daerah terpencil.

Tercatat, Umma sudah membantu 50 juta pengguna dalam menjalani ibadah sholat 5 waktu. Kalau kamu tertarik mencoba, ukuran download di Playstore cuma 45MB, ringan banget!

Ukuran: 45MB
Rating: 4,7/5

9. Athan: Waktu Sholat Indonesia

Aplikasi ini juga cocok bagi kamu yang tak ingin ketinggalan sholat. Namanya Athan: Waktu Sholat Indonesia. Tersedia di Playstore dengan ukuran 30MB dan rating 4,7/5 bintang. Ulasan pengguna juga bagus, jad nggak bakal nyesal deh.

Selain tampilan yang sederhana, Athan juga kaya akan fitur. Tercatat, aplikasi ini punya fitur do’a dan dzikir, arah kiblat, Qur’an digital, dan tentunya jadwal sholat wajib 5 waktu.

Ukuran: 30MB
Rating: 4,7/5

10. Athan Pro

Aplikasi adzan otomatis terbaik yang terakhir adalah Athan Pro. Meskipun berlabel “Pro”, aplikasi dari Quanticapps ini bebas dipakai tanpa harus berlangganan. Kamu tinggal download di Playstore, dengan ukuran file sekitar 42MB.

Athan Pro menyediakan banyak fitur, seperti adzan sholat 5 waktu (Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya), widget otomatis, arah kiblat, hadits, hingga kata mutiara bertemakan Islam.

Ukuran: 42MB
Rating: 4,4/5

Akhir Kata

Jadi, di mana pun kamu berada, apa pun pekerjaan yang sedang kamu jalani, jangan lupa untuk melaksanakan ibadah sholat. Memanfaatkan aplikasi bisa jadi opsi terbaik, karena memudahkan kita saat waktu sholat tiba.

Itulah sejumlah aplikasi adzan terbaik di Android yang bisa kamu coba. Semuanya gratis dan kaya akan fitur, tinggal download di Playstore. Terlebih, tampilan aplikasi simpel sehingga mudah digunakan.