Cara Mudah Memperbaiki File PowerPoint Rusak atau Corrupt

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki file Powerpoint yang rusak atau corrupt. Salah satunya dengan menggunakan fitur keamanan bernama Trust Center.

Umumnya, file yang rusak ditandai dengan munculnya notifikasi PowerPoint found a problem with content in file. Ini membuat akses file jadi terhalang.

Meskipun masalah ini cukup sering terjadi, beberapa pengguna masih ada yang kesulitan untuk mengatasinya.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara memperbaiki Powerpoint dengan kendala file rusak, corrup, atau tidak bisa dibuka, artikel ini akan mengulas lengkap. Yuk simak!

Cara Memperbaiki File PowerPoint Rusak atau Corrupt

Cara Memperbaiki File PowerPoint Rusak atau Corrupt

Sering dijumpai, penyebab file Powerpoint rusak atau tidak bisa dibuka adalah karena fitur keamanan di Powerpoint itu sendiri, namanya Trust Center.

Secara singkat, Trust Center akan menghentikan akses terhadap suatu file jika terindikasi tidak aman atau menyalahi kebijkanan dan transparansi produk.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, masalah ini sudah sering dialami banyak pengguna dan hingga sekarang masih tetap bisa diatasi.

Selengkapnya berikut cara memperbaiki file Powerpoint rusak “found a problem with content”:

1. Akses dengan Safe Mode

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan fitur khusus. Cara kerjanya cukup sederhana, yakni mengakses file Powerpoint dengan Safe Mode.

Metode ini terbilang cukup ampuh untuk mengatasi kerusakan file. Apalagi kerusakan pada add-in and extension yang mempengaruhi fungsi Powerpoint.

Lakukan langkah berikut:

  • Pertama tekan tombol Windows + R di keyboard PC atau laptop kamu
  • Jika sudah, di pop up yang muncul ketik perintah “powerpoint / safe”
  • Selanjutnya klik OK
  • Kemudian klik menu File yang ada di Toolbar
  • Lalu pilih Recent dan terakhir buka file yang rusak atau corrupt tadi

Metode ini dimaksudkan untuk memberi perintah kepada sistem bahwa file Powerpoint yang kamu miliki benar-benar aman.

2. Gunakan Fitur Open and Repair

Selanjutnya, cara memperbaiki file Powerpoint found a problem with content adalah dengan fitur Open and Repair. Meskipun terlihat simpel, tapi ini terbukti ampuh.

Konsep yang ditawarkan pada metode ini tak kalah mudah, sistem akan bekerja guna memulihkan file yang rusak atau corrupt.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama buka dokumen Powerpoint yang kosong atau masih baru
  • Selanjutnya klik File > Open
  • Kemudian cari file yang rusak atau corrupt tadi
  • Lalu klik file-nya satu kali saja
  • Arahkan pointer mouse ke tombol panah ke bawah (di sebelah Open)
  • Jika sudah, klik Open and Repair

Sampai tahap ini cara mengatasi file Powerpoint yang corrupt sudah selesai. Kamu tinggal menunggu proses dari sistem. Namun jika masih gagal juga, ada kemungkinan kerusakan file sudah parah.

3. Pakai Recovery PowerPoint

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika file Powerpoint tak bisa diperbaiki adalah dengan menggunakan tools pihak ketiga, yakni Recovery Toolbox.

Bisa dibilang tools ini banyak membantu pengguna yang tak kunjung berhasil mengatasi masalah pada file atau dokumen.

Recovery Toolbox tersedia bebas di situs download software. Kamu tinggal pilih situs terpercaya yang menjamin keamanan dan terbebas dari virus.

Oh iya, satu hal lagi, tools ini bebas dipakai alias gratis. Ukurannya pun sangat ringan, dan sudah mendukung banyak fitur repair online semua file Microsoft Office.

Kesimpulan

Sudah lama Microsoft Powerpoint jadi andalan masyarakat. Bukan hanya di tingkat pendidikan, namun juga orang kantoran yang membuat slide presentasi menarik kepada klien atau atasan.

Sangat mudah untuk memperbaiki file Powerpoint yang rusak, corrupt, atau gagal dibuka. Kamu bisa pakai cara manual atau menggunakan Tools Recovery kalau masalahnya tak kunjung teratasi.