11 Uang Kuno Indonesia Paling Dicari, Harganya Fantastis!

Apa saja uang kuno Indonesia yang paling dicari? Bagi kalangan umum, sepertinya bukan sesuatu yang menarik.

Berbeda buat kolektor, keberadaan uang kuno memberi minat tersendiri untuk memiliki atau mencari karena memiliki nilai jual cukup tinggi.

Uang Kuno Indonesia Paling Dicari

Uang Kuno Indonesia yang Paling Dicari

Meskipun hampir semua uang kuno menarik, terdapat jenis koin dan kertas yang memiliki nilai lebih.

Semakin banyak yang mencari maka pola ekonomi berlaku yaitu semakin sulit dicari. Jika adapun biasanya harga dibanderol cukup mahal.

Nah, apa saja jenis uang kuno yang sampai sekarang populer bagi kalangan kolektor 2023? Cek semua berikut ini lengkap dengan ciri-ciri supaya tidak keliru uang kuno kw alias palsu.

1. Koin Kuno Rp25 Tahun 1922

Uang koin keluaran 1922 ini cukup menarik para kolektor dan langka sekali. Koin sudah tidak beredar lagi sehingga keberadaannya menjadi incaran banyak kolektor.

Harga koin kuno ini mencapai 100 juta rupiah tiap kepingnya. Fantastis bukan? Jika memilikinya dapat langsung menghubungi no WA kolektor uang kuno siapa tahu harga cocok.

2. Koin Kuno Rp10.000 Tahun 1987

Desain koin uang kuno Indonesia yang paling dicari Rp10.000 dengan gambar babi dan rusa yang unik dan menarik. Uang keluaran tahun 1987 cukup memikat dengan kandungan emas 90%.

Harga jual uang kuno ini mencapai 4 juta rupiah tiap koinnya sebab produksi saat itu hanya 1440 keping saja.

3. Uang Kertas Kuno Rp5 Tahun 1945

Uang kuno kertas Rp5 sangat memikat banyak kolektor lokal dan mancanegara karena nilai historis cukup tinggi dan beredar pada 1945, tahun kemerdekaan Indonesia.

Selain itu uang kertas dengan desain gambar Presiden Soekarno sehingga memiliki daya pikat tersendiri. Harga jualnya mencapai 1 juta hingga 2 juta tiap lembarnya.

4. Koin Kuno Rp25 Tahun 1921

Tahun emisi 1971 adalah waktu produksi koin kuno yang menarik dengan gambar desain burung. Uang ini ditarik Bank Indonesia dan tidak berlaku per tanggal 24 Juni 2012.

Siapa sangka uang kuno Indonesia yang paling dicari memiliki harga jual tinggi pada 2023 sebesar 500 ribu tiap kepingnya.

5. Uang Kertas Kuno Rp100 Tahun 1947

Pesona Presiden pertama RI yaitu Ir. Soekarno memang tidak pernah pudar bahkan setiap uang dengan desain wajahnya selalu menarik minat kolektor.

Seperti halnya uang kertas Rp100 yang terbit tahun 1947 oleh Menteri Keuangan Dr. Samsi.

Desain menarik dengan dominan warna biru mendapatkan banderol harga fantastis tiap lembarnya. Pada kancah jual beli uang kuno dihargai mulai dari 1,5 juta hingga 7 juta lebih tiap lembarnya.

6. Uang Kertas Kuno Rp5 

Gabungan warna merah dan oranye mendominasi desain uang kertas dengan wajah Presiden Soekarno pada tampilan bagian depan.

Lembaran uang kuno ini sudah jarang sekali ditemukan dalam jual beli online atau offline terdekat.

Jika ada, harganya selangit tapi bagi kolektor bukan masalah karena nilai historisnya juga cukup tinggi.

Patokan harga lembar kertas Rp5 yang terbit saat Menteri Keuangan Syafrudin Prawiranegara mencapai 2 juta rupiah lebih.

7. Uang Kertas Kuno Rp5.000 Tahun 1975

Desain uang keluaran Bank Indonesia tahun 1975 ini memang menarik dengan gambar lelaki tua memancing dengan jala.

Warna tua mendominasi uang kertas kuno yang membuat kolektor berburu mendapatkannya. Pada jual beli online, harga mencapai 500 ribu rupiah.

Bahkan, pada beberapa platform dengan harga jual cukup tinggi mencapai 12 juta rupiah per lembarnya.

8. Uang Kertas Kuno Rp5.000 Tahun 1958

Jenis uang kuno Indonesia yang paling dicari berikutnya adalah Rp5.000 yang muncul pada 1958.

Desainnya memang keren dan bagus sekali yaitu seorang wanita yang memegang padi dengan baju khas kebaya nan manis. Harga tiap lembarnya mencapai 1 juta rupiah.

9. Koin Kuno Rp100 Tahun 1973

Koin asli Rp100 terbit pada tahun 1973 memberi daya tarik tersendiri dengan harga cukup mahal yaitu 10 juta tiap kepingnya.

Koin ini menjadi incaran kolektor dan banyak berseliweran pada penjualan online.

10. Koin Kuno Rp2.000 Tahun 1974

Koin kuno keluaran tahun 1970 ini memiliki nilai jual cukup tinggi dengan kadar emas tak kalah tingginya mencapai 90%.

Desain gambar harimau Jawa mampu memikat kolektor lokal dan manca dengan harga cukup fantastis yaitu 2 juta rupiah tiap kepingnya.

11. Uang Kertas Kuno Rp10.000 Tahun 1979

Gambar uang kertas kuno Rp10.000 sangat bagus berupa orang yang menabuh gamelan Jawa dengan baju khas adat dan blangkon memikat.

Uang keluaran 1975 ini cukup membius kolektor untuk memilikinya sehingga ramai dalam kancah jual beli online. Harga lumayan mahal mencapai 1 juta lebih tiap lembarnya.

Akhir Kata

Setiap uang kuno memiliki keunikannya sendiri dan nilai historis yang tak bisa diabaikan begitu saja. Banyak kolektor yang butuh, bahkan menawarkan harga fantastis.

Selain itu, desain menarik dan profil populer cukup membuat uang kuno Indonesia yang paling dicari ini memiliki nilai tinggi khususnya bagi para kolektor.