Verifikasi KTP di Digital Korlantas Gagal Terus, Ini Solusinya

Verifikasi KTP di Digital Korlantas yang gagal terus membuat kegiatan masyarakat jadi terhambat. Sehingga perlu proses penanganan agar KTP dapat terverifikasi.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, meskipun terkadang bikin kita kesal dan sakit hati. Apalagi, kebanyakan aplikasi milik pemerintah sering bermasalah.

Tapi kalian tak perlu khawatir, karena cara mengatasi verifikasi KTP di Digital Korlantas gagal terus sangatlah mudah. Artikel ini akan menjelaskan lengkap beserta penyebabnya. Yuk simak!

Verifikasi KTP di Digital Korlantas Gagal Terus

Verifikasi KTP di Digital Korlantas Gagal Terus

Digital Korlantas adalah aplikasi andalan Polri yang memiliki fitur dan layanan pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) secara online.

Bukan hanya itu, masyarakat yang membutuhkan semua layanan terkait Korlantas bisa menggunakan aplikasi ini.

Hingga sekarang, Digital Korlantas sudah menghadirkan beberapa layanan, seperti perpanjangan SIM, NTMC Polri, ETLE, hingga PKB Payment.

Untuk menggunakan aplikasi Digital Korlantas, kita tinggal download di Google Play Store untuk Android dan App Store bagi pengguna iOS.

Setelah berhasil download dan install, langkah berikutnya adalah membuat akun atau proses registasi.

Dokumen yang dibutuhkan cukup simpel, di antaranya nomor HP, NIK, informasi data diri, dan terakhir verifikasi.

Nah, saat proses verifikasi KTP di Digital Korlantas banyak yang gagal terus, sehingga harus mengulang dari awal.

Cara Mengatasi Verifikasi KTP Gagal di Digital Korlantas

Untuk mengatasi verifikasi KTP dan verifikasi wajah di Digital Korlantas POLRI yang gagal terus, biasanya disebabkan human error atau kesalahan pengguna.

Penyebabnya bisa karena penggunaan aksesoris (kacamata, topi, masker, dll) saat verifikasi wajah. Selain itu bisa juga karena pencahayaan kurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, ikuti penjelasan berikut ini:

1. Lepas Aksesoris

Dalam proses verifikasi wajah, sudah sewajarnya kita melepas semua aksesoris yang terpasang. Tujuanya agar mempermudah pendataan diri.

Beberapa aksesoris yang dilarang saat verifikasi adalah masker, kacamata, dan topi. Jilbab tidak dilarang, kecuali kamu seorang laki-laki.

2. Gunakan Pencahayaan Tambahan

Pencahayaan memang jadi salah satu penyebab kenapa verifikasi KTP di Digital Korlantas gagal terus. Bagian wajah jadi tidak terdeteksi karena buram.

Oleh karena itu, sebelum memulai proses verifikasi, sebaiknya gunakan pencahayaan tambahan. Kalau tidak ada, kamu bisa melakukan verifikasi di luar ruangan. 

3. Ikuti Instruksi

Selanjutnya, jangan hiaraukan instruksi saat verifikasi. Ini sangat penting karena akan menentukan hasil akhir. Sesuaikan posisi lensa kamera sejajar dengan wajah.

Hindari foto yang buram dan posisikan wajah di tengah. Usahakan jangan memulai verifikasi jika wajah terlalu ke bawah, atas, atau samping. 

4. Pastikan Jaringan Stabil

Terakhir, yang tak kalah penting agar verifikasi KTP di Digital Korlantas tidak gagal terus adalah memastikan jaringan internet stabil.

Banyak masyarakat yang menggunakan provider lemot, sehingga membuat verifikasi jadi terhambat. Untuk mengatasinya, kamu bisa pinjam WiFi atau pakai Hotspot.

Di atas adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi verifikasi KTP di Digital Korlantas gagal terus. Namun, kalau masih tetap gagal juga, kemungkinan ada masalah pada sistem aplikasi.

Jika hal ini terjadi, tak ada pilihan lain selain menunggu sistem kembali normal, atau kamu bisa hubungi pihak terkait.

Akhir Kata

Kemudahan di era digital semakin dirasakan masyarakat. Sekarang cukup buka aplikasi Digital Korlantas Polri tanpa perlu keluar rumah dan berpanas-panasan.

Demikian ulasan tentang alasan kenapa verifikasi KTP di Digital Korlantas gagal terus beserta cara mengatasi. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi kamu yang hendak mengurus SIM.