5 Ide Bisnis Simpel untuk Pelajar SMA, Dapat Cuan Sejak Dini

Ide bisnis untuk pelajar SMA bisa datang dari mana saja. Apalagi, akses informasi semakin mudah dengan smartphone dan koneksi internet.

Tujuan utama seorang pelajar memang belajar. Namun tak ada salahnya mencari penghasilan untuk tambahan uang jajan. Kan lumayan daripada terus-terusan minta orang tua.

Dikutip dari perpusteknik.com, bisnis yang simpel untuk pelajar SMA atau SMK masih terbuka lebar. Kita hanya perlu mencari referensi serta niat. Modalnya pun tergolong ringan.

Ide Bisnis Simpel untuk Pelajar SMA

Ide Bisnis Simpel untuk Pelajar SMA

Bisnis terbagi menjadi beberapa jenis, ada yang offline dan online. Karena sebagian besar waktu pelajar dihabiskan di sekolah, bisnis online adalah pilihan terbaik.

Lantas, bagaimana cara memulainya? Ikuti penjelasan tentang ide bisnis simpel untuk pelajar berikut ini:

1. Affiliator TikTok

Jika kamu suka buka TikTok, kamu bisa mencoba menjadi Affiliator. Konsepnya sangat simpel, cukup buat video konten produk dan lampirkan link afiliasi keranjang kuning.

Ada banyak contoh pelajar sukses di TikTok. Bahkan, per bulan mereka bisa meraup puluhan juta rupiah hanya dari promosi link afiliasi.

2. Jasa Joki Game

Saat ini banyak pelajar yang suka bermain game online seperti Mobile Legend hingga Free Fire. Kalau kamu termasuk salah satunya, tak ada salahnya membuka jasa joki game.

Kamu bisa tawarkan ke orang-orang terdekat, dan kalau mereka suka bisa mulai promosi di media sosial. Caranya dengan upload video gameplay, entah itu di TikTok maupun Facebook.

3. Streamer

Jika kamu suka ngobrol depan kamera, ide bisnis untuk pelajar SMA ini bisa jadi opsi terbaik. Streamer adalah orang yang menyiarkan aktivitas mereka secara online.

Menjadi seorang Streamer tidak hanya main game saja, ada banyak aktivitas lain seperti membuat kerajinan hingga reaction.

Kamu bisa mulai streaming di TikTok Live, karena dari pengamatan admin, TikTok sangat ramah ke kreator. Penggunanya pun suka ngasih gift.

4. Influencer Media Sosial

Selanjutnya, ide bisnis simpel untuk pelajar yang wajib dicoba adalah Influencer Media Sosial. Konsepnya mudah, kamu hanya perlu mengelola akun media sosial.

Konten yang diposting bisa beragam, entah itu hiburan, video lucu, atau tentang sepakbola. Kalau serius, followers kamu akan meningkat dan bisa buka endorsement.

5. Freelancer

Terakhir, menjadi seorang Freelancer juga termasuk ide bisnis online terbaik untuk pelajar. Ada banyak opsi yang tersedia, seperti penulis, graphics designer hingga unggah foto di Shutterstock.

Kalau kamu merasa tak ada keahlian, namun punya hp dengan kamera bagus, coba deh daftar Shutterstock.

Ini merupakan platform stock foto dimana kreator bisa mendapatkan penghasilan dari foto yang mereka unggah.

Akhir Kata

Sebelum memulai, pertimbangkan semuanya dengan matang, seperti minat, skill, dan waktu yang kamu miliki. Selain itu, jangan jadikan bisnis karena percobaan atau sekedar ikut-ikutan.

Siapa tahu bisnis yang kamu jalani bisa berkembang dan jadi pemasukan utama setelah lulus sekolah. Sekian ulasan tentang ide bisnis simpel untuk pelajar SMA. Semoga bermanfaat!