Gagal Buka Rekening Neobank: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Neobank sudah lama hadir sebagai bank digital yang kaya akan fitur. Bahkan, platform ini juga dianggap sebagai aplikasi penghasil uang karena menawarkan reward dari kode referral.

Kendati mengklaim proses registrasi mudah, tak sedikit calon nasabah yang kesulitan mendaftar, sehingga mereka gagal buka rekening Neobank.

Sebenarnya ini bukan masalah baru, karena sejak awal rilis, beberapa pengguna bermasalah dengan data yang menyebabkan terhambatnya proses verifikasi.

Padahal, dari pengalaman admin, cara daftar Neobank tak begitu sulit. Tapi kalau kamu mengalami kendala, artikel ini akan menjelaskan cara mengatasi Neobank gagal buka rekening. Yuk simak!

Gagal Buka Rekening Neobank

Cara Mengatasi Gagal Buka Rekening Neobank

Neobank adalah bank digital yang berdiri di bawah naungan Bank Neo Commerce. Tak jauh berbeda dari bank digital lain, di sini pengguna bisa melakukan ragam transaksi, seperti kirim uang hingga menerima pembayaran.

Bicara soal gagalnya pembukaan rekening Neobank, ini bisa disebabkan banyak faktor. Salah satunya data pribadi yang tidak valid, atau foto selfie untuk verifikasi kurang jelas.

Adapun cara mengatasi Neobank gagal buka rekening sebagai berikut:

1. Coba Daftar Ulang

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika buka rekening Neobank gagal adalah mendaftar ulang. Umumnya, ada tombol “Coba Lagi” dan notifikasi yang menjelaskan kenapa registrasi gagal.

Tapi jangan langsung mencoba daftar ulang, pastikan kamu sudah mengevaluasi penyebabnya, seperti foto KTP tidak sesuai atau foto selfie yang kurang jelas (minim cahaya).

2. Ambil Foto Selfie di Luar Rumah

Selanjutnya, cara mengatasi Neobank gagal buka rekening juga bisa dengan memenuhi syarat foto. Kemungkinan, saat tahapan verifikasi wajah, lensa kamera menangkap gambar buram.

Karena faktor tersebut, calon nasabah harus melakukan verifikasi atau foto diri di ruangan penuh cahaya atau kalau perlu di luar rumah. 

3. Gunakan KTP Milik Orang Lain

Seperti penjelasan awal, cara daftar Neobank memang mudah. Hanya saja, keteledoran pengguna membuat semua jadi terasa sulit. Mereka kurang teliti membaca persyaratan sehingga gagal buka rekening Neobank.

Salah satu persyaratan penting adalah e-KTP yang harus dalam kondisi barus, tidak ada goresan atau teks buram.

Apabila KTP yang kamu pakai tidak memenuhi kriteria, coba ulangi pendaftaran dengan KTP orang lain. Bisa pakai punya ibu, bapak, kakak, atau anggota keluarga lain.

4. Pakai Nomor HP Berbeda

Penyebab gagal daftar Neobank juga bisa karena nomor hp sudah terdaftar di dalam sistem. Perlu diketahui, satu akun hanya boleh menggunakan satu nomor dan tidak boleh sama dengan akun lain.

Jadi, coba daftar ulang dan gunakan nomor hp baru yang belum pernah dipakai. Kamu bisa pinjam punya bapak atau keluarga lain di rumah.

5. Hapus Data Aplikasi

Terkadang, saat foto e-KTP kita mendapati notifikasi “You upload too often”. Notifikasi ini artinya kamu terlalu sering mengunggah foto, sehingga menyebabkan sistem error.

Untuk masalah ini, cara mengatasinya bisa dengan menghapus data aplikasi Neobank. Jika sudah, ulangi proses pendaftaran dari awal.

6. Masukkan Kode Referral Resmi

Sebagai bank digital dan aplikasi penghasil uang, Neobank punya kode referral untuk masing-masing pengguna. Selain untuk mendapatkan bonus, kode 6 digit ini juga berlaku sebagai referensi pengguna baru.

Intinya, kalau kalian daftar pakai kode referral Neobank resmi (RU2P82), besar kemungkinan pembukaan rekening jadi lebih lancar dan cepat disetujui.

7. Minta Bantuan CS

Cara mengatasi gagal buka rekening Neobank yang terakhir adalah meminta bantuan CS atau Customer Service. Ini tahap pamungkas (bambang) yang bisa kamu lakukan.

Silahkan hubungi CS Neobank di kontak berikut:

Email: customercare@bankneo.co.id
Pusat Bantuan: 1500-190

Akhir Kata

Kebanyakan gagalnya buka rekening Neobank disebabkan kesalahan pengguna sendiri. Padahal, kalau teliti membaca persyaratan, proses registrasi dari awal sampai akhir bisa selesai dalam hitungan menit.

Jadi, itulah penjelasan tentang cara mengatasi gagal buka rekening Neobank yang bisa kamu lakukan. Apabila berhasil, tolong kasih ulasan di kolom komentar, ya!