Kenapa FF Keluar Sendiri Saat Lagi Asyik Main? Ini Solusinya

Kenapa FF Keluar Sendiri

Saat sedang asyik main, beberapa orang mengalami game FF (Free Fire) keluar sendiri atau biasa disebut force close. Tentunya hal ini sangat menjengkelkan, apalagi ketika kemenangan sudah di depan mata.

Umumnya, masalah seperti ini terjadi pada perangkat spesifikasi rendah. Namun, beberapa hp “mahal” juga ada yang mengalaminya. Bisa karena terlalu panas (overheating), atau memori penyimpanan tidak cukup.

Kita semua tahu kalau Free Fire termasuk satu dari banyak game battle royale terpopuler di Indonesia. Pemainnya berasal dari semua kalangan, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Nah, kalau kamu penasaran kenapa FF keluar sendiri secara mendadak, artikel ini akan menjelaskan lengkap. Kamu bisa simak penyebab dan cara mengatasinya.

Alasan Kenapa FF Keluar Sendiri

Bermain game seringkali jadi pelarian setelah lelah beraktivitas. Meskipun menyenangkan, kita juga tak boleh lupa waktu. Sebab, terlalu lama menatap layar hp juga tidak baik untuk kesehatan mata dan kinerja hp itu sendiri.

Berdasarkan pengalaman pengguna, berikut penyebab FF keluar sendiri:

1. HP Terlalu Panas

Overheating atau panas berlebih adalah salah satu penyakit yang membuat kinerja hp tidak maksimal. Akibatnya, ketika dipaksa digunakan secara terus menerus, semua aplikasi atau game menjadi error.

Meskipun terlihat sepele, masalah ini dapat merembet ke komponen lain jika terus dibiarkan. Misalnya baterai jadi boros atau hp ngelag saat main Free Fire.
Solusi: Diamkan hp selama beberapa menit hingga panas hilang, atau saat bermain hadapkan ke kipas angin.

2. Sudah Main Berjam-jam

Penyebab FF keluar sendiri selanjutnya juga bisa karena faktor penggunaan. Jangan pernah memaksakan hp bekerja selama berjam-jam. Kamu harus memperlakukan perangkat elektronik seperti tubuh sendiri.

Smartphone terdiri dari banyak komponen yang saling terhubung. Sehingga apabila salah satu bermasalah, akan membuat kinerja game Free Fire jadi terganggu.
Solusi: Istirahatkan hp terlebih dahulu. Jangan terlalu nge-push sehingga lupa waktu. Maksimal main 2 sampai 3 jam.

3. Memori Penyimpanan Penuh

Beberapa orang sering lupa dengan jumlah aplikasi, game, foto, dan video yang tersimpan. Hal ini dapat menyebabkan memori penuh sehingga mengganggu kinerja perangkat, termasuk alasan kenapa Free Fire keluar sendiri atau error.
Solusi: Bersihkan ruang penyimpanan dari foto atau video. Kalau bisa hapus aplikasi/game yang jarang digunakan.

4. Game Belum Update

Berikutnya, yang tak kalah penting adalah game belum di-update menjadi alasan kenapa Free Fire tiba-tiba keluar sendiri. Ini memang bukan kendala sistem, sehingga cara mengatasinya tinggal update ke versi terbaru di Playstore.
Solusi: Update game Free Fire versi terbaru di Google Play atau App Store.

5. Jaringan Internet Kurang Stabil

Apakah kamu pengguna Tri, Indosat, Telkomsel, maupun XL? Suatu waktu pasti pernah mengalami jaringan internet tidak stabil. Bukan hanya berdampak pada aktivitas media sosial, namun juga mengganggu jalan game Free Fire.

Jika koneksi internet lemot, dapat dipastikan FF keluar sendiri atau force close. Pasalnya, Free Fire adalah game online yang membutuhkan jaringan internet untuk beroperasi.
Solusi: Aktifkan Flight Mode dan nonaktifkan kembali setelah beberapa detik. Kalau belum berhasil, restart perangkat.
Berdasarkan penjelasan di atas, ada banyak cara mengatasi FF keluar sendiri:

  • Istirahatkan hp hingga panas hilang
  • Jangan terlalu memaksa main berjam-jam
  • Kosongkan ruang penyimpanan
  • Update Free Fire versi terbaru
  • Aktifkan Flight Mode
  • Gunakan kartu internet lain
  • Restart perangkat

Tenang saja, ini bukan masalah serius, kok. Apabila semua metode belum berhasil, besar kemungkinan Garena Free Fire sedang maintenance.

Solusi terbaik adalah kembali bermain setelah proses maintenance selesai. Kamu bisa menunggu dengan memainkan game battle royale terbaru yang sedang populer, Arena Breakout.

Akhir Kata

Game online memang memberikan dampak ke kehidupan manusia. Baik dan buruk tergantung cara menanggapinya. Tak masalah kalau untuk sekedar hiburan, namun akan jadi masalah besar kalau sampai ketagihan.

Itulah ulasan lengkap yang jadi pertanyaan banyak orang kenapa FF keluar sendiri atau force close. Pahami penyebab dan cara mengatasinya agar masalah ini dapat teratasi. Jangan lupa, selalu ingat waktu saat main game, ya!