Cek Kalender Hijriyah Online Lengkap di Enkosa.com

Kalender Hijriyah adalah kalender umat Islam sejak masa Khalifah Umar. Waktu itu, kalender Hijriyah berfungsi untuk memperlancar sistem kenegaraan. Hingga saat ini pun keberadaannya masih sangat dibutuhkan.

Kalau kamu belum paham, kalender yang biasa digunakan sehari-hari masuk kategori kalender Masehi. Perbedaannya dari kalender Hijriyah terletak pada sistem penanggalan.

Tahun Masehi diawali dari 1 Januari, sementara Hijriyah dimulai pada 1 Muharram. Selain itu, jumlah dari dalam tahun Masehi sekitar 365-366 hari, sementara tahun Hijriyah lebih sedikit, yakni 354-355 hari. 

Sekarang banyak beredar kalender Hijriyah, bahkan kamu bisa cek kalender Hijriyah online di Enkosa.com dengan informasi lengkap mulai dari bulan Januari (Muharram) hingga Desember (Jumadil Akhir).

Cek Kalender Hijriyah Online Lengkap di Enkosa.com

Cek Kalender Hijriyah Online di Enkosa.com

Sejarah kalender Hijriyah tak terlalu sulit dipahami. Kalender ini juga biasa disebut kalender Islam dan kalender Qomariyah. Jadi, jangan salah sebut ya, kalender yang kita gunakan sehari-hari (Masehi) jelas sangat berbeda.

Perbedaan lain dari kalender Hijriyah dan Masehi secara teknis ada pada perhitungan. Jika Hijriyah dihitung berdasarkan bulan, kalender Masehi lebih ke peredaran matahari (Syamsiyah).

Setiap bulan dalam kalender Hijriyah memiliki arti berbeda. Contohnya Muharram artinya terlarang, Shafar yang berarti kosong dan lain sebagainya (nanti dijelaskan lengkap).

Jauh sebelum kalender Hijriyah ditemukan, masa-masa kekuasaan Islam mengalami masalah, terutama pada administrasi. 

Kemudian, Umar bin Al Khattab yang menjadi khalifah (pemimpin) saat itu membuat kebijakan. Dimana diputuskan bahwa peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW sebagai tahun pertama di kalender Islam.

Seperti penjelasan awal, kalau kamu butuh kalender Hijriyah online lengkap, langsung saja cek Enkosa.com. Gratis dan tidak perlu download aplikasi!

Nama Bulan di Hijriyah (Januari-Desember)

Sesuai janji di awal, Ngelirik.com akan buatkan nama bulan di Hijriyah, mulai dari Januari hingga Desember beserta artinya. Jadi, berbeda dengan kalender Masehi yang tidak memiliki arti spesifik (hanya serapan dari bahasa lain).

Berikut nama-nama bulan Hijriyah dan artinya:

BulanArti
MuharramTerlarang atau dilarang berperang
ShafarMengosongkan rumah
Rabi’ul AwwalMusim semi
Rabi’ul TsaniMusim gugur
Jumadil al-UlaMusim panas
Jumadil al-TsaniyahBerakhirnya masa sulit
RajabSesuatu yang luhur
ShaabanKelompok
RamadhanTerik panas
SyawalPeningkatan
Dzulqa’idahIstirahat
DzulhijjahBulan haji

Sekarang kamu sudah tahu apa saja bulan dalam kalender Hijriyah dan artinya. Bisa dilihat saat masa khalifah Umar bin Khataab, sistem penanggalan dirancang begitu baik. Ada arti dan keterangkan berdasarkan kejadian.

Demikian ulasan bagi kamu yang ingin memahami tentang kalender Hijriyah. Kalau masih bingung, langsung saja cek kalender Hijriyah online di www.enkosa.com. Situsnya mudah diakses dan banyak informasi bermanfaat.