Mudah! Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 21, 23, 24, 25

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 21, 23, 24, 25

Halo teman-teman, apa kalian sedang mencari kunci jawaban Tema 9 kelas 5 halaman 21, 23, 24, 25? Kebetulan nih, admin mau buat penjelasannya. Jangan khawatir, soal dan jawaban dari pelajaran ini sangat mudah, kok.

Tapi sebelum masuk ke pembahasan utama, kalian harus tahu kalau bahwa murid kelas 5 SD (Sekolah Dasar) disarankan menjawab pelajaran tanpa melihat kunci jawaban.

Seperti yang dikatakan penakuis.com, ini bertujuan agar kinerja otak semakin terlatih untuk memecahkan masalah. Nantinya setelah kalian lulus SD dan masuk SMP, mata pelajaran akan lebih rumit.

Namun kalau merasa bingung dan belum mengerti juga, tak ada salahnya menyimak kunci jawaban Tema 9 kelas 5 halaman 21, 23, 24, 25 di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5

Perlu diketahui, buku Tema 9 kelas 5 halaman 21 23 24 25 Subtema 1 menghadirkan topik seputar Benda Tunggal dan Campuran. Secara lebih lengkap, ada pada materi pembelajaran 3 buku tematik siswa.

Oleh sebab itu, silahkan pelajari dulu materi Subtema 1, jika sudah selesai lanjut mengerjakan soal-soal dari halaman 21 sampai 25.

Berikut adalah kunci jawaban Tema 9 kelas 5 halaman 21, 23, 24, 25 lengkap:

a. Halaman 21

Ayo berlatih!
1. Sebagai ibukota Jawa Tengah, Kota Semarang berada di geografis 110° BT dan 7°LS. Pertanyaannya, kasih tunjuk lokasi Semarang pada peta. Jika sudah, lingkari jawaban dengan pensil!

Jawaban:

2. Silahkan buka buku atlas atau peta di kelas. Pilih 10 kota atau kabupaten sesuai yang tertera pada peta. Jika sudah, tulis lokasinya di tabel berikut berdasarkan garis bujur dan garis lintang!

Jawaban:
Nama DaerahGaris LintangGaris Bujur
Brebes7°LS108° BT
Banyumas7° LS109° BT
Cilacap7°LS108° BT
Purbalingga7° LS109° BT
Kebumen7°LS109° BT
Pemalang7° LS109° BT
Pekalongan7°LS109° BT
Batang7° LS109° BT
Banjarnegara7°LS109° BT
Tegal7° LS109° BT

b. Halaman 23

Ayo berdiskusi!
Terdapat perilaku yang menggambarkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Pun juga ada perilaku yang tidak menggambarkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.

Mari diskusikan bersama tiga teman kelompokmu mengenai perilaku-perilaku tersebut. Setelah itu, catat contoh-contoh dari kedua jenis perilaku dalam tabel di bawah ini:

Jawaban:
Mencerminkan persatuan dan kesatuanTidak mencerminkan persatuan dan kesatuan
Membersihkan lingkungan bersama-samaTidak pernah ambil bagian membersihkan lingkungan
Bermain dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, dan rasHanya bermain dengan teman yang satu suku, ras, dan agama
Mengutamakan kepentingan umum1,00GB
Data PenggunaMengutamakan kepentingan pribadi
Menghormati perbedaan/toleransiTidak menghormati perbedaan

c.  Halaman 24

Ayo mengamati!
Apakah kamu tahu apa itu iklan? Jelaskan pada kolom di bawah ini.

Jawaban: Iklan merupakan bagian dari promosi produk atau jasa yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat agar mau membeli atau menggunakan jasa yang tertera pada iklan.

d. Halaman 25

Ayo berlatih!
Lihat di media cetak, dan cari contoh iklan. Jika sudah ketemu, gunting iklannya, lalu jelaskan apa saja yang terdapat pada iklan tersebut di hadapan teman-teman kamu.

Jangan lupa tempel gambar iklan tersebut pada baris di bawah ini.

Jawaban:

Kopi kenangan adalah franchise kopi paling terkenal di Indonesia. Saat ini Kopi Kenangan menawarkan promo, yakni gratis 1 roti setiap pembelian minuman favorit dengan menunjukkan kartu karyawan.

Ayo renungkan!
Hari ini kamu sudah dapat pelajaran apa saja? Apa manfaat yang kamu rasakan? Sebutkan pada kolom di bawah.

Jawaban:
Hal yang saya pelajari hari ini sangat banyak, seperti kerjasama, tanggung jawab, dan rasa ingin tahu. Selain itu, saya juga belajar tentang geografis Indonesia, sikap persatuan dan kesatuan, dan materi iklan produk/jasa.

Ada banyak manfaat yang saya dapatkan dari pelajaran hari ini, seperti berdikusi, komunikasi, dan menulis.

Kerjasama dengan orang tua!
Jelaskan hal-hal yang dapat dilakukan guna menjalin persatuan dan kesatuan antar anggota keluarga.

Jawaban:
Hal paling penting untuk menciptakan rasa kesatuan dan persatuan dalam ruang lingkup keluarga adalah saling terbuka, saling menghormati, dan tidak memaksakan kehendak.

Untuk menjalin rasa kesatuan dan persatuan antar masyarakat, apa yang harus dilakukan keluarga kamu?

Jawaban:
Keluarga saya mengatakan bahwa persatuan dan kesatuan di masyarakat dapat terwujud dengan toleransi, hidup rukun, dan saling tolong-menolong. Disamping itu, sering bergaul dan tidak membeda-bedakan juga sangat penting.

Akhir Kata

Jadi itulah ulasan tentang kunci jawaban Tema 9 kelas 5 halaman 21 23 24 25 yang dapat kamu jadikan pedoman. Sekali lagi, gunakan artikel ini sebagai referensi. Di lain kesempatan sebaiknya cari jawaban sendiri. Semoga bermanfaat!