Ganti Template Blog Berpengaruh Pada Traffic? Mitos atau Fakta?

Ganti Template Blog Berpengaruh Pada Traffic?

Aktivitas blogging sudah dilakukan sejak lama, entah itu melalui platform Wordpress maupun Blogger. Namun, tak sedikit kreator yang bingung apakah ganti template blog berpengaruh pada traffic atau tidak.

Karena alasan tampilan blog yang kurang menarik, terkadang kita ingin mengganti template. Meskipun prosesnya sangat mudah, dilema akan risiko dan efek buruk sering terlintas di kepala.

Saat ini ada banyak theme Wordpress Premium Indonesia. Bukan hanya membuat desain blog jadi lebih menarik, namun juga memberikan output positif dari iklan Adsense yang dipasang.

Nah, kalau kamu masih ragu untuk menggganti template blog karena takut berpengaruh pada traffic, artikel ini akan menjelaskan lengkap berdasarkan pengalaman admin pribadi. Yuk simak!

Ganti Template Blog Berpengaruh Pada Traffic

Selama lebih dari 9 tahun nge-blog, saya sudah beberapa kali ganti template. Dari pengalaman tersebut, saya menyimpulkan kalau perubahan template sangat mempengaruhi traffic atau kunjungan blog.

Namun perlu dipahami juga, saat itu saya belum paham dengan Blog Title, Keywords, Blog Description, dan lain sebagainya. Jadi asal ganti saja tanpa memperhatikan komponen yang ada di template lama.

Di hari pertama dan kedua perubahan traffic begitu terasa. Dari yang awalnya 15.000 page views, turun drastis jadi hanya 4.000-an.

Setelah berdiskusi ke sesama Blogger, saya menemukan fakta bahwa turunnya traffic disebabkan Google harus mengindeks ulang struktur blog.

Dengan kata lain, kalau struktur template lama dipindahkan ke template baru, ini tidak akan berpengaruh secara signifikan. Kecuali ada faktor lain seperti loading menurun dan tidak SEO Friendly.

Intinya, mengganti template blog tidak berpengaruh pada traffic atau kunjungan selama masih ada Meta Tags dari template sebelumnya. Disamping itu, perhatikan juga template baru sudah support SEO Friendly dan fast loading.

Lakukan Ini Sebelum Ganti Template Blog

Mengubah template blog terkadang sangat diperlukan. Terutama bila template lama tidak memberikan perubahan pada traffic dan penghasilan Adsense. Namun, kamu harus memperhatikan beberapa hal.

Berikut hal-hal yang wajib dilakukan sebelum ganti template blog:

  • Sebaiknya ganti template di atas jam 12 malam
  • Jangan lupa ambil Meta Tags, Deskripsi, Keywords dari template lama
  • Pastikan template baru lebih bagus, cek review pengguna
  • Perhatikan faktor SEO Friendly, Fast Loading, dan Responsive
  • Jangan pernah mengubah Nama Blog, Deskripsi, dan Meta Tags
  • Wajib posting artikel baru setiap hari setelah template diganti

Kalau kamu bingung memilih template blog, coba deh kunjungi Digitalkit Indonesia. Platform ini menawarkan banyak theme Wordpress terbaik untuk mendukung aktivitas blogging kamu.

Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp175.000. Terlebih lagi, setiap pembelian sudah termasuk pemasangan atau instalasi. Jadi kamu tak perlu menyewa jasa.

Akhir Kata

Selain membuat tampilan jadi menarik, template juga bisa jadi salah satu faktor yang menentukan jumlah traffic dan pendapatan dari Adsense maupun pengiklan lain. Ini sudah saya alami selama 9 tahun bergelut di dunia blogging.

Jadi itulah penjelasan bagi yang penasaran apakah ganti template blog berpengaruh pada traffic atau tidak. Semoga ini dapat menjawab keraguan kamu, ya!