7 Ciri-Ciri Baterai HP Bocor atau Rusak dan Penyebabnya

Ciri-Ciri Baterai HP Bocor

Baterai bocor memang menjadi masalah yang sering dikeluhkan. Umumnya, ini disebabkan karena pemakaian berlebih atau sering mencabut cas sebelum 100%. Ciri-ciri baterai bocor bisa dilihat dari fisik ataupun kinerja hp.

Salah satu ciri baterai bocor adalah daya cepat habis atau sering lowbat. Untuk mengatasi baterai hp bocor, yang perlu dilakukan hanya mengganti baterai dengan yang baru. Sebab, sangat sulit untuk memperbaikinya.

Dikutip dari pengertiankomputer.id, untuk mengetahui apakah baterai benar-benar bocor atau tidak, kita harus memastikan dengan teliti dan jangan buru-buru mengambil kesimpulan.

Masalah baterai bocor sangat bervariatif, mulai dari yang sudah parah hingga masih tahap awal. Untuk mengatasi hal tersebut, Ngelirik.com akan mengulas lebih lengkap ciri-ciri baterai hp bocor beserta penyebabnya. Yuk simak!

Penyebab Baterai HP Bocor

Ciri-ciri yang paling terlihat ketika kondisi daya hp sudah bocor adalah baterai cepat habis. Selain itu, biasanya ketika sudah penuh tiba-tiba langsung nge-drop dalam waktu beberapa menit, bahkan hp bisa mati mendadak.

Tentu saja hal ini harus segera diatasi jika kamu tak ingin terjadi masalah lebih serius, misalnya saja kerusakan pada OS atau komponen lain.

Karena saat ini sebagian besar hp dibekali baterai non-removable atau tanam, mustahil memperbaiki baterai hp bocor. Solusi terbaik adalah menggantinya dengan yang baru.

Tetapi kalau kamu mau repot dengan masalah ini, jalan terbaik adalah merawat baterai agar pemakaiannya bisa awet dan tahan lama.

Oleh sebab itu, penting mengetahui penyebab baterai hp bocor. Berikut penjelasannya.

1. Baterai HP Sering 0%

Penyebab utama kenapa baterai hp bisa bocor adalah pemakaian yang keliru. Kamu sering menunda pengisian daya karena sedang fokus bermain game hingga baterai mencapai 0% yang menyebabkan hp mendadak mati.

Sebaiknya kita melakukan pengisian daya sebelum kurang dari 25%. Sebab, jika baterai habis total hingga 0%, daya akan lebih sulit masuk dan baterai akan dipacu untuk mengaktifkan ion yang sudah habis total.

Efek dari hp mati total karena daya 0% memang tidak dirasakan secara langsung. Namun kalau sering melakukannya dalam waktu lama, baterai jadi cepat bocor dan rusak.

2. Ngecas Sambil Main Game

Faktor lain adalah karena kebiasaan buruk dalam menggunakan hp. Kebanyakan dari kita sering kali bermain game atau nonton Youtube sambil dicas. Kenapa kebiasaan ini dapat mengakibatkan baterai bocor?

Pasalnya, saat sedang digunakan, terutama untuk aktivitas berat, baterai akan terkuras lebih banyak karena membutuhkan daya untuk menjalankan sistem.

Sebagai contoh, jika kita mengisi daya pada 60% dan memakainya untuk bermain game, maka arus masuk dan keluar akan tetap sama, yakni 60%.

3. Sering Pakai Power Bank

Baterai bocor juga dapat disebabkan pemakaian Power Bank berlebih. Loh, kenapa bisa? Secara singkat karena arus daya pada perangkat menjadi tidak stabil. Intensitas penggunaan Power Bank yang terlalu sering.

Misalnya, di kondisi baterai 60% di-charge sampai 100%, lalu berkurang jadi 80%, dan di-charge lagi sampai 100%, dan begitu seterusnya. Hal ini menghasilkan proses tarik ulur ion lithium sehingga kinerjanya jadi berkurang.

Ngecas hp pakai Power Bank boleh saja, asalkan tidak terlalu sering atau dalam kondisi yang benar-benar mendesak. Pengisian daya dengan cas original lebih disarankan.

Ciri Baterai HP Bocor


Pada dasarnya, baterai tidak langsung bocor begitu saja. Secara umum, ada proses bertahap jika kita menggunakan hp asal-asalan. Seperti beberapa penyebab yang telah diulas di atas, ngecas sambil main game hingga baterai 0%.

Adpaun ciri-ciri baterai hp bocor sebagai berikut:

1. Baterai Menggelembung

Jika hp kalian menggunakan baterai removable atau dapat dilepas, tentu akan terlihat secara fisik bentuk baterainya. Apabila kondisinya sudah menggelembung dan daya cepat habis, dapat dipastikan baterai hp sudah bocor.

Namun hal ini tidak berlaku di baterai hp non-removable. Karena untuk melihat fisik baterai, hanya bisa dilakukan dengan membongkar casing belakang.

2. Perubahan Daya

Selanjutnya, ciri-ciri baterai bocor juga terlihat pada bar daya. Dimana ketika dicas langsung penuh dalam beberapa menit. Namun saat digunakan langsung drop atau cepat berkurang. Ini menandakan baterai hp sudah bocor.

Kalau kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya segera diatasi dengan mengganti baterai baru. Karena jika tetap digunakan akan menganggu kinerja aplikasi dan sistem pada perangkat.

3. Baterai Overheat

Apabila baterai cepat habis dan mudah panas, besar kemungkinan ada kebocoran. Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa meraba bagian belakang casing hp. Jika suhunya terasa panas setelah pemakaian singkat, itu ciri baterai hp bocor.

Overheat atau panas berlebih adalah kondisi baterai yang tidak sehat. Panas baterai disebabkan oleh kebocoran cairan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan perangkat.

4. Ada Bau Menyengat

Terakhir, ciri baterai hp bocor dapat mengeluarkan bau menyengat dalam jarang 10 hingga 30 cm. Selain itu, juga ada perubahan warna pada bagian bawah baterai atau di sekitar daerah yang terdapat celah baterai.

Jika kamu mencurigai bahwa baterai hp sudah bocor, segera berhenti menggunakannya dan bawa ke tukang servis untuk dilakukan perbaikan.

Sayangnya, baterai non-removable yang bocor hanya dapat diganti dengan yang baru. Tidak ada solusi memperbaiki baterai tanam.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita menjaga dan merawat perangkat dengan baik sehingga dapat menambah umur atau masa pemakaian baterai.

Apakah Baterai Tanam Bocor Bisa Diperbaiki?

Baterai tanam yang bocor mungkin sulit atau bahkan tidak mungkin diperbaiki. Jika baterai hp kamu sudah bocor, itu berarti ada kerusakan pada sel-sel di dalamnya, seperti cairan kimia berbahaya yang mungkin telah “pecah”.

Jika hp kamu masih dalam masa garansi, bisa dilakukan penggantian oleh produsen atau toko resmi. Namun, jika masa garansi sudah habis, maka kemungkinan besar kamu harus membeli baterai baru. Pastikan pilih yang original, ya!

Disamping itu, jangan lupa membuang baterai lama sesuai dengan peraturan lingkungan setempat. Pasalnya, baterai hp yang bocor mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mencemari lingkungan jika dibuang sembarangan.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas, sangat jelas kita tidak boleh melakukan kebiasaan buruk untuk menjaga baterai tetap awet. Ada baiknya lakukan pengisian daya hingga 100%. Jangan mencabut charger ketika daya belum full.

Jadi itulah ulasan lengkap tentang ciri-ciri baterai hp bocor dan penyebabnya. Perlu diingat, lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Karena kalau sudah rusak, pengeluaran bulanan jadi bertambah untuk beli baterai baru.