6 Tips Bermain AOV agar Cepat Naik Rank, dari Noob Jadi Pro!

Memahami tips bermain AOV  mungkin bisa jadi cara terbaik agar kamu jago seperti pro player. Mengutip dari kheefa.com, Arena of Valor atau AOV adalah game MOBA dengan grafis epic serta karakter hero keren.

Bahkan, hero yang dihadirkan diadaptasi dari karakter film dan mitologi. Dengan begitu, skill yang dimiliki dibuat mirip sehingga memberikan pengalaman unik bagi gamers.

Selain mengulas tentang tips bermain AOV agar jago, di artikel ini Ngelirik.com juga bahas cara memahami meta game. Hal ini akan mempermudah kalian memilih hero terbaik dan menyesuaikan strategi dalam bermain.

Tips Bermain AOV

Sekilas Tentang Game AOV

Meskipun game ini sudah sangat populer, admin jauh jelaskan sedikit tentang AOV atau Arena of Valor. Ini adalah game online dari Tencent Games dengan konsep MOBA yang mirip Mobile Legends dan League of Legends.

Arena of Valor tersedia untuk semua perangkat mobile, seperti Android, iOS, dan Nintendo Switch. Kalian bisa unduh gratis lewat platform Google Play atau App Store.

Cara bermain AOV dimulai dari membentuk sebuah tim terdiri dari 5 orang. Nantinya, kita akan bertarung dengan tim lawan untuk menghancurkan tower dan memenangkan pertandingan.

Setiap pemain bebas memilih karakter atau hero. Namun, kemampuan atau skill hero yang dimiliki harus menyesuaikan strategi dan taktik bermain tim.

Selama pertandingan, kita akan dihadapkan dengan rutinitas mengumpulkan gold dan farming guna meningkatkan level dan membeli item yang dapat menambah kemampuan hero.

Seperti halnya Mobile Legends, AOV menghadirkan beberapa mode permainan seperti Ranked, Classic, dan Arcade.

Selain itu, AOV juga sudah masuk game eports dengan turnamen yang diadakan secara global.

Tips Bermain AOV (Arena of Valor)

Banyak pemain pemula mengeluh mengenai sulitnya bermain AOV. Padahal, jiga kita tahu konsep dasarnya, menjadi jago seperti pro player bisa dicapai dalam waktu singkat.

Apalagi kalau kamu pernah atau sering memainkan game MOBA.

Berikut beberapa tips bermain AOV untuk pemula:

1. Belajar dari Pro Player

Pengalaman adalah guru terbaik, istilah ini bukan hanya berlaku di dunia kerja, namun juga saat bermain game. Kamu bisa jago di Arena of Valor dengan cara melihat atau mengamati gameplay dari pro player.

Kalian bisa tonton di Youtube atau saat mereka melakukan live streaming. Hal ini akan membuat kita mendapatkan informasi kapan harus build item, farming, dan skill combo dari masing-masing hero.

Tapi perlu diketahui, mental tempur pro player berbeda dari pemain pemula. Mereka jago karena sering bermain di rank tertinggi yang terkenal intens.

Intinya, semakin rajin bermain maka kalian akan semakin jago.

2. Farming di Awal Game

Tips bermain AOV selanjutnya adalah mengumpulkan resources untuk nge-build item di early game. Ini sangat penting karena berpengaruh pada keseluruhan gamepaly.

Oleh karena itu, khusus untuk hero Jungler, farming wajib dilakukan.

Selain untuk mengumpulkan gold, farming di AOV juga bisa menambah EXP. EXP sangat berguna untuk menaikkan level hero sehingga lebih mudah dikontrol.

3. Pilih Build Up yang Tepat Guna

Arena of Valor memungkinkan pemain untuk membuat build up item sesuai keinginan. Namun penting diketahui juga, agar tidak bingung sebaiknya pakai build item rekomendasi pro player yang sudah teruji di dalam game.

Nantinya, build item yang tepat akan memudahkan kalian mengalahkan musuh. Sebaliknya, salah memilih build item akan membuat hero kita jadi bulan-bulanan hero lawan.

4. Fokus Satu Hero

Pemula yang ingin menjadi pro player harus fokus mempelajari satu hero AOV. Jadi, ketika kalian bermain, sebaiknya gunakan hero yang sama hingga benar-benar memahami skill dan gaya bermain hero tersebut. Ini akan memudahkan kalian saat push rank.

5. Kompak, Jangan Maruk!

Seperti halnya game multiplayer lain, kompak dan menjalin kerjasama tim sangatlah penting. Pasalnya, di game AOV ini kemampuan individu bukan faktor terpenting. Kalian tidak akan bisa menang kalau hanya berjuang sendiri.

Oleh karena itu, selalu siap sedia membantu teman untuk menguasai lane tengah, kiri, kanan, dan fokus menjaga posisi. Asal kompak, permainan jadi lebih mudah!

6. Main Agresif

AOV termasuk game Moba dengan intensitas tinggi dalam setiap permainannya. Sehingga, para pemain tidak bisa santai atau lengah. Harus terus bergerak nge-push ke base lawan, ataupun bertahan kalau sedang diserang.

Tetapi, ada kalanya permainan yang agresif tidak selalu tepat. Ini bagaikan pisau bermata dua. Oleh karena itu agresif saja belum cukup, pastikan kalian tidak ceroboh dan terus mengasah skill individu agar cepat paham.

Arti Meta di Arena of Valor (AOV)

Setelah tahu beberapa tips bermain AOV, selanjutnya admin akan jelaskan apa itu meta di Arena of Valor. Pasalnya, banyak sekali pro player yang membicarakan meta setiap kali game mengalami update.

META adalah singkatan dari “Most Effective Tactic Available”. Dengan kata lain, ini merupakan strategi atau taktik paling efektif untuk digunakan.

Dalam game MOBA, Meta selalu mengalami perubahan agar gimnya tetap simbang. Biasanya terjadi pada statistik, entah itu peningkatan atau penurunan. 

Untuk mempelajari Meta Arena of Valor, yang harus diperhatikan adalah paham kapan update di setiap season. Biasanya, developer akan memberikan informasi terkait apa saja yang diperbarui.

Penting juga diketahui, setiap Meta punya kelebihan dan kekurangan. Untuk mengantisipasi hal ini, kalian bisa mempelajari Meta terbaru sehingga menemukan Counter Attack.

Kalau masih bingung, kalian bisa mengambil contoh Youtuber atau gamers AOV yang berada di Conqueror. Pasalnya, pro player selalu mengedepankan observasi dan mencoba hal baru supaya tidak kalah saing.

Akhir Kata

Arena of Valor memang jadi salah satu game MOBA terpopuler saat ini. Selain menghadirkan hero adaptasi dari karakter film seperti Batman hingga Superman, grafis dan gameplay-nya juga jadi sangat menarik.

Demikian penjelasan lengkap perihal tips bermain AOV agar jadi pro player. Selain mengenal karakter masing-masing hero, kita juga wajib mengasah kemampuan dan observasi agar tidak bingung saat bermain. Semoga bermanfaat!