4 Obat Pelangsing yang Terdaftar BPOM, Efektif untuk Diet?

Obat pelangsing yang terdaftar di BPOM dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Dalam beberapa kasus, masyarakat tertarik dengan obat-obatan sebagai pelengkap dari diet dan aktivitas olahraga.

Namun, sebelum mengonsumsi obat pelangsing, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama, tidak semua obat aman dan efektif. Beberapa bahkan memiliki efek samping yang menyeramkan.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau cek BPOM sebelum mengonsumsi obat-obatan. Apalagi, saat ini banyak beredar produk ilegal yang tidak baik untuk kesehatan.

Obat Pelangsing yang Terdaftar BPOM

Apakah Obat Pelangsing BPOM Efektif untuk Diet?

Obat pelangsing yang beredar di pasaran ada banyak jenisnya. Namun, efektifitas bervariasi pada setiap orang. Cara kerja obat pelangsing adalah dengan menekan nafsu makan, sehingga metabolisme tubuh meningkat.

Namun, konsumsi obat pelangsing sebaiknya harus dengan resep dokter. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati sebab beberapa obat memiliki efek samping yang sangat serius.

Penting untuk diingat bahwa cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengubah gaya hidup. Ini termasuk mengonsumsi makanan sehat, mengelola stres, dan berolahraga secara teratur.

Lantas, apakah obat pelangsing yang terdaftar di BPOM efektif untuk diet? Jawabannya bisa iya dan tidak.

Karena dalam beberapa kasus, dokter memberikan resep khusus kepada pasien dengan kondisi tertentu, seperti diabetes dan obesitas.

Oleh sebab itu, penting untuk berbicara dengan dokter dan ikuti instruksi yang tepat guna sesuai kondisi tubuh kamu. Jangan asal minum obat pelangsing, ya!

Rekomendasi Obat Pelangsing BPOM

Obat diet atau pelangsing dibuat dengan bahan yang membantu mengurangi berat badan. Umumnya, cara kerjanya dengan menekan nafsu makan sehingga kita hanya mengonsumsi asupan harian secara wajar. 

Meskipun mengandung bahan kimia, nyatanya obat pelangsing BPOM bisa meningkatkan paluang berat badan turun. Tetapi harus diimbangi dengan pola hidup yang tepat, seperti olahraga dan tidur teratur.

Dikutip dari cekbpom.com, berikut beberapa rekomendasi obat pelangsing ampuh yang dijual di apotik:

1. Garcia Cambogia

Di daftar pertama ada Garcia Cambogia yang merupakan suplemen untuk menekan nafsu makan. Obat pelangsing ini cukup efektik meningkatkan produksi sorotonin, pembakaran lemak, dan metabolisme tubuh.

Tapi perlu diketahui, Garcia Cambogia termasuk obat generik, yakni obat yang memiliki kandungan zat aktif. Sehingga kamu harus berkonsultasi dengan dokter jika ingin meminumnya.

Bahan utama dari Garcinia Cambogia adalah ekstrak buat tropis. Suplemen ini punya efek samping seperti mual, diare, sakit kepala, hingga gangguan pencernaan.

2. Lipozene

Lipozene juga masuk jajaran obat pelangsing yang terdaftar di BPOM. Bahan utama obat ini adalah akar konjak dengan manfaat mengurangi berat badan.

Lipozene dapat dibeli di apotik maupun toko online seperti Shopee atau Tokopedia.

Tapi, pastikan Lipozene yang dibeli original. Sebab, sekarang banyak beredar suplemen penurun berat badan palsu dengan kemasan menyerupai asli.

Lipozene memiliki efek samping, seperti perut kembung, perut terasa penuh, dan sering bersendawa. Selain itu, kemungkinan diare dan konstipasi juga bisa terjadi.

3. Lorcaserin

Obat pelangsing terdaftar BPOM berikutnya adalah Lorcaserin yang aman dan tidak membahayakan. Ini termasuk obat dengan manfaat mengurangi nafsu makan dan membuat kita merasa sudah kenyang.

Namun, Lorcaserin tidak disarankan untuk wanita yang sedang program hami karena memiliki efek samping. Konsumsi Lorcaserin dapat menyebabkan sakit kepala, lelah, mulut kering hingga sembelit.

Apabila tidak ada perubahan signifikan selama mengonsumi Lorcaserin, sebaiknya tidak usah dilanjutkan. Sebab, ada kemungkinan tubuh kamu tidak cocok dengan obat ini.

4. Orlistat

Apakah ada obat pelangsing ampuh tanpa olahraga? Jawabannya tidak. Sebagus dan semahal apapun obat diet tersebut, kamu tetap harus imbangi dengan aktivitas fisik dan menjaga pola hidup sehat.

Orlistat bisa kamu coba sebagai “pembantu” dalam program diet. Obat ini dipastikan aman karena sudah terdaftar di BPOM dan banyak direkomendasikan dokter.

Kamu bisa membeli Orlistat di apotek ataupun dari resep dokter. Namun perlu diperhatikan, efek sampingnya mungkin akan mengganggu aktivitas kamu.

Konsumsi obat pelangsing sebenarnya tidak dianjurkan untuk semua orang. Hanya orang dengan  kondisi tertentu atau sesuai anjuran dokter.

Umumnya, dokter menganjurkan obat pelangsing untuk orang bertubuh gemuk atau dengan indeks massa tubuh (IMT) sekitar 30 atau lebih.

Selain itu, bisa juga untuk yang memiliki penyakit diabetes, darah tinggi atau penyakit jantung.

Akhir Kata

Mengadopsi pola makan sehat dan mengembangkan gaya hidup adalah cara paling efektif dan aman untuk mencapai bentuk tubuh ideal. Jadi, intinya tanpa konsumsi obat-obatan pun kamu bisa mendapatkan body goals.

Demikian ulasan tentang obat pelangsing yang terdaftar BPOM dan efektif untuk diet. Meskipun melelahkan, olahraga adalah cara terbaik dalam menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh.