Efek Flash Ulang HP Android, Pahami Agar Tidak Menyesal!

Efek Flash Ulang HP Android

Mengetahui apa saja efek flash ulang hp Android sangat penting sebelum memulai. Sebab, aktivitas install ulang sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak artikel ini untuk tahu apa saja dampak yang akan terjadi.

Flashing dapat diartikan sebagai prosedur perbaikan ketika perangkat mengalami bootloop. Pengaruhnya bisa beragam, seperti kerusakan semakin parah atau malah kembali normal layaknya hp baru.

Efek flash hp memang tidak selamanya buruk. Oleh sebab itu, hingga saat ini flashing masih sering digunakan banyak orang. Entah itu lewat teknisi atau melakukannya sendiri dengan bantuan tools dan software khusus.

Efek Flash Ulang HP Android

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kamu pahami apa itu flashing. Pahami juga kenapa proses ini begitu diandalkan ketika hp rusak atau restart terus. Bahkan, cara ini digunakan semua merk hp termasuk Xiaomi dan Samsung. 

Flash hp adalah menginstall ulang keseluruhan sistem dengan tujuan memperbaiki kerusakan pada sistem tersebut. Dalam artian sederhana, intinya flashing atau flash hp bekerja dengan cara menghapus semua data sistem.

Nantinya akan di-install firmware baru sehingga kinerja perangkat kembali normal. Adapun efek flash ulang hp Android sebagai berikut.

1. Fungsi HP Jadi Normal

Seperti penjelasan awal, salah satu efek flash hp Android adalah membuat kinerja perangkat kembali normal. Semua sistem dan fitur yang awalnya rusak jadi bisa diakses layaknya hp baru.

Tapi tentunya, proses flashing harus dilakukan dengan benar. Percayakan dengan tool resmi agar tidak terjadi kesalahan. Hindari penggunaan tool ilegal.

2. File System Seperti Baru

Selanjutnya masih dari efek positif atau manfaat flash ulang hp. Ketika hp kamu sudah di-install ulang, maka keseluruhan sistem yang tadinya tidak berfungsi akan diperbaiki. Hal ini membuat sistem kembali fresh.

3. Ruang Penyimpanan Jadi Lapang

Setelah proses flashing selesai, ruang penyimpanan hp jadi lebih lapang dari sebelumnya. Tapi tentu saja semua aplikasi yang terinstall hanya bawaan sistem. Disamping itu, galeri atau File Manager juga kosong tidak ada foto maupun video.

4. Mengatasi Bug

Bukan hanya memperbaiki sistem, flash ulang hp Android juga bisa meningkatkan kinerja sistem dengan menghilangkan bug. Jika firmware yang digunakan saat flashing merupakan bawaan hp, umumnya sudah dilengkapi sistem repair.

5. Garansi HP Lenyap

Setelah tahu efek flash ulang hp Android dari sisi positif, selanjutnya kita bahas dari sisi nagatif. Ketika kita melakukan flashing, artinya sistem bukan lagi bawaan pabrik. Dampaknya, garansi hp dinyatakan tak berlaku lagi.

Distributor tidak akan menerima garansi karena perangkat sudah menghapus dan menginstal firmware yang tidak seharusnya. Oleh sebab itu, kalau Android kamu mau di-flashing, sebaiknya kunjungi Service Center resmi.

6. Bootloop atau Mati Total

Terakhir, jika flashing dilakukan asal-asalan dapat menyebabkan bootloop atau perangkat mati total. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan sistem atau tindakan flashing menggunakan firmware ilegal yang tidak cocok dengan versi hp.

Pada beberapa kasus, meskipun firmware dan seluruh langkah sudah sesuai, bootloop bisa saja terjadi. Penyebabnya karena IC ataau masalah lain.

Akhir Kata

Meskipun lebih banyak keuntungan dari proses flashing, tapi kalau garansi hp kamu masih aktif, sebaiknya bawa ke Service Center resmi. Selain gratis, mereka juga berpengalaman dalam melakukan perbaikan.

Demikian penjelasan tentang efek flash ulang hp Android untuk dipahami. Semoga menjawab keragunan kamu selama ini. Kunjungi Apkdlpedia dan dapatkan informasi bermanfaat seputar aplikasi dan game.