5 Tips Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah 2023

Tips Membuat Blog yang Menghasilkan Uang
ryrob.com

Tak terasa sudah lebih dari 5 tahun saya bergelut di dunia blog. Sempat hampir menyerah, akhirnya saya putuskan untuk lanjut. Memang benar kata orang, perjuangan di awal itu sangat berat. Apalagi jika hanya berjuang seorang diri.

Ngelirik.com adalah salah satu blog yang saya kembangkan. Bermodalkan laptop Axioo jadul, Alhamdulillah blog ini menjadi sumber penghasilan online selain bisnis jasa tulis artikel.

Di era digital blog masih tetap diminati meskipun platform lain mulai bermunculan. Alasannya karena informasi tertentu hanya bisa ditemukan lewat pencarian Google.

Di artikel ini admin saya akan mencurahkan sedikit informasi tentang tips membuat blog yang menghasilkan uang bagi pemula. Yuk simak!

Tips Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Banyak orang yang ingin memiliki penghasilan dari internet. Tapi sayangnya, mereka hanya tahu hal-hal instan, seperti aplikasi atau game penghasil uang. Padahal, kalau mau sedikit belajar, blog bisa jadi media yang lebih menggiurkan.

Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut beberapa tips menghasilkan uang dari membuat blog atau website:

1. Beli Domain

Jika ingin membuat blog yang menghasilkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli domain. Meskipun ada Blogger yang gratis, namun sangat berat untuk bersaing di mesin pencarian. Setidaknya kamu perlu domain .COM atau .ID.

Ada banyak penyedia layanan domain di Indonesia. Tapi sampai sekarang saya tetap setia mengandalkan Domainesia karena harganya lebih terjangkau dan cepat tanggap kalau kita butuh bantuan.

2. Buat Artikel dengan Riset Kata kunci

Setelah domain terpasang dan tampilan blog di-setting User Friendly, tips berikutnya adalah membuat artikel. Dalam membuat artikel juga tak boleh sembarangan, kamu harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Cara riset kata kunci bisa lewat Ubersuggest atau Google Trends. Tapi sebaiknya pilih kata kunci atau keyword dengan persaingan rendah agar mudah masuk page one.

3. Pakai Jasa Content Placement

Content placement juga harus diperhatikan agar authority meningkat. Saat ini ada banyak jasa content placement Indonesia yang bisa kamu pilih. Tapi pastikan website mereka sesuai dengan fokus niche blog kamu.

Sebagai contoh, blog niche teknologi akan lebih optimal jika memasang content placement di website teknologi. Meskipun tidak instan, setidaknya kamu sudah mulai membangun authority blog.

4. Sebar Link ke Medsos

Ketika pertama nge-blog, saya kurang paham dengan “sharing is caring”. Tapi setelah tahu manfaat share link blog ke medsos, setiap kali publish artikel saya langsung share ke Facebook, Twitter, dan Pinterest.

Menyebar link ke medsos bertujuan agar mendapatkan pengunjung di luar search engine. Selain itu, ini juga sebagai strategi untuk memperluas jangkauan audiens.

5. Daftar Google AdSense

Tips membuat blog yang menghasilkan uang paling penting yaitu daftar Google Adsense. Ini adalah satu-satunya layanan dari Google yang memungkinkan kita memperoleh penghasilan dari membuat artikel.

Tapi saat ini untuk bisa diterima Adsense cukup sulit. Kita harus membuat artikel berkualitas dalam jumlah banyak dan memiliki authority domain yang bagus.

Apabila semua faktor tersebut sudah terpenuhi, kamu tinggal masuk ke laman Google Adsense dan mulai melakukan pendaftaran. Jika diterima, kamu akan dapat penghasilan lewat iklan yang terpasang di blog.

Demikian ulasan singkat tentang tips membuat blog yang menghasilkan uang di tahun 2023. Berdasarkan pengalaman pribadi, kamu harus serius dalam mengembangkan blog agar perjuangan tidak sia-sia.