7 Alasan Mengajukan Beasiswa Agar Diterima, Yuk Pahami!

Alasan Mengajukan Beasiswa Agar Diterima
engineerscanada.ca

Semua mahasiswa pasti ingin mendapatkan beasiswa. Entah itu luar negeri maupun dalam negeri. Namun, untuk mencapainya dibutuhkan kriteria khusus. Contoh sederhana, mereka yang memiliki prestasi akademik dan nilai di atas rata-rata.

Beasiswa umumnya diberikan untuk mahasiswa tertentu. Nah, kalau kamu tertarik melanjutnya pendidikan yang lebih baik, berikut beberapa alasan mengajukan beasiswa agar diterima. Yuk pahami!

1. Prestasi Akademik dan Non Akademik

Alasan pertama yang wajib dipenuhi bila ingin mendapatkan beasiswa adalah memiliki prestasi akademik dan non akademik yang baik. Kalau kamu merasa sudah memenuhi kriteria ini, berarti kamu layak dapat beasiswa.

Maksud dari prestasi akademik adalah berpengetahuan luas dalam pelajaran umum. Sementara prestasi non akademik sangat erat hubungannya dengan bakat yang kamu miliki.

2. Memenuhi Kriteria Pendidikan

Latar belakang pendidikan sangat penting jika ingin mendapatkan beasiswa. Sebelum mendaftar atau mengajukan program beasiswa, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan pendidikan yang tertera formulir pendaftaran.

3. Sering Bersosialisasi

Alasan mengajukan beasiswa agar diterima lainnya adalah sering bersosialisasi. Pihak penyelenggara akan senang dengan mahasiswa yang aktif dan tidak akku. Kamu harus memiliki karakter extrovert yang senang bergaul dengan semua orang.

4. Punya Tujuan

Apa tujuan kamu mendapatkan beasiswa? Hal lain yang wajib dipertimbangkan sebelum mengajukan beasiswa adalah tujuan atau goals kamu ke depannya. Selain itu, pastinya kamu juga harus sudah menyelesaikan tahapan pendidikan.

5. Aktif Berorganisasi

Program beasiswa hanya diberikan kepada individu yang aktif berorganisasi. Ini sangat penting diperhatikan agar diterima saat mengajukan beasiswa. Apabila kamu aktif di organisasi kampus, peluang mendapatkan beasiswa semakin besar.

6. Melengkapi Persyaratan

Faktor yang tak kalah penting saat mengajukan beasiswa agar diterima adalah melengkapi persyaratan. Biasanya pihak yang memberikan beasiswa memiliki syarat khusus kepada calon penerima, jadi tidak bisa sembarangan orang.

7. Rekam Jejak yang Baik

Kamu wajib memiliki rekam jejak yang bak agar pengajuan beasiswa diterima. Contohnya tidak pernah terlibat tindak kekerasan atau kriminal, dan berperilaku baik selama menempuh jenjang pendidikan.

Perlu dipahami juga, inti dari semua alasan di atas kurang lengkap kalau kamu belum yakin. Bukan hanya dalam pelajaran saja, untuk mendapatkan beasiswa kamu harus memiliki keyakinan kalau kamu pasti dipilih. Oh iya, jangan lupa berdo’a ya!

Kalau bingung mencari info beasiswa, kamu bisa tanya ke pihak terkait atau cari informasi di internet. Kalau mau cepat, coba akses situs Kemdikbud. 

Demikian beberapa alasan mengajukan beasiswa agar diterima. Yakinkan diri bahwa kamu layak melanjutkan pendidikan yang lebih baik di kampus-kampus terbaik Indonesia maupun internasional.