Mengatasi Spasi yang Berantakan dan Berjauhan di Word, 1 Menit Kelar!

Tulisan yang rapi dan sedap dipandang merupakan hal yang kita inginkan saat membuat atau mengerjakan tugas di Microsoft Word. Tapi terkadang, ada kondisi dimana tulisan yang dihasilkan berantakan karena hasil salinan dari internet.

Bukan hanya mahasiswa saja, pelajar dan pekerja kantoran juga membuat laporan di Microsoft Word. Biasanya mereka mengambil referensi dari internet, seperti Wikipedia maupun situs web.

Nah, kalau hasil salinan dari internet terlihat kacau, berikut panduan lengkap cara mengatasi spasi yang berantakan dan berjauhan di Microsoft Word agar tulisannya terlihat normal. Tapi sebelum itu, simak dulu beberapa penyebab berikut ini.

Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan dan Berjauhan di Word

Penyebab Spasi Word Berantakan atau Terlalu Jauh

Pada dasarnya penyebab spasi di Microsoft Word berantakan ada banyak. Salah satunya karena mengambil referensi di internet dan langsung di-copy paste. Selain itu, bisa juga karena perbedaan jenis font da penjajaran teks (align left, justify, align right).

Bahkan, perbedaan versi Microsoft Word juga bisa mempengaruhi spasi pada tulisan. Contoh, kita membuat tugas di Word versi 2016, kemudian kita ingin mengedit di laptop yang masih mengandalkan versi 2010.

Sebenarnya hal tersebut sangat mudah diatasi, yakni dengan menghapus jarak spasi satu per satu. Hanya saja ini sangat menyita waktu.

Nah, untuk membuat semuanya lebih efisien, selanjutnya kita masuk ke cara mengatasi spasi Word berantakan atau terlalu jauh.

Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan dan Berjauhan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar tulisan hasil copy paste dari internet jadi rapi adalah menempelkannya ke Notepad terlebih dahulu.

Setelah itu baru dipindahkan ke dokumen Word. Metode ini sangat ampuh karena semua komponen pada tulisan akan berubah jadi ‘Default’.

Namun, jika semua sudah terlanjut dan tak ada jalan lain selain mengedit, simak beberapa metode untuk mengatasi spasi yang terlalu jauh atau berantakan di Microsoft Word berikut ini.

1. Gunakan Enter dan Backspace

Kalau spasi yang berantakan tidak terlalu banyak, Anda bisa memanfaatkan tombol Enter untuk mengatasinya. Langkah pertama taruh kursor di bawah kalimat yang spasinya berantakan. Setelah itu tekan Backspace, lalu tekan Enter

Namun, jika di bawah kalimatnya tidak ada kalimat lagi atau ada di paragraf terakhir, Anda tinggal tekan tombol Enter tepat di akhir kalimat tersebut. Mudah, kan?

2. Gunakan Fitur Find and Replace

Selanjutnya cara mengatasi spasi yang berantakan di Word adalah menggunakan fitur Find and Replace. Metode ini bisa Anda coba jika ada banyak spasi yang perlu dihapus. Bagaimana langkah-langkahnya?

  • Pertama buka dokumen terlebih dahulu
  • Lalu masuk ke fitur Find and Replace dengan menekan tombol Ctrl + H pada keyboard
  • Kemudian isi kolom “Find what” dengan menekan tombol Backspace dua kali atau sesuai dengan jumlah spasinya
  • Lalu pada kolom “Replace with” tekan tombol Backspace satu kali
  • Selanjutnya pilih Replace All, dan klik Yes

Sampai tahap ini Anda sudah berhasil menghapus spasi yang tidak diperlukan. Jika masih ada spasi yang berantakan, silahkan ulangi langkah di atas hingga struktur tulisannya normal.

3. Mengganti Jenis File

Metode ketiga untuk mengatasi spasi yang terlalu jauh di Microsoft Word adalah mengubah jenis file pada dokumen. Ini bisa Anda terapkan di laptop maupun PC.

Untuk langkah-langkahnya, pertama buka dokumen lalu tekan tombol F12 pada keyboard atau klik ikon Save as. Kemudian ganti opsi file Save as type jadi Word 97-2003 Document. Jika sudah, simpan file-nya.

4. Ganti Jenis Font

Metode terakhir adalah mengganti jenis font. Namun, Anda juga butuh Notepad untuk mengubah struktur dokumen jadi default. Caranya tinggal blok semua kalimat (Ctrl + A), lalu copy (Ctrl + C), kemudian pastekan ke Notepad.

Setelah itu salin tulisan yang ada di Notepad, buka dokumen Word baru dan pastekan tulisannya.

Kami rasa sangat mudah untuk membuat struktur jadi normal meskipun Anda mengambil tulisan dari internet. Ada banyak cara yang bisa Anda coba. Pilih saja salah satu yang menurut Anda paling mudah, ya!

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi spasi yang berantakan dan berjauhan di Microsoft Word. Semoga dengan ini Anda bisa melanjutnya tugas dengan lancar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!