Apakah Aplikasi Litmatch Bahaya? Simak Penjelasan Ini Sebelum Download

Apakah Aplikasi Litmatch Bahaya

Apakah aplikasi Litmatch bahaya? Pertanyaan ini cukup sering muncul di Quora dan media sosial lain. Alasannya karena Litmatch masih terdengar asing bagi sebagian orang. Tertutup oleh popularitas Instagram atau TikTok.

Meskipun kalah tenar, tapi Litmatch sudah di-download lebih dari 50 juta kali dan mendapat rating 4,0 dengan 680 ribu ulasan. Cukup bagus untuk media sosial atau aplikasi mencari pertemanan.

Nah, kalau kamu khawatir apakah aplikasi Litmatch berbahaya atau tidak, melalui artikel ini admin akan kasih penjelasannya. Mulai dari kegunaan Litmatch hingga pendapat pengguna setelah menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Litmatch untuk Apa?

Litmatch adalah sebuah aplikasi berbasis komunitas yang dikembangkan oleh CONSTRUCT TECHNOLOGY PTE. Meskipun ukuran aplikasinya sangat ringan, tapi developer juga membuat versi Lite yang jauh lebih ramah hp kentang.

Melalui aplikasi Litmatch, kita dapat mencari teman dan menjalin komunikasi melalui fitur-fitur di dalamnya. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang suka berteman melalui virtual.

Litmatch memungkinkan pengguna bertemu dengan orang baru, memulai percakapan pribadi atau bergabung dengan pengguna lain di dalam grup.

Kalau kamu bertanya aplikasi Litmatch untuk apa? Maka jawaban yang tepat adalah media sosial, kurang lebih mirip ClubHouse. Kenapa? Karena di sini ada fitur Party Chat, dimana pengguna bisa gabung dan ngobrol ngalur-ngidul bebas!

Sekilas memang terlihat menarik, tapi kamu akan ilfeel kalau masuk ke grup yang salah. Ya, topik pembahasan agak absurd dan tak sedikit pula membahas sesuatu yang vulgar. Bahkan sampai ada obrolan hoax.

Alasan kenapa Litmatch dianggap bahaya ya mungkin karena orang-orang di dalamnya. Aplikasi sih sama seperti media sosial lain.

Sebagai media sosial, Litmatch tentunya memiliki fitur-fitur yang diperuntukkan dalam menjalin pertemanan antar pengguna. Tapi karena basisnya komunitas, semua fitur berhubungan dengan komunikasi teks dan audio.

Berikut beberapa fitur di aplikasi Litmatch:

Text, Like, Connect – Fitur utama yang memungkinkan kamu terhubung dengan pengguna lain dari seluruh dunia. Nantinya, kamu juga bisa mengirim chat dan memberikan like kalau ingin berkenalan lebih jauh.

Stand Out By Your Voice – Fitur untuk melakukan panggilan suara atau voice chat singkat dengan tujuan mengenal lawan bicara lebih jauh.

Avatar – Fitur seperti foto profil untuk menunjukkan identitas kamu ke pengguna lain. Ada juga biodata untuk menjelaskan kepribadian kamu.

Party Chat – Buat atau gabung ke grup berisi 10 orang dan masing-masing bebas membicarakan topik yang telah disepakati satu sama lain.

Feed – Mirip Beranda, dimana pengguna bisa menjelajahi kejadian di sekitar. Tampilan di Feed beragam, ada video, chat, gambar visual, dan audio.

Itulah beberapa fitur yang disediakan Litmatch untuk pengguna. Kalau tertarik, kamu bisa gabung secara gratis dengan membuat akun. Tapi ada fitur VIP Membership untuk menikmati fitur-fitur yang lebih lengkap.

Apakah Aplikasi Litmatch Bahaya?

Berdasarkan ulasan di atas, menurut kamu apakah aplikasi Litmatch bahaya? Kalau dari segi keamanan dan data pengguna, mungkin tidak. Sebab, aplikasi yang dirilis di Playstore sudah melalui tahap verifikasi.

Bahaya yang dimaksud mungkin karena banyak pengguna menyalahgunakan Litmatch. Seperti halnya Tinder, Avatar yang dipasang bukan foto milik sendiri atau info profil dilebih-lebihkan agar lawan jenis tertarik.

Disamping itu, melalui fitur Grup Chat, tak sedikit pengguna yang melewati batas dengan obrolan toxic dan menjurus ke arah pornografi. Ini mungkin yang memunculkan narasi aplikasi Litmatch berbahaya.

Untuk soal keamanan data, sepertinya Litmatch cukup aman, tapi semua tergantung pilihan kamu. Kalau ingin merasakan sensasi berbeda dari Instagram atau Twitter, tak ada salahnya mencoba Litmatch.

Setelah beberapa hari mencoba dan merasa Litmatch bahaya untuk mental kamu, tinggal hapus saja data profil dan uninstall aplikasinya. Simpel, kan?

Nah, sudah terjawab apakah aplikasi Litmach bahaya? Sebenarnya semua media sosial berpotensi membahayakan pengguna. Bukan dari segi keamanan, melainkan pergaulan dan postingan negatif yang tidak layak dilihat.