Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka - Media layanan penyedia video seperti Youtube memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam mengakses hingga meng-upload video yang diproduksi sendiri.

Pengguna dapat memasang media ini ke perangkat ponsel untuk melakukan pengunduhan video dimana fitur ini memberikan akses kepada penggunanya untuk mengakses video offline.

Adapun beberapa penyebab kenapa video offline Youtube tidak bisa dibuka yang perlu diketahui adalah sebagai berikut. Simak sampai tuntas, ya!

Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka

1.  Mengubah File Penyimpanan Unduhan

Penyebab pertama video Youtube tidak bisa ditonton secara offline adalah karena lokasi penyimpanan unduhan berubah.

Pada saat pengguna mengunduh video dari Youtube, biasanya lokasi penyimpanan sudah ditentukan, baik secara otomatis dari Youtube maupun dari pengguna sendiri.

Namun, apabila pengguna secara sengaja atau tidak sengaja mengubah pengaturan ini, maka video yang telah tersimpan sebelumnya akan terhapus.

Hal ini mengakibatkan video Youtube tidak bisa dibuka dan ditonton secara offline.

2. Pengaturan Video Diubah

Salah satu keistimewaan dari pemilik video atau pengunggah video adalah bisa bebas melakukan pengaturan, baik dari tampilan maupun privasi.

Jika pemilik video memberikan akses privasi pada videonya, maka viewer bisa menyimpan video untuk nantinya ditonton secara offline. Namun, perlu diingat bahwa pengaturan privasi ini bisa diubah sewaktu-waktu.

Apabila pemilik memutuskan untuk mengubah pengaturan privasi, maka video yang tadinya bisa ditonton secara offline tidak akan bisa diputar saat tidak ada jaringan.

Satu-satunya cara untuk membuka video yang telah diubah pengaturannya tadi adalah dengan menghubungkan perangkat pada internet.

3. Banyaknya File Cache

Penyebab video offline Youtube tidak bisa dibuka selanjutnya adalah karena cache. Setiap aplikasi menghasilkan file cache atau sampah apabila pengguna telah berhasil mengakses aplikasi tersebut selama beberapa waktu.

Bukan hanya file cache saja yang akan dihasilkan dari aplikasi tersebut tetapi data unduhan yang telah diakses juga akan tersimpan pada perangkat secara otomatis.

Hal ini dapat menyebabkan kapasitas aplikasi bertambah dan menurunkan performa dari aplikasi tersebut.

Adapun solusi yang untuk menghindari hal ini adalah dengan menghapus file tersebut secara rutin. Pengguna juga dapat menghapus langsung atau memasang pihak ketiga agar dapat dilakukan secara otomatis.

Dengan melakukan penghapusan cache dan data secara rutin, pengguna dapat mengakses media tersebut dengan lancar tanpa gangguan.

Tips ini akan sangat membantu bagi pengguna yang menyimpan file offline dari media seperti Youtube.

4. Memori RAM Perangkat Hampir Penuh

RAM yang terpasang pada perangkat seperti ponsel memiliki peran yang sangat berpengaruh untuk performa aplikasi yang terpasang pada perangkat tersebut.

Apabila komponen ini bermasalah, seperti kapasitas yang hampir penuh, seringkali menyebabkan performa ponsel menjadi lambat dan mengalami masalah saat diakses pengguna.

Masalah seperti ini juga bisa berdampak pada berbagai aktivitas yang dilakukan pengguna dalam mengakses unduhan offline dari media Youtube.

Kapasitas RAM harus memiliki space agar pengguna leluasa mengakses media ini.

5. Aplikasi yang Belum Diperbarui

Masalah dari sebuah aplikasi dapat disebabkan berbagai hal, salah satunya dimana pengguna belum melakukan update atau pembaruan dari unduhan yang dipasang pada perangkat.

Pada aplikasi Youtube pembaruan yang tidak kunjung dilakukan bisa menyebabkan berbagai masalah.

Pembaruan seperti ini dapat menjadi penyebab kenapa video offline Youtube tidak bisa dibuka sehingga pengguna harus rutin memeriksa update dan melakukan pembaruan tersebut.

Adanya pembaruan ini juga akan membantu pengguna memperbaiki bug yang dapat muncul dari media yang digunakan.

Penutup

Aplikasi yang sudah memiliki jutaan pengguna ini memang sangat cocok digunakan untuk menghabiskan waktu senggang dengan menikmati berbagai sajian video menarik.

Beragam pilihan kategori video tersedia dapat diakses dengan mudah dan pengguna juga bebas mengakses dengan jaringan ataupun secara offline.

Itulah beberapa penyebab kenapa video offline Youtube tidak bisa dibuka serta solusi yang akan membantu untuk memperbaiki kendala tersebut.