5 Lagu Jazz Barat Terpopuler yang Enak Didengarkan di Tahun 2024

lagu jazz barat

Jazz merupakan jenis aliran musik yang dimainkan dengan gaya swing. Perkembangan musik jazz dapat dikatakan sangat pesat, bahkan kini telah tersebar hingga ke berbagai negara di belahan dunia.

Dari muda sampai tua, musik jazz selalu jadi candu yang tak lekang oleh waktu. Bahkan, di banyak negara komunitas penggemar musik jazz lumayan sering menyelenggarakan festival dengan mengundang band atau musisi jazz.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan genre musik yang satu ini, berikut deretan lagu jazz barat terpopuler yang enak didengarkan.

Daftar Lagu Jazz Barat Terpopuler

1. Kind of Blue

Lagu Kind of Blue yang dinyanyikan oleh Miles Davis menjadi salah satu lagu jazz barat terpopuler sepanjang masa.

Miles Davis sendiri merupakan musisi jazz paling baik di dunia yang selalu berhasil membawakan karya-karya yang fenomenal. Jadi, tidak heran lagi jika lagu yang dinyanyikan oleh Mile Davis banyak digemari.

Kind of Blue terdengar enak didengarkan, karena memiliki tempo yang lembut dan mampu mempengaruhi perasaan pendengarnya.

Selain itu, lagu Kind of Blue juga dikombinasikan dengan pada beberapa titik yang menambah kesan apik. Lagu ini, digarap Miles Davis dengan kesungguhan khusus dan dirilis pada tahun 1959.

2. Summertime

Lagu Summertime dinyanyikan duet antara Ella Fitzgerald dan Louis Armstrong, dimana keduanya dinobatkan menjadi power couple dalam aliran musik jazz.

Kedua penyanyi tersebut juga tampak terlibat dalam penulisan lagu jazz bersama. Biasanya, lagu yang dibuat dengan memperlihatkan sisi humor tidak banyak diketahui oleh penggemar musik jazz.

Lagu Summertime menggambarkan rasa ceria dan bahagia yang sukses membuat pendengarnya jatuh cinta saat mendengarkannya.

Seringkali, lagu Summertime juga banyak dibawakan ulang oleh musisi-musisi barat ternama lainnya. Lagu ini juga cukup unik, karena pada beberapa bagian narasinya disisipkan celetukan khas Ella Fitzgerald.

3. Rainbow in Your Eyes

Lagu Rainbow in Your Eyes dinyanyikan oleh musisi bernama Al Jarreau yang terkenal dengan improvisasinya yang luar biasa bagus. Selain itu, Al Jarreau juga dianggap sering bernyanyi dengan vokal yang sopan, sehingga lagunya enak didengarkan.

Penyanyi tersebut, handal dalam memainkan instrumen musik miliknya dengan cara yang elegan dan sangat menyenangkan.

Bagi Al Jarreau, bermain musik tidak menjadi prioritas utama dalam hidupnya dan hanya dijadikan sebagai hiburan saja.

Musisi yang satu ini, pernah menekuni profesi sebagai konselor, yang mana menyembuhkan orang lain adalah prioritas utama nya. Dalam lagu Rainbow in Your Eyes pun, Al Jarreau menyisipkan pesan yang memberikan energi positif.

4. Ain’t Misbehavin

Ain’t Misbehavin dibawakan oleh Fast Waller yang merupakan penyanyi handal yang khas dengan iringan tuts piano yang dimainkannya.

Lagu Ain’t Misbehavin banyak diminati, karena dalam lirik lagu tersebut mempunyai jenaka. Ain’t Misbahavian pasti sudah tidak terdengar asing bagi penggemar muasik jazz.

Lagu Ain’t Misbehavin populer dengan komposisi musiknya yang menggugah, sehingga orang yang mendengarkannya terpikat. Hal ini sangat wajar, karena Fast Waller memang paling bisa membawakan lagu dengan cara yang menarik.

5. Out of Nowhere

Yang terakhir, ada lagu dengan judul Out of Nowhere yang dinyanyikan oleh Charlie Parker. Lagu Out of Nowhere terdengar sangat menarik perhatian penggemar musik jazz.

Musisi Charlie Parker juga merupakan seorang pionir yang banyak memainkan alto-saxophone dalam aliran musik jazz.

Penyanyi lagu Out of Nowhere ini terkenal dengan cara bermainnya yang cepat dan banyak melakukan improvisasi dalam memainkan setiap musik. Selain itu, Charlie Parker selalu berhasil menulis lagu yang inovatif disertai harmoni yang indah.

Itulah lagu jazz barat terpopuler yang enak didengarkan baik saat bekerja maupun sedang bersantai. Bahkan, lagu tersebut dan beberapa lagu jazz lainnya juga dapat menjadi inspirasi seseorang setelah selesai mendengarkannya.