5 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang Harus Diketahui Pengguna

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

TikTok Lite diluncurkan guna memenuhi minat masyarakat terhadap aplikasi TikTok tetapi tidak didukung perangkat yang mumpuni. Meski dirilis oleh pengembang dan nama yang sama, tetapi ada beberapa perbedaan TikTok dan TikTok Lite.

Kehadiran media sosial baru selalu fenomenal karena merubah kebiasaan yang sebelumnya ada, begitu pula dengan TikTok ataupun TikTok Lite.

Jika sebelumnya pengguna media sosial hanya dapat membagikan konten dalam bentuk tulisan, aplikasi ini menuntut penggunanya untuk mengunggah dalam bentuk video.

Dengan isi yang hampir sama, bahkan logo serupa, tak banyak yang tahu jika kedua aplikasi ini serupa tapi tak sama. Berikut beberapa perbedaan TikTok dan TikTok Lite.

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

1. Ukuran File

Pada saat mengunduh TikTok dari Play Store, aplikasi ini memiliki kapasitas download 75 MB, sedangkan TikTok Lite kapasitas unduhannya hanya 21 MB. Ketika TikTok berhasil dipasang, aplikasi ini memakai ruang memori sebesar 300 MB.

TikTok Lite hanya memakan ruang penyimpanan sebanyak 182 MB, lebih kecil dan lebih ringan dari ukuran regulernya. 

2. Tampilan

Sekilas kedua aplikasi ini tampak sama tetepi ada perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang akan terlihat jika diperhatikan lebih seksama.

Aplikasi TikTok bernuansa gelap dengan warna hitamnya yang kontras dengan lambang TikTok, sedangkan TikTok Lite lebih didominasi warna putih yang lebih terang. 

User Interface atau desain tampilan keduanya sama-sama memiliki 5 menu yang sama yaitu Home, Discover (Search), Upload, Inbox dan Profile.

Hanya saja lambang inbox pada aplikasi TikTok regular berupa gambar amplop, sedangkan pada TikTok Lite berupa gambar petir.

3. Durasi

Pengguna aplikasi TikTok reguler dapat mengunggah konten dalam bentuk video dengan durasi sampai tiga menit.  Durasi maksimal video yang dapat direkam oleh pengguna TikTok Lite hanya lima belas detik.

Dengan kondisi seperti ini, tidak semua konten dalam TikTok reguler dapat ditonton di aplikasi TikTok Lite. 

Dengan adanya perbedaan durasi ini, pemilik ponsel dapat menentukan apa yang harus diinstal berdasarkan kebiasaannya menggunakan aplikasi. Jika sekedar ingin menikmati video saja, maka TikTok Lite sudah cukup.

Namun, jika ingin menjadi content creator TikTok juga selain penikmat video, memiliki TikTok adalah pilihan yang tepat.

4. Fitur yang Dipangkas

Tidak dapat dihindari ukuran file yang kecil menjadi penyebab adanya perbedaan TikTok dan TikTok Lite. Beberapa fitur yang ada dalam TikTok reguler tidak dapat disematkan pada TikTok Lite. Fitur yang tidak ada itu adalah:

  • Tidak bisa menambah akun, TikTok Lite hanya dapat memakai satu akun saja, sedangkan TikTok dapat lebih dari satu akun.
  • Banyak pengaturan yang tidak ada, TikTok Lite tidak dilengkapi dengan Balance, TikCode, Share Profile, Content Preference, Digital Wellbeing, Family Pairing dan Accessibility.
  • Terbatasnya menu Edit Profile, pada TikTok reguler tersedia menu Change Video, Add Instagram to your profile, Add YouTube to your profile dan Add Twitter to your profile.
  • Tidak ada fitur template, fitur ini hanya ada di TikTok di bagian bawah kamera.
  • Fitur efek yang sedikit, jika dibandingkan dengan TikTok reguler, efek yang tersedia di TikTok Lite lebih sedikit.

5. Dapat Menghasilkan Uang

Sejak resmi diluncurkan di Indonesia, TikTok telah memikat pemakainya bukan saja karena ukuran filenya yang lebih kecil tetapi aplikasi ini diklaim dapat menghasilkan uang.

Besarnya uang yang mungkin didapatkan hingga Rp.300.000,- per hari apabila dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Jika mau, silahkan masukkan kode undangan TikTok Ori ini: GB62PLSTNPYY4 dan dapatkan bonus.

Adanya perbedaan TikTok dan TikTok Lite tentu tidak dapat dihindari karena disesuaikan dengan kebutuhan. Aplikasi mana yang akan dipasang, tergantung pada tujuan Anda. Apa pun itu, bijak dalam membuat dan memilih konten tentu yang utama.
Shopee