5 Lagu Barat Tentang Kesehatan Mental Terpopuler Sepanjang Masa

lagu tentang kesehatan mental

Mengatasi mood yang rusak dapat dilakukan dengan beraneka jalan, salah satunya ialah dengan mendengarkan musik melalui perangkat laptop, smartphone, maupun radio.

Bagi pecinta lagu barat, ada banyak sekali referensi lagu barat tentang kesehatan mental yang dapat didengarkan.  Lagu-lagu tersebut bahkan tidak hanya sekedar nyaman didengar namun juga membuat pendengarnya merenung dalam.

Layaknya lagu-lagu populer tentang kesehatan mental yang banyak diputar oleh penggemar pada ulasan berikut.

Daftar Lagu Barat Tentang Kesehatan Mental

1. Welcome To My Life

Sebagai awalan, ada lagu dari Simple Plan yang total jumlah tontonannya di YouTube telah mencapai 100 juta penonton. Lagu ini menceritakan tentang masalah yang dialami seseorang ketika mengalami kejadian yang umum dirasakan oleh orang-orang. 

Yakni ketika seseorang tidak didengarkan perkataannya oleh orang di sekitarnya. Baik itu teman, sahabat, maupun keluarga sendiri.Sehingga terhempas dalam perenungan yang mendalam. 

Meskipun masuk ke dalam kategori rock, melodinya terkesan santai dan nyaman untuk didengar pada saat lagi sendirian. Liriknya juga cocok untuk mengungkapkan bagaimana perasaan ketika tidak memiliki orang untuk diajak bicara.

2. I'm So Tired

Pada daftar kedua lagu barat tentang kesehatan mental ada I'm So Tired dari The Beatles. Masih dalam genre yang sama, legend dalam dunia musik rock, The Beatles membawakan sebuah lagu dengan album bertajuk nama band itu sendiri, yakni The Beatles juga. 

Mengisahkan tentang seseorang yang menghadapi masalah dalam rumitnya hubungan percintaan. Hingga mengakibatkan dirinya mengalami insomnia parah selama beberapa hari belakangan, yang mendasarinya untuk menulis lagu bagi bandnya.

3. Warrior

Pemilik dari lagu terkenal Heart Attack juga masuk dalam daftar ini, dengan mempersembahkan sebuah lagu berjudul Warrior. Menceritakan tentang pengalaman orang yang memiliki gangguan psikologi atau penyakit Bipolar.

Penyakit tersebut membuatnya menderita masalah kecemasan selama beberapa lama. Mulai dari makan yang jadi tidak rutin, tidur yang sering bangun karena alasan tidak jelas, dan umumnya ketika menghadapi ketakutan berlebih akan sesuatu.

Demi Lovato menunjukkan sisi lain dari hidupnya yang dikelilingi gemerlap kemewahan berlebih, tapi memiliki masalah juga pada psikologisnya. Sehingga membuatnya menderita tekanan akibat penyakit tersebut.

Meskipun begitu, Demi tetap kuat berjuang melawan penyakitnya dan juga mendorong orang lain dengan penyakit sama untuk memberi semangat. Agar para penderita lainnya terus bangkit dalam menghadapi cobaan serupa.

4. Lagu Six Degrees Of Inner Turbulence

Selain Demi Lovato ada juga penyanyi lainnya yang menciptakan sebuah lagu untuk memberi semangat pada penderita penyakit psikologis yakni dari grup band musik Dream Theater. Dengan lagunya yang berjudul Six Degrees Of Inner Turbulence.

Mengisahkan bagaimana perjuangan enam orang dengan penyakit psikologis yang berbeda. Yakni ada bipolar seperti sebelumnya, skizofrenia, postpartum, stress pasca trauma, gangguan identitas disosiatif, dan autisme. 

Lagu ini benar-benar menggetarkan artinya, di mana pendengar akan meresapi bagaimana perasaan keenam orang tersebut. Terutama saat terus bertahan melawan penyakit yang dihadapi masing-masing.

5. Wake Me Up When September Ends

Sebagai penutup dari daftar ini ada Wake Me Up When September Ends, yang dinyanyikan oleh band music Green Day. Lagu ini juga ditulis oleh salah satu anggota grup tersebut yakni sang vokalis bernama Armstrong.

Ceritanya dimulai dari sepeninggal sang ayah, yang membuatnya mengalami depresi parah hingga akhirnya mengurung dirinya sendiri dari dunia luar. Akibat rasa cintanya kepada orang yang disayanginya tersebut.

Meskipun video musiknya berbeda dengan apa yang disampaikan Armstrong ketika menulis liriknya. Di mana jika dilihat dalam musik videonya, maka menampilkan sebuah pasangan yang berpisah satu sama lain karena perang yang terjadi.

Itulah rekomendasi lagu barat tentang kesehatan mental yang dapat disajikan. Lagu-lagu tersebut tidak hanya punya musikalitas indah, namun juga punya cerita di baliknya yang penuh makna. Sehingga sangat tepat untuk menemani sejenak, di kala lelah dengan dunia!
Shopee