2 Cara Aktifkan Dark Mode di Instagram, Mudah dan Praktis!

cara aktifkan fitur dark mode di instagram

Cara Aktifkan Dark Mode IG 
– Dalam beberapa tahun terakhir, banyak aplikasi telah menerapkan fitur dark mode atau mode malam. Bukan hanya berguna untuk menghindari ketegangan mata, juga memberi opsi berbeda pada tampilan aplikasi.

Baru-baru ini, Instagram juga menawarkan fitur dark mode yang dapat diaktifkan pengguna jika merasa light mode atau mode terang kurang menarik.

Jika Anda penasaran bagaimana cara mengaktifkan dark mode Instagram di hp Android dan iPhone, berikut panduan lengkap yang bisa Anda ikuti.

Namun, mau mode gelap ataupun terang, akan sangat berfaedah bila Anda memiliki feed Instagram yang aesthetic, kan? Nah, Anda bisa menggunakan aplikasi pengatur feed Instagram untuk melakukan hal itu.

HP yang Mendukung Fitur Dark Mode Instagram

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, penting untuk mengetahui apakah hp Anda mendukung untuk mengaktifkan mode gelap di Instagram.

Seperti yang Ngelirik.com sebutkan, di iOS belum menawarkan mode gelap pada update IG terbaru.

Sebagai gantinya, pengguna bisa mengaktifkan pada pengaturan perangkat menyesuaikan skema warna yang ada. Namun, di Android mode gelap IG sudah tersedia di aplikasi versi terbaru.

Saat ini, hanya hp iOS versi 13 atau yang terbaru dan Android 9 ke atas yang menawarkan opsi untuk menggunakan tema dark mode di seluruh sistem.

Jika hp Anda berjalan di sistem operasi versi lawas, kemungkinan dark mode IG tidak bisa diaktifkan.

Jika hp yang Anda gunakan memenuhi syarat pada penjelasan di atas, silahkan lanjut baca ulasan cara aktifkan dark mode di Instagram ini sampai tuntas, ya!

Cara Aktifkan Fitur Dark Mode Instagram Android

Cara mengaktifkan dark mode Instagram di hp Android sangatlah mudah. Anda tinggal membuka aplikasi Instagram, masuk ke menu Setting, dan pilih opsi Dark Mode. Dengan begitu, mode gelap akan aktif secara otomatis.

Cara lain bisa dengan membuka Pengaturan aplikasi di Android lalu ketuk tombol Tampilan. Lalu, buka opsi Dark Mode untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Seperti yang kami sebutkan, ini akan mengubah tampilan aplikasi Instagram secara otomatis. Jika Anda menggunakan versi Android yang tidak mendukung mode gelap, Anda juga dapat mengaktifkan mode gelap Instagram secara langsung.

  • Pertama buka aplikasi Instagram
  • Masuk ke menu Profil
  • Lalu klik garis tiga di bagian atas
  • Kemudian buka Pengaturan
  • Terakhir, buka Theme dan pilih opsi “Dark”

Jika ingin mengembalikan dark mode ke mode biasa, silahkan ikuti langkah-langkah di atas dan pilih opsi Light.

Cara Aktifkan Fitur Dark Mode Instagram iOS

Pada iPhone yang berjalan di sistem operasi iOS 13 atau versi terbaru, cara aktifkan mode gelap Instagram sangat mudah dilakukan. Seperti halnya Android, ada dua cara yang bisa Anda ikut.

Cara pertama untuk mengaktifkan dark mode di Instagram adalah melalui menu Control Center. Anda perlu menggeser jari Anda ke atas dari bagian bawah layar untuk membukanya.

Kemudian, cukup ketuk dan tahan selama beberapa detik ikon brightness. Terakhir, ketuk tombol Dark Mode untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya, tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan.

Cara kedua untuk melakukannya adalah dengan masuk ke Setting iPhone maupun iPad. Kemudian ketuk opsi Display & Brightness.

Setelah itu, Anda hanya perlu memilih Dark Mode untuk mengubah skema warna pada perangkat dan aplikasi Instagram secara bersamaan.

Akhir Kata

Sangat mudah, bukan? Untuk mengembalikan ke tampilan awal, Anda hanya perlu mengulangi langkah-langkah di atas dan pilih mode “Light”.

Jadi, apakah panduan yang Ngelirik.com sampaikan membantu Anda mempelajari cara aktifkan dark mode di Instagram Android dan iOS? Silahkan tulis di komentar kalau langkah-langkah di atas berhasil dengan baik, ya!