11 Situs Musik Tanpa Copyright untuk Video Youtube 2021

Situs Penyedia Musik Tanpa Copyright

Situs Musik Tanpa Copyright
– Saat ini konten video semakin populer dan membutuhkan lagu bebas hak cipta sebagai media untuk membuatnya lebih menarik.

Hal ini dikarenakan konten video dengan musik lebih disukai dan berpeluang mendapatkan banyak penonton.

Seperti yang kita tahu, lagu berhak cipta jika diunggah ke Youtube akan membuat konten jadi dolar kuning atau tidak bisa dimonetisasi.

Jadi, Anda harus menggunakan lagu no copyright agar tetap mendapatkan penghasilan dari konten yang dibuat.

Nah, kali ini Ngelirik.com akan membuat rekomendasi situs penyedia musik tanpa copyright yang bisa Anda gunakan untuk konten Youtube maupun Instagram. Jadi, simak sampai tuntas, ya!

Daftar Situs Penyedia Musik Tanpa Copyright

Singkatnya, copyright merupakan hukum yang punya kendali penuh terhadap suatu karya. Memakai backsound ataupun musik tanpa izin jadi salah satu kebijakan copyright.

Copyright mem-proteksi terhadap pemakaian karya dari penyanyi atau musisi, sehingga siapapun yang memakai karya tersebut tanpa izin bisa dikenakan sanksi, baik administratis bahkan kurungan penjara.

Di sisi lain, guna memperoleh musik serta backsound yang orisinil, kita memerlukan effort lebih, baik dari segi waktu serta perlengkapan yang lumayan menghabiskan banyak uang.

Nah, agar terhindar dari perkara di atas, solusinya Anda bisa memilih musik ataupun backsound yang berlabel “Non Copyright”. Berikut ini beberapa situs penyedia musik tanpa copyright gratis yang bisa Anda kunjungi.

1. NoCopyrightSound (NCS)

Sebenarnya NoCopyrightSound adalah sebuah channel Youtube, namun ini bisa jadi opsi pertama kalau Anda mencari penyedia musik tanpa copyright. Sebab, banyak file lagu yang populer dan dapat digunakan secara bebas.

Selain melalui Youtube, menggunakan lagu dari NCS juga bisa di website ncs.io. Di sana Anda bisa memilih trek audio yang berbeda dan tentunya sangat menarik dicoba.

Meskipun gratis, jangan lupa mencantumkan nama pencipta di setiap deskripsi video, ya!

2. Freesound

Selanjutnya ada FreeSound sebagai situs penyedia musik tanpa hak cipta. Ini termasuk situs yang menawarkan semua kebutuhan pengguna akan musik berkualitas, mulai dari musik yang telah diremix, hingga instrumental.

Selain itu, ada juga efek natural, seperti efek petir, hujan, dan angin.

Untuk cara mendapatkan efek suara atau musik no copyright di Freesound, Anda bisa langsung mengunjungi situsnya di alamat www.freesound.com.

3. Audio Library

Di daftar situs penyedia musik tanpa copyright selanjutnya Anda bisa mencoba Audio Library. Lewat situs  ini Anda bisa memilah musik yang pas menyesuaikan genre maupun kebutuhan video.

Audio Library bukan platform baru untuk kreator yang kerap membuat konten video. Sebagian besar kreator serta Youtuber memakai musik dari Audio Library guna menghasilkan video yang menarik dan enak didengar.

Jika tertarik, Anda dapat mengakses web ini di alamat www.audiolibrary.com dan cuma butuh men-download lagu yang diinginkan. Namun, jangan lupa mencantumkan kredit kepada pencipta atau pemilik lagu tersebut.

4. Bensound

Terlepas dari tiga situs sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan Bensound. Bensound adalah situs web yang menyediakan beberapa backsound musik dan bebas dari hak cipta atau royalty free tanpa perlu berlangganan.

Menariknya, Anda tidak perlu mendaftarkan akun sama sekali. Anda tinggal mencari musik atau audio yang diinginkan, lalu unduh untuk disimpan ke perangkat.

Di situs musik tanpa copyright ini, ada pilihan genre jazz, akustik, hingga rock.

Bensound dapat Anda akses melalui domain www.bensound.com di Android atau PC.

5. Youtube Audio Library

Youtube Audio Library bukan termasuk situs untuk mengunduh musik tanpa hak cipta. Namun, ini merupakan fitur yang dapat Anda akses di Youtube Studio.

Rekomendasi situs penyedia musik tanpa copyright yang satu ini sangat mudah digunakan.

Yang harus Anda lakukan adalah membuka halaman YouTube Studio di akun Anda. Kemudian masuk ke halaman menu audio library dan pilih nama musik yang ingin Anda gunakan.

6. TakeTone

TakeTone didirikan pada tahun 2014 dan masih aktif sampai sekarang. Adapun tujuan pemilik situs ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi setiap pembuat konten agar mereka bisa menghasilkan karya terbaik.

Jika menurut Anda musik sangat berguna untuk video yang dibuat, gunakan sepenuhnya koleksi di TakeTone yang menurut Anda dapat meningkatkan kualitas konten.

Uniknya, situs penyedia musik tanpa hak cipta ini juga punya program afiliasi yang memungkinkan Anda memperoleh penghasilan pasif dengan membiarkan orang mengunduh dan berlangganan musik setiap bulan.

7. Kompoz

Kompoz juga menyediakan berbagai backsound musik tanpa copyright. Anda dapat membuat audio yang disediakan oleh Kompoz sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Untuk menggunakan Kompoz, Anda hanya perlu mendaftarkan akun melalui www.kompoz.com.

Selain menyediakan layanan audio gratis, Kompoz juga menawarkan layanan berbayar dengan koleksi yang lebih lengkap. Selain itu, ada juga fitur-fitur khusus yang disediakan khusus untuk akun berbayar.

8. Jamendo

Jamendi adalah situs penyedia musik tanpa copyright yang menyediakan koleksi musk dari artis independen.

Jadi, Jamendo tidak hanya menyediakan musik tanpa hak cipta, tetapi juga platform bagi para komposer untuk berbagi musik mereka.

Komposer dari seluruh dunia dapat membagikan karya mereka di situs ini sehingga Anda bisa mendapatkan musik gratis di sini dalam berbagai genre dan bahasa.

Anda dapat mengakses musik tanpa copyright terbaik melalu laman www.jamendo.com. Tetapi, meskipun gratis, jangan lupa untuk menyertakan kredit untuk menghargai pemilik musik.

9. Chuki Beats

Chuki Beats adalah kanal YouTube yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan lagu yang dihasilkannya tanpa mengkhawatirkan masalah hak cipta.

Ini termasuk channel yang karya-karyanya sering digunakan Youtuber lain.

Lagu-lagu bebas royalti di Chuki Beats didominasi oleh lagu-lagu hip-hop, lagu-lagu sedih dan emosional, bahkan lagu-lagu instrumen lembut. Tertarik dengan channel Youtube musik tanpa copyright ini?

10. Neffex

Tak jauh berbeda dari Chuki Beats, Neffek adalah sebuah channel Youtube dari musisi rapper dan EDM yang selalu menghadirkan musik gratis tanpa copyright.

Bahkan, sebagian besar musik mereka sudah ditonton puluhan juta kali, salah satunya “Fight Back”.

11. Epidemic Sounds

Epidemic Sounds termasuk situs musik gratis tanpa copyright yang sudah lama hadir dan membantu banyak creator.

Situs ini didirikan pada tahun 2009 dan sampai sekarang masih jadi andalan karena koleksinya yang sangat lengkap.

Namun sayangnya, Anda hanya dapat menggunakan uji coba gratis dengan waktu terbatas, dan setelah habis akan berlaku biaya langganan.

Jika ingin menggunakan musik dari Epidemic Sounds, silahkan buat akun terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda dapat mengunduh musiknya dan diaplikasikan pada konten yang Anda buat. Tapi, jangan lupa berikan kredit pada pembuat musik di kolom deskripsi, ya!

Akhir Kata

Jadi ada banyak pilihan atau tempat download musik tanpa copyright yang bisa Anda coba. Jika ada situs lain yang belum kami sebutkan, silahkan sampaikan di kolom kontak yang ada di bagian bawah blog ini.

Jadi, itulah ulasan tentang rekomendasi situs penyedia musik tanpa copyright yang dapat Anda andalkan jika ingin membuat konten dengan musik-musik keren.

Akhir kata, sekian yang bisa Ngelirik.com sampaikan. Semoga bermanfaat!