5 Cara Menjadi Staff Administrasi yang Handal, Penting Diketahui!

Pekerjaan sebagai staff administrasi mungkin bukan pekerjaan yang sulit, namun tetap saja membutuhkan keahlian. Selain itu, seorang staff administrasi harus menyiapkan mental dan fisik, serta memiliki pengetahuan mengenai bidang kerja administrasi. 

Secara umum, cara menjadi staff administrasi dapat dipelajari oleh siapa saja. Kegiatan yang dilakukan oleh para administrasi adalah mengarahkan, perencanaan, mengorganisir, dan menyelenggarakan berbagai pekerjaan tertentu. Tentu saja sebelum melakukan beberapa hal tersebut sangat penting untuk memahami segalanya.

Cara Menjadi Staff Administrasi

Tanggung Jawab Staff Administrasi

Staff administrasi memiliki tanggung jawab dan job desc yang diberikan sama namun disesuaikan kebutuhan divisi. Misalnya saja administrasi gudang yang bertugas mencatat dan melakukan pemesanan barang, mencatat barang masuk dan keluar setiap hari, serta menghitung jumlah stok.

Lalu tugas administrasi keuangan yang melakukan penyimpanan dan registrasi surat-surat berharga, membuat laporan keuangan mulai dari mingguan, bulanan dan tahunan, serta melakukan transaksi langsung ke Bank seperti buka rekening, mengurus cek dan giro, pembayaran kepada supplier, distributor dan sebagainya.

Sedangkan administrasi penjualan bertugas membuat catatan alamat klien maupun konsumen, menjalin kerja sama dan melakukan pencatatan ekspedisi yang digunakan, melakukan pencatatan jumlah barang, jumlah unit terjual, jumlah pembayaran diterima, serta mencatat kondisi barang yang dikirim kepada konsumen.

Terakhir tugas administrasi umum adalah mengangkat telepon dari konsumen maupun klien dan meneruskannya ke bagian tertentu sesuai keluhan, menangani keluhan dari konsumen, supplier atau klien lain, melakukan tugas surat menyurat, menyimpan dan merapikan file secara manual maupun computerize, serta memeriksa kondisi peralatan dan memastikannya bekerja dengan baik seperti lampu, AC, mesin fotokopi, ketersediaan kertas dan sebagainya.

Cara Menjadi Staff Administrasi yang Handal

Untuk menjadi seorang staff admin, Anda harus memenuhi berbagai kualifikasi tertentu, umumnya perusahaan akan mencari seseorang dengan nilai plus, bukan hanya dilihat dari kecerdasan namun beberapa hal lainnya.

Berikut ini cara menjadi staff administrasi di perusahaan.

1. Memiliki Dasar Administrasi dan Memahaminya

Hal itu mencakup berbagai arsip, SOP komunikasi melalui telepon, pengaturan dokumen dan berbagai hal yang harus dikuasai dalam bidang admin tersebut. Jika Anda ingin mempelajarinya bisa secara otodidak atau mengikuti berbagai kursus berbayar yang diselenggarakan online maupun offline.

2. Lulusan SMA Maupun Sarjana

Anda tidak perlu khawatir dengan background pendidikan. Sebab, pekerjaan ini bisa dari berbagai jurusan apa saja dan bisa juga dari lulusan SMA. Staff administrasi adalah pekerjaan yang membutuhkan kemauan untuk belajar, karena pekerjaan ini membutuhkan banyak keahlian.

3. Mampu Mengoperasikan Komputer

Cara menjadi staff administrasi selanjutnya adalah mampu mengoperasikan komputer. Hal tersebut menjadi basic untuk semua pekerjaan yang berhubungan dengan komputer.

Umumnya mengoperasikan komputer minimal dapat menjalankan Ms. Office yang dimana didalamnya terdapat Word, Excel, Power Point, dan lainnya. 

4. Disiplin dan Teratur

Disiplin menjadi syarat kerja bagi banyak orang terutama di bidang tersebut. Anda harus mengetahui cara mengatur waktu serta berbagai dokumen.

Di sisi lain, teratur serta terorganisir menjadi faktor penting yang wajib dipahami. Anda harus membuat berbagai jadwal mobilisasi pekerjaan dengan teliti dan teratur. 

5. Mengikuti Kualifikasi

Pengetahuan ini akan sangat membantu Anda dalam merintis karir pada bidang yang diminati. Maka dari itu, sebelum melamar pekerjaan, Anda harus mengetahui kualifikasi, syarat, dan ketentuan apa saja yang dibutuhkan agar bisa bergabung dengan perusahaan tersebut. Selain itu, skill dan keinginan untuk belajar akan menjadi nilai plus saat akan melamar pekerjaan. 

Jika Anda tertarik dengan bidang tersebut, prospek kerja yang bisa didapatkan sangat luas, karena semua perusahaan membutuhkannya. Anda bisa mulai mencari lowongan kerja sebagai staff administrasi di situs pencarian kerja seperti Olx. Terdapat banyak lowongan kerja sebagai staff admin dengan berbagai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.