Lebih Bagus Investasi Perhiasan Emas atau Emas Batangan? Ini Penjelasannya

Seperti yang kita tahu, emas adalah salah satu instrumen investasi yang sangat populer. Banyak orang mempercayakan uangnya untuk dibelikan emas, baik dalam bentuk perhiasan maupun emas batangan.

Alasan kenapa emas jadi investasi paling populer tak lain karena minim risiko dan harganya pun stabil. Contohnya harga emas hari ini yang menyentuh Rp1.350.000, naik jauh dibanding harga 6 bulan lalu.

Ketika berinvestasi emas, kita punya beberapa pilihan yakni investasi dalam bentuk emas batangan atau perhiasan emas seperti kalung, gelang, dan lain sebagainya.

Di luar sana masih banyak investor pemula yang bingung mana yang lebih bagus investasi perhiasan emas atau emas batangan? Nah, artikel ini akan mengulasnya secara lengkap. Yuk simak!

Investasi Perhiasan Emas atau Emas Batangan

Lebih Bagus Investasi Perhiasan Emas atau Emas Batangan?

Dalam berinvestasi, kita harus berpikir jangka panjang. Jangan berharap barang atau instrumen investasi yang dimiliki bisa untung dalam waktu singkat.

Pasalnya, emas adalah instrumen investasi yang kenaikan grafiknya kecil. Berbeda dengan cryptocurrency yang bisa meningkat pesat dalam 1 jam. 

Lantas, di antara perhiasan emas dan emas batangan mana yang lebih menguntungkan?

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari alasan, kebutuhan, dan preferensi kamu pribadi. Tapi, pada intinya dua jenis emas ini sama-sama menguntungkan.

Emas dalam bentuk perhiasan bisa jadi opsi yang bagus karena selain sebagai instrumen investasi, perhiasan juga bisa digunakan sehari-hari.

Namun, emas perhiasan memiliki kekurangan, yakni kemurniannya yang lebih rendah. Karena biasanya emas perhiasan sudah dicampur dengan bahan lain.

Dengan kata lain, nilai investasinya jadi jauh berkurang kalau dibandingkan emas batangan. Belum lagi ada biaya tambahan ketika mau beli atau jual di toko emas.

Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap investasi emas batangan lebih disarankan kalau tujuannya hanya sekedar berinvestasi.

Emas batangan bisa disimpan tanpa khawatir rusak atau nilainya turun. Apalagi sekarang sudah ada investasi emas digital dimana kita bisa mengontrolnya lewat aplikasi.

Berapa Lama Investasi Emas Bisa Untung?

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan investor pemula adalah berapa lama investasi emas bisa untung? Sebenarnya pertanyaan ini sudah dijawab di awal artikel.

Jadi, jangka waktu investasi emas tidak seperti cryptocurrency yang sangat singkat. Supaya kamu memperoleh keuntungan maksimal, setidaknya butuh 1 hingga 10 tahun.

Di atas adalah penjelasan yang bisa jadi patokan bagi investor pemula yang masih bingung dalam memilih jenis investasi emas.

Intinya, lebih bagus investasi perhiasan emas atau emas batangan kembali ke preferensi kamu pribadi. Kalau tujuannya investasi saja, emas batangan adalah pilihan terbaik.