Cara Bisnis Menyediakan Pembayaran Virtual Account dengan Faspay

Akun virtual atau virtual account adalah salah satu metode pembayaran online yang dapat digunakan untuk memudahkan proses transaksi antara pemilik bisnis dan pelanggan.

Untuk menyediakan virtual account dalam bisnis, menggunakan layanan payment gateway bisa menjadi pilihan tepat.

Namun, bagaimana cara bisnis menyediakan pembayaran akun virtual? Mari simak ulasan selengkapnya melalui artikel berikut ini sampai habis. 

Cara Bisnis Menyediakan Pembayaran Virtual Account dengan Faspay

Mengenal Metode Pembayaran dengan Virtual Account

Pada dasarnya, virtual account (VA) atau akun virtual adalah rekening buatan yang disediakan oleh suatu bank secara otomatis. Dalam setiap transaksinya, pelanggan akan mendapatkan satu kode unik yang dikenal dengan virtual account number.

Kehadiran akun virtual telah memudahkan banyak pemilik bisnis untuk bertransaksi dengan pelanggan. Pasalnya, rekening buatan ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara online.

Bahkan, dengan menggunakan virtual account, pelanggan tidak perlu menyimpan bukti dan mengonfirmasi pembayaran setelah selesai bertransaksi.

Kenapa Bisnis Perlu Menyediakan Metode Pembayaran Virtual Account?

Secara umum, menyediakan VA dalam metode pembayaran bisnis bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin operasional bisnis berjalan secara digital, mudah, dan praktis.

Sebab, terdapat beberapa keunggulan virtual account yang sayang dilewatkan bagi para pemilik bisnis, di antaranya sebagai berikut:

1. Identifikasi dengan Kode Unik

Nomor akun virtual secara otomatis dapat mengidentifikasi setiap pembelian, tagihan, dan transaksi lainnya yang sudah dibayar oleh pelanggan.

Lantaran, setiap nomor VA akan berbeda pada setiap transaksi pelanggan, sehingga hal ini bisa meminimalkan risiko terjadinya human error selama proses transaksi.

2. Efisien

Semua proses transaksi yang dilakukan melalui akun virtual dapat dipantau oleh pemilik bisnis melalui dashboard yang tersedia.

Anda tidak perlu repot-repot memastikan pelanggan sudah melakukan transaksi dengan benar atau tidak karena adanya notifikasi yang dikirimkan secara otomatis kepada pemilik bisnis jika pembayaran telah berhasil dilakukan.

Hal ini tentu berbeda dengan transfer bank manual yang biasanya tidak memberikan notifikasi otomatis kepada pemilik bisnis.

3. Menyediakan Pembayaran Sesuai dengan Preferensi Pelanggan

Kini, ada berbagai macam provider dan pihak bank yang mulai mengembangkan teknologi virtual account untuk memudahkan transaksi nasabahnya.

Karena hal tersebut, menyediakan VA pada suatu bisnis tentu dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan untuk memilih metode pembayaran sesuai dengan preferensinya. Dengan begitu, bisnis Anda jadi bisa lebih berkembang.

Cara Menyediakan Pembayaran Virtual Account dengan Faspay

Ingin menyediakan pembayaran virtual account untuk keperluan bisnis Anda? Menggunakan Faspay tentu jadi pilihan tepat!

Faspay merupakan layanan payment gateway yang memungkinkan pemilik bisnis untuk menyediakan metode pembayaran dari berbagai channel, termasuk akun virtual.

Dengan sekali integrasi menggunakan Faspay, pemilik bisnis bisa menyediakan metode pembayaran VA dari berbagai jenis bank di Indonesia.

Mulai dari BCA, Mandiri, BNI, BRI, Permata Bank, BSI, Bank Sinarmas, Danamon, HematPay NeoBank, CIMB NIAGA, hingga BTN tanpa harus melakukan aktivasi di bank tersebut satu per satu.

  • Faspay Business: Produk Faspay ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menyediakan sistem pembayaran online yang disambungkan dengan aplikasi atau website bisnis.
  • Faspay Billing: Pilihan layanan payment gateway untuk bisnis yang belum memiliki website atau aplikasi. Jadi, pemilik bisnis dapat mengirimkan payment link atau invoice online ke pelanggan untuk melakukan pembayaran.
  • Faspay SendMe: Produk Faspay yang bisa memudahkan pemilik bisnis dalam mengirimkan dana secara massal, seperti untuk reimburse, refund, payout, dan lain sebagainya.

Tak perlu khawatir, Faspay sendiri sudah dipercaya oleh lebih dari 5000 bisnis di berbagai sektor industri. Bahkan, beberapa bisnis konvensional, seperti yayasan sekolah dan BPR juga ada yang menggunakan Faspay untuk memudahkan proses transaksi.

Faspay juga menyediakan berbagai fitur yang sangat lengkap dibandingkan dengan payment gateway lain. Payment gateway ini pun juga dilengkapi dengan support partnership yang responsif untuk membantu Anda dalam mengoperasikan perangkat.

Selain virtual account, Faspay juga menyediakan 50+ metode pembayaran, lho, di antaranya adalah e-wallet, QRIS online, pembayaran di gerai ritel, kartu kredit, dan masih banyak lagi.

Jadi, apalagi yang Anda ragukan? Yuk, segera daftarkan bisnis Anda untuk menjadi merchant Faspay dan nikmati kemudahan bertransaksi bersama pelanggan sekarang juga!