6 Tips Melamar Kerja Khusus Pemula, Fresh Graduate Wajib Baca!

Menyandang predikat sebagai fresh graduate terkadang menyulitkan bagi sebagaian orang. Pasalnya, perusahaan sekarang lebih mencari pelamar yang sudah berpengalaman.

Kendati demikian, bukan berarti seorang yang baru lulus sekolah atau kuliah sulit mendapatkan pekerjaan. Dibutuhkan effort yang lebih, terutama saat membuat surat lamaran kerja.

Selain itu, pastikan juga kamu memahami tips melamar kerja untuk fresh graduate. Ada beberapa tips yang sangat penting. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut.

Tips Melamar Kerja Khusus Pemula

Tips Melamar Kerja untuk Pemula

Di dalam dunia kerja, pengalaman adalah hal yang sangat penting. Biasanya, perusahaan mencari calon yang sudah ahli sehingga tak perlu menjalani proses training.

Namun, bagi kamu yang baru lulus tak perlu berkecil hati. Masih banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja khusus fresh graduate.

Berikut tips melamar pekerjaan untuk pemula:

1. Kenali Diri Sendiri

Sebelum melangkah ke dunia karir, penting untuk benar-benar mengenal diri sendiri. Apa kelebihan yang kamu miliki? Bidang apa yang paling kamu nikmati? Bagaimana dengan kekuranganmu?

Ketika sudah tahu sejauh mana kemampuan dan minatmu, proses melamar kerja akan terasa lebih mudah. Berfokus pada kelebihanmu dan cari pekerjaan yang sesuai dengan passion.

2. Buat CV ATS Semenarik Mungkin

CV adalah kunci pertama untuk melamar pekerjaan. Buatlah CV ATS yang singkat namun mencakup informasi penting. Jangan lupa untuk menonjolkan pendidikan, pengalaman, dan keahlian yang relevan.

Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas agar mudah dipahami oleh perekrut. Jika ada proyek atau prestasi yang membanggakan, berani tampilkan!

Untuk membuat CV yang menarik, SuratPlus bisa kamu andalkan. Situs ini menyediakan ragam template yang dapat digunakan secara gratis.

3. Skill & Pengalaman

Di tengah persaingan ketat, memiliki skill tambahan bisa menjadi keunggulanmu. Pelajari keterampilan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu incar.

Ada banyak kursus online atau workshop yang bisa membantu. Tunjukkan kepada perekrut bahwa kamu siap untuk terus belajar dan berkembang.

Selain itu, biasanya anak kuliahan atau SMK pernah melakukan magang. Ini jadi nilai lebih karena pengalaman magang dapat menjadi nilai tambah yang signifikan dalam CV.

4. Manfaatkan Media Digital

Seiring perkembangan teknologi, dunia digital menjadi sarana yang efektif untuk membangun jaringan. Buat profil LinkedIn dan aktiflah di platform sosial lainnya.

Disamping itu, kamu juga bisa bergabung dalam grup atau forum yang sesuai dengan bidang yang kamu minati. Koneksi yang baik bisa membuka pintu-pintu lapangan pekerjaan.

5. Surat Lamaran yang Profesional

Surat lamaranmu adalah cermin dirimu. Jangan sekadar mengulang CV, tetapi ceritakanlah tentang dirimu. Mengapa kamu tertarik dengan perusahaan tersebut? Apa yang membuatmu cocok untuk posisi tersebut?

Kamu wajib menggunakan bahasa yang jelas, sederhana, dan jujur. Buat perekrut merasa bahwa kamu adalah kandidat yang tepat.

6. Latihan Interview

Interview atau wawancara kerja seringkali menjadi momen krusial. Persiapkan dirimu dengan menjawab pertanyaan umum seperti kelebihan, kelemahan, atau alasan memilih perusahaan tersebut.

Latihan dengan teman atau keluarga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, jangan lupa untuk berpakaian rapi dan sopan saat menjalani proses interview.

Tentang SuratPlus dan Kelebihannya

SuratPlus adalah situs generator yang memungkinkan pengguna membuat surat digital. Situs ini menyediakan lebih dari 50 template, mulai dari CV hingga lamaran kerja.

Pengguna bebas mengakses situs ini secara gratis. Namun, beberapa dokumen tertentu akan dikenakan biaya, mulai dari Rp4.000 hingga Rp15.000.

Sementara itu, untuk keamanan kamu tak perlu khawatir. SuratPlus dikembangkan dengan protokol transfer data secure yang terjamin aman.

Lantas, apa kelebihan SuratPlus dibanding situs CV ATS lainnya?

Mudah dan cepat – Situs ini hadir dengan sistem generator otomatis yang mampu membuat surat apapun secara cepat. Kita hanya perlu mengisi data pada kolom terlampir.

Otomatis – Pengguna tak perlu bingung menyusun tampilan karena SuratPlus  sudah tersedia desain, format, dan layout dokumen.

Tanpa aplikasi – Menggunakan semua fitur di SuratPlus tak perlu aplikasi. Kamu tinggal akses lewat website https://suratplus.com.

Selain daftar di atas, situs ini juga memiliki fitur penyimpanan Cloud. Dengan begitu, dokumen yang sudah terbuat akan tersimpan dan bisa diakses kapan saja.

Akses yang mudah juga jadi kelebihan SuratPlus. Selama sudah ada akun, dokumen dapat diakses di semua perangkat, baik mobile ataupun PC.

Akhir Kata

Melamar kerja mungkin terasa menakutkan, tetapi dengan persiapan yang matang dan penerapan tips-tips di atas, kamu akan lebih siap dan percaya diri menghadapi dunia kerja. 

Demikian informasi tentang tips melamar kerja untuk fresh graduate yang waib dipahami. Semoga ulasan di atas bisa membuat kamu cepat dapat pekerjaan yang diimpikan.