6 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Jaringan, Penting Diketahui!

Bagi yang menggunakan hp xiaomi pasti pernah mengalami yang namanya tidak ada layanan jaringan. Hal ini tentu bikin kesal bagi para pengguna hp xiaomi. Oleh sebab itu banyak yang mencari tahu cara mengatasi hp xiaomi tidak ada layanan jaringan.

Dikutip dari teknozla.com, keberadaan layanan jaringan menunjukkan hubungan yang tinggi dalam konteks penggunaan ponsel.

Tanpa adanya layanan ini, ponsel akan kehilangan kemampuan untuk melakukan fungsi dasar seperti menerima panggilan, pesan teks, dan mengakses internet.

Penyebab hilangnya layanan jaringan pada ponsel dapat bedakan menjadi dua penyebab utama, yaitu masalah pada perangkat lunak atau perangkat keras.

Dalam artikel ini, akan mengulas secara lebih rinci terkait masalah ini, terutama yang berkaitan dengan penggunaan ponsel Xiaomi.

Berikut beberapa cara mengatasi hp xiaomi tidak ada layanan jaringan:

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Jaringan

1. Aktifkan Mode Pesawat

Langkah pertama yaitu dengan menghidupkan mode pesawat pada perangkat. Cari opsi mode pesawat di bilah notifikasi ponsel pintar. Aktifkan mode pesawat untuk beberapa saat sebelum kemudian mengaktifkannya kembali.

Dengan langkah ini, layanan operator yang biasanya digunakan akan mengalami restart. Setelah itu mencari kembali jaringan atau layanan baru yang tersedia.

2. Cek Pengaturan APN

Langkah berikutnya dalam menangani tidak ada layanan jaringan pada perangkat Xiaomi adalah dengan memeriksa pengaturan APN di ponsel.

Jika perangkat terhubung ke layanan suatu operator, ponsel seharusnya telah mengkonfigurasi nama titik akses atau APN sesuai dengan operator yang digunakan. Untuk memeriksanya, navigasi lah ke bagian Pengaturan -> SIM Cards & Mobile networks.

Pada umumnya, pada perangkat baru, konfigurasi APN sudah diatur otomatis oleh operator. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan.

Jika tidak menemukan nama titik akses yang sesuai, dapat menghubungi operator yang digunakan untuk informasi lebih lanjut.

3. Cek Kartu SIM dan Konektornya

Cara selanjutnya untuk mengatasi hp xiaomi tidak ada layanan adalah dengan mematikan perangkat ponsel dan memeriksa posisi kartu SIM. Pastikan kartu SIM ditempatkan sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan.

Selanjutnya, perhatikan dengan teliti bagian logam tembaga pada kartu SIM untuk memastikan keadaannya masih baik atau sudah terkelupas.

4. Restart HP Xiaomi

Jika kartu SIM tidak mengalami masalah, langkah berikutnya adalah melakukan restart pada ponsel. Dengan melakukan restart, ponsel akan menginisialisasi ulang semua program yang sudah berjalan sebelumnya.

Jika restart tidak memberikan hasil yang diinginkan, sebaiknya membawa perangkat ke service center Xiaomi terdekat atau layanan perbaikan ponsel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait perangkat lunak maupun perangkat keras.

5. Copot Kartu SIM Dan Pasang Kembali

Untuk mengatasi permasalahan ini, terdapat langkah sederhana yang dapat dicoba. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencopot kartu SIM dari slotnya dan memasang kembali dengan benar.

Penting untuk diingat bahwa pemasangan yang tepat diperlukan agar kartu SIM dapat terbaca dengan baik oleh ponsel Android.

6. Bersihkan Cache

Berikutnya, tindakan yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan layanan yang hilang ialah dengan melakukan pembersihan cache yang tersimpan di dalam perangkat seluler.

Cache merujuk pada data sementara yang disimpan dalam memori dan digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas perangkat seluler.

Contohnya, ketika baru saja membuka aplikasi Instagram, semua data yang diunduh ke perangkat guna menjaga kinerja Instagram tetap lancar termasuk dalam kategori cache.

Namun terkadang akumulasi besar cache di perangkat dapat mengakibatkan gangguan pada fitur lainnya, termasuk layanan yang sedang dicari sebelumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi hp xiaomi tidak ada layanan jaringan dengan mudah. Jika sedang mengalami gangguan layanan seperti ini maka bisa coba 6 cara diatas.