Cara Mengusir Lalat di Peternakan Ayam, Kandang Jadi Bersih!

Usaha ternak ayam memang menguntungkan. Namun, dibutuhkan ketelatenan agar kebersihan kandang ayam terjaga, bebas dari lalat dan bau busuk.

Kandang yang bau jadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan peternak ayam. Terlebih, jika lokasi peternakan berada di pemukiman. Tetangga pasti sering protes.

Meskipun ada banyak manfaat peternakan ayam, baik yang broiler maupun petelur, kalau kita tak pandai mengelolanya, maka akan berdampak buruk pada lingkungan sekitar.

Sehingga, penting bagi semua peternak memahami cara mengusir lalat di kandang ayam. Jadi, bukan sekedar memberi makan saja, kebersihan kandang wajib diperhatikan.

Cara Mengusir Lalat di Peternakan Ayam

Penyebab Kandang Ayam Banyak Lalat

Sebelum lanjut membahas solusinya, kita bahas sedikit tentang alasan kenapa kandang ayam banyak lalat. Secara umum, ini disebabkan oleh kotoran ayam itu sendiri.

Lalat sangat suka dengan lingkungan yang kotor dan bau, apalagi di kandang ternak. Bukan hanya berdampak buruk pada lingkungan, namun juga kesehatan ayam.

Selain itu, kandang ayam banyak lalat juga bisa disebabkan oleh kualitas anak ayam. Anak ayam yang kurang sehat akan menghasilkan kotaran yang lebih bau (mencret).

Intinya, dalam berternak unggas, entah itu ayam ataupun bebek, kita wajib memperhatikan semua aspek, seperti kotoran, kesehatan, hingga kebersihan kandang.

Semua jenis lalat sangat berbahaya karena bisa membawa penyakit. Hal ini akan sangat merugikan karena bisa berpengaruh pada produktivitas ayam.

Cara Mengusir Lalat di Peternakan Ayam

Setelah tahu apa saja hal yang menyebabkan kandang ayam dipenuhi lalat, mungkin kamu sudah dapat gambaran seperti apa solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Kalau masih bingung, simak penjelasan cara mengusir lalat di peternakan ayam berikut ini:

1. Pakai Obat Lalat

Dalam hal membasmi lalat di peternakan, kamu bisa mengandalkan obat lalat yang sudah terbukti ampuh. Pembelian bisa di toko online maupun toko hewan.

Namun, penting dipahami bahwa obat lalat harus diletakkan di tempat khusus. Jauhkan dari jangkauan ayam karena bisa berbahaya kalau sampai termakan.

Biasanya, obat lalat yang banyak digunakan peternak berbentuk serbuk warna merah. Cara kerjanya simpel, serbuk tersebut akan dihinggapi lalat, dan mereka akan mati dalam beberapa menit.

Adapun merk obat anti lalat untuk kandang ayam sebagai berikut:

  • Zhang Pei Zhen
  • Hunter
  • Larvatox
  • Agita
  • Magnet Kill
  • Fly Trap

Semua daftar di atas tersedia di e-commerce maupun toko offline. Tapi yang paling populer adalah Agita, harga yang mahal sebanding dengan kualitasnya.

2. Semprot EM4 dan Desinfektan

Selanjutnya, cara mengusir lalat di peternakan ayam bisa dengan menyemprotkan disinfektan dan EM4. Metode ini wajib dilakukan rutip setiap harinya.

Disintefktan memiliki kandungan deltamethrin yang berfungsi untuk membasi telur-telur lalat. Sementara EM4 bisa menghilangkan bakteri yang dibawa oleh lalat.

Penyemprotan bisa kamu lakukan di tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat, seperti dinding, alat makan, dan botol minum ternak.

3. Jaga Kebersihan Kandang

Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang. Hal ini selain mencegah lalat, juga menjaga kesehatan ternak dari penyakit berbahaya.

Sebisa mungkin kamu harus mencuci kandang, membersihkan kotoran (dikeruk 3 hari sekali), dan mengubur bangkai ayam yang mati.

Akhir Kata

Menjadi seorang peternak ayam broiler maupun petelur memang tidak mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemberian pakan, membersihkan kotoran, dan menjaga kesehatan.

Demikian uraian tentang cara mengusir lalat di peternakan ayam agar lingkungan tetap bersih. Jangan lupa memperhatikan kesehatan ayam dengan memberi vitamin secara rutin.