Inilah Daftar Gaji Digital Marketing Pemula dan Profesional

Di masa seperti sekarang ini tidak sedikit orang yang mulai tertarik untuk menekuni pekerjaan sebagai digital marketing.

Beragam informasi pun banyak dicari, mulai dari peluang di dunia digital marketing hingga gaji digital marketing pemula.

Posisi sebagai digital marketing sendiri banyak diperlukan oleh perusahaan yang mulai go digital. Mengingat saat ini sudah marak pembelian berbagai macam barang yang dilakukan dengan cara online.

Gaji Digital Marketing

Sekilas Tentang Profesi Digital Marketing

Sebelum membahas mengenai besaran gaji digital marketing pemula. Sebaiknya pahami dulu dengan baik gambaran umum dari digital marketing itu sendiri.

Bisa dibilang jika digital marketing merupakan strategi untuk melakukan pemasaran produk melalui internet.

Oleh sebab itulah sejumlah kalangan mengenal istilah ini dengan sebutan internet marketing.

Nantinya orang yang berprofesi sebagai digital marketing mempunyai tujuan untuk memberikan pengaruh kepada pelanggan supaya tertarik dengan penawaran produknya.

Keberadaan dari seorang digital marketing tidak hanya memiliki tugas untuk membuat penjualan menjadi meningkat.

Akan tetapi juga mempunyai tugas untuk memperkenalkan perusahaan yang ditempati lebih dikenal oleh masyarakat secara luas.

Biasanya orang yang tertarik untuk masuk digital marketing akan penasaran dengan gajinya, tidak terkecuali masyarakat Surabaya.

Sehingga alhasil informasi mengenai gaji digital marketing Surabaya pun akan menjadi pertimbangan tersendiri.

Tugas Digital Marketing

Untuk menempati posisi sebagai digital marketing seseorang harus paham tentang tugas digital marketing itu sendiri.

Jangan sampai ingin menjadi seorang digital marketing hanya untuk terlihat keren namun tidak paham tugas yang dimiliki seperti pembahasan berikut:

1. Tugas Umum

Jika dilihat secara umum seorang digital marketing memiliki tugas yang tergolong banyak. Pasalnya seorang digital marketerlah yang akan memegang tanggung jawab atas sejumlah produk yang dikeluarkan perusahaan.

Nantinya digital marketer juga bertugas meningkatkan brand awareness. Mulai dari segi pembangunan, memperbaiki sampai dengan visibilitas.

2. Tugas Berdasarkan Jenis Pekerjaan

Gaji digital marketing pemula juga bisa dipengaruhi oleh jenis pekerjaan yang dimiliki. Mengingat tugas yang dimiliki oleh jenis pekerjaan tertentu akan berbeda dengan jenis pekerjaan lain sebagaimana penjelasan berikut:

  • Sosial media marketing memiliki tugas untuk menjangkau pelanggan melalui layanan sosial media.
  • Pengiklan ads memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan iklan yang akan diterbitkan pada kanal online.
  • Content marketing memiliki tugas untuk menyuguhkan berbagai macan informasi mengenai suatu produk pada pelanggan.
  • SEO memiliki tugas mengelola website dipakai sebagai media untuk meningkatkan brand awareness.

Gaji Digital Marketing

Bagi yang ingin mengetahui kisaran gaji digital marketing pemula bisa dilihat dari dua jenis hal. Yang pertama bisa dilihat dari jenis pekerjaan sedangkan yang kedua bisa dilihat dari level kerja seperti pembahasan berikut:

1. Gaji Digital Marketing Dilihat dari Jenis Pekerjaan

Gaji marketing pemula memang banyak dicari untuk tolak ukur bagi orang yang akan menempati posisi tersebut.

Besaran nominal gaji jika dilihat dari jenis pekerjaan memang tidak sama. Lebih jelasnya, berikut rincian gaji profesi digital marketing:

  • Content strategist besaran gaji marketing fresh graduate maupun profesional sekitar 5 smapai dengan 6 juta rupiah per 1 bulannya.
  • E-commerce specialist memiliki kisaran gaji sebesar 6 juta per satu bulannya bagi pemula. Sedangkan bagi yang sudah berpengalaman bisa memperoleh gaji 8 juta rupiah 1 bulannya.
  • Content marketing manager besaran gaji digital marketing junior maupun profesional sekitar 11 sampai dengan 13 juta rupiah sebulan.
  • Digital marketing analyst mempunyai kisaran gaji sebesar 10 juta lebih sebagaimana performa yang dimiliki.
  • SEO specialist mempunyai kisaran gaji digital marketing freelance antara 7 sampai dengan 9 juta rupiah sebulan.

2. Gaji Digital Marketing Dilihat dari Level Kerjanya

Secara umum ada beberapa level kerja yang dapat mempengaruhi besar kecilnya gaji digital marketing pemula.

Oleh sebab itu biasanya seorang digital marketer yang masih level awal gajinya tak sebesar yang sudah ada di level senior seperti pembahasan berikut:

  • Level staff atau biasa disebut dengan entry level memiliki kisaran gaji 5 sampi dengan 8 juta rupiah sebulan. Nominal ini bisa juga dipengaruhi oleh besar kecilnya suatu perusahaan. Contoh posisinya seperti copywriter, content writer dan yang lainnya. 
  • Level mid atau yang biasa disebut dengan digital marketing specialist memiliki kisaran gaji digital strategist antara 8 sampai dengan 11 juta setiap bulannya. Contohnya seperti SEO specialist, sosial media specialist dan lainnya. 
  • Level senior atau yang sering disebut dengan digital marketing manager memiliki kisaran gaji manager digital marketing antara 12 sampai dengan 18 juta rupiah per 1 bulannya. Contohnya seperti content manager, sosial media manager dan seterusnya.

Penutup

Itu tadi pembahasan mengenai besaran gaji digital marketing pemula. Selain gaji, tugas juga menjadi faktor pertimbangan ketika seseorang sedang mencari pekerjaan. Oleh sebab itu perhatikan seluruh aspek saat akan mengambil profesi tertentu, termasuk digital marketing.