7 Tips Interview Kerja yang Benar, Pencaker Merapat!

Proses pencaker sebelum masuk ke dunia kerja dimulai dari memasukkan lamaran, dipanggil, dan melewati tahap interview atau wawancara kerja.

Interview kerja adalah kegiatan yang paling bikin deg-degan, terutama bagi fresh graduate. Terkadang, kita khawatir dengan pertanyaan dari HRD.

Kendati demikian, wawancara dalam dunia kerja bukan sesuatu yang mengerikan. Ada banyak tips interview kerja yang bisa dipelajari agar lolos dan diterima perusahaan.

Tips Interview Kerja yang Benar
Image: simplilearn.com

Tips Interview Kerja yang Benar

Selamat karena kamu sudah mendapatkan jadwal interview. Sekarang saatnya mempersiapkan segala sesuatu guna memastikan interview berjalan lancar dan memberikan kesan terbaik.

Jangan sampai kesempatan ini lewat begitu saja, apalagi sekarang lowongan kerja Indonesia cukup jarang dan kalau pun ada butuh persyaratan yang rumit.

Kalau masih bingung, berikut beberapa tips interview kerja agar menarik perhatian HRD:

1. Datang On Time

Hal pertama yang WAJIB diperhatikan adalah datang tepat waktu. Ini sangat penting karena akan memberikan kesan awal yang baik kepada perusahaan.

Misalnya interview direncanakan jam 08.00 WIB, sebaiknya kamu datang ke tempat interview lebih awal atau 20 menit sebelum dimulai.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui lokasi perusahaan. Kamu bisa mencari tahu lewat Google Maps atau cek lokasi pasti di hari sebelumnya.

2. Kenakan Pakaian Rapi dan Sopan

Selanjutnya, tips interview kerja yang tak kalah penting adalah mengenakan pakaian yang rapi. Bukan sekedar rapi, namun juga sopan agar terlihat profesional.

Berpakaian rapi dan sopan akan memberikan kesan yang baik bagi HRD. Sebaliknya, pencaker yang berpakaian “nyeleneh” sudah pasti akan gagal.

3. Pelajari Hal Umum Tentang Interview

Kebanyakan HRD perusahaan selalu melontarkan pertanyaan “template”. Ini sebenarnya akan memudahkan karena bisa jadi contekan bagi pelamar kerja.

Umumnya, pertanyaan dari HRD sebagai berikut:

1. Tolong ceritakan tentang diri kamu?
2. Sebuthkan beberapa kelebihan dan kekurangan diri kamu?
3. Dari mana tahu perusahaan ini membuka lowongan kerja?
4. Kenapa tertarik melamar di perusahaan ini?
5. Apakah kamu mampu bekerja di bawah tekanan?
6. Sudah ada rencana dalam beberapa tahun ke depan?
7. Apa yang membuat kamu berpikir layak bekerja di perusahaan ini?

Nah, kalau sudah tahu pertanyaan-pertanyaan seputar interview kerja, kamu bisa langsung pelajari jawaban yang tepat agar HRD merasa puas.

4. Riset Perusahaan

Selanjutnya, kamu juga harus melakukan riset. Sebab, memahami informasi penting tentang perusahaan akan membuat kita lebih percaya diri menjawab setiap pertanyaan.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuka website resmi perusahaan atau akun media sosial. Cari tahu profil, CEO, hingga visi misi perusahaan.

5. Latihan di Depan Cermin

Banyak orang yang gugup ketika berbicara, apalagi dengan lawan jenis. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa latihan interview di depan cermin.

Konsepnya mungkin sama persis seperti latihan nembak gebetan. Saat bicara, gunakan bahasa yang baik, dan perhatikan juga tatapan mata, gestur tubuh, dan lain sebagainya.

6. Tampilkan Kesan yang Baik

Seperti ulasan awal, kesan yang baik menjadi bagian tips interview kerja paling penting. Ketika pertama datang ke perusahaan, perhatikan semua hal termasuk pakaian dan cara bicara.

Selain itu, gestur tubuh juga harus baik, jangan berjalan seperti orang hebat. Apapun posisi yang sedang kamu lamar, selalu merendah di hadapan semua orang, bukan HRD saja.

7. Kasih Pertanyaan ke HRD

Terakhir, tips interview kerja yang satu ini juga tak boleh dilewatkan. Setelah semua proses berakhir, kamu harus memberikan pertanyaan kepada HRD.

Karena biasanya, di akhir interview HRD atau perekrut akan melontarkan pertanyaan tambahan, “Apa ada pertanyaan lain?”. Jangan jawab “Tidak ada”, ya!

Sebaiknya, kasih satu atau dua pertanyaan, contoh “Apa saja kriteria pekerja yang dicari di perusahaan ini?” atau “Budaya kerja di perusahaan ini seperti apa?”.

Akhir Kata

Untuk mempermudah persaingan di dunia kerja, beberapa tips di atas wajib banget diketahui. Jangan buang kesempatan berharga ini dengan menyepelekan tahapan interview.

Demikian ulasan tentang tips interview kerja yang benar agar lolos dan diterima. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai minat.