Kenapa WA GB Tidak Bisa Menerima Pesan? Cek Penyebabnya

Whatsapp GB tidak bisa menerima pesan jadi salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna. Sehingga, banyak keluhan masuk di media sosial atau pencarian Google.

Seperti yang kita tahu, WA GB adalah aplikasi chatting yang sudah modifikasi. Rangkaian fitur dan tampilannya jauh berbeda dari Whatsapp versi Playstore.

Berbekal fitur menarik, tak heran WA GB jadi pilihan banyak orang. Apalagi, cara daftar dan penggunaannya tak jauh berbeda dari versi original.

Nah, kalau kamu sedang bingung kenapa WA GB tidak bisa menerima pesan, artikel berikut akan mengulas lengkap penyebab dan cara mengatasinya. Yuk simak!

WA GB Tidak Bisa Menerima Pesan

Penyebab WA GB Tidak Bisa Menerima Pesan

Meskipun WA GB sangat populer, aplikasi ini hadir bukan sebagai aplikasi resmi. Jadi, sangat wajar bisa terjadi error ataupun gagal mengirim dan menerima pesan.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir. Pihak pengembang sudah menyiasati masalah tersebut dengan solusi terbaik.

Dikutip dari Homecare24, berikut beberapa penyebab WA GB tidak bisa menerima pesan:

  • Aplikasi WA GB masih versi lama
  • Terjadi gangguan pada jaringan internet
  • Nomor hp yang digunakan diblokir
  • Memori perangkat penuh
  • Menumpuknya cache data
  • Perangkat terkena virus

Jika kamu mengalami poin-poin di atas, tak sulit untuk mengatasi kendala tersebut. Tapi, kalau masih bingung, admin punya solusi yang mudah dan terbukti ampuh.

Cara Mengatasi WA GB Tidak Bisa Menerima Pesan

Setiap masalah pada aplikasi mobile pasti ada jalan keluarnya. Tak terkecuali GB Whatsapp yang memang banyak dipakai oleh semua kalangan.

Apabila kamu menggunakan WA GB dan mengalami masalah pesan yang tidak terkirim, cukup lakukan beberapa tips mudah berikut.

1. Restart HP

Cara pertama adalah melakukan restart atau memulai ulang perangkat. Silakan tekan tombol Power agak lama, selanjutnya pilih opsi Mulai Ulang.

Tindakan ini bertujuan agar sistem hp kembali normal atau fresh. Karena terkadang, masalah error yang terjadi diakibatkan konflik aplikasi.

2. Update Versi GB Whatsapp

Selanjutnya, kalau masih gagal juga, kamu bisa coba update versi WA GB yang digunakan. Untuk mengetahui apakah versi baru sudah keluar, kunjungi website download WA GB.

Langsung perbarui ke versi baru agar bisa menikmati semua fitur dan pembaruan pada aplikasi. Biasanya ada sistem yang sudah di-update sehingga menghilangkan bug dan error.

3. Cek Jaringan Seluler

Memastikan jaringan stabil adalah hal paling penting jika ingin mengakses aplikasi online. Pasalnya, WA GB sendiri hanya mampu bekerja bila terhubung ke internet.

Sehingga, kalau koneksi kamu tidak stabil dan lemor, kinerja aplikasi jadi kurang optimal. Salah satu dampaknya pesan gagal dikirim.

4. Bersihkan Memori dan Cache

Memori hp yang penuh dan cache data menumpuk juga jadi alasan kenapa WA GB tidak bisa menerima pesan. Sehingga penting untuk memberi sedikit ruang pada memori.

Solusi paling mudah bisa dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Selain itu, coba hapus cache data Whatsapp GB, dan kalau perlu hapus juga data penyimpanan.

5. Periksa Nomor HP

Seperti ulasan awal, salah satu penyebab Whatsapp GB tidak bisa mengirim pesan adalah nomor hp yang sudah diblokir oleh developer resmi, dalam hal ini Facebook.

Karena seperti yang kita tahu, WA GB adalah aplikasi ilegal yang cukup berisiko. Penggunaannya tidak disarankan guna menghindari virus dan masalah buruk lainnya.

Pihak Whatsapp bisa kapan saja memblokir nomor pengguna bila kedapatan menggunakan aplikasi non-resmi yang di-download tidak dari Playstore.

Demikian beberapa alasan kenapa WA GB tidak bisa menerima pesan dan cara mengatasinya. Semoga setelah melakukan metode di atas, kegiatan chatting kamu kembali lancar.