3 Perbedaan Alat Bantu Dengar Murah dan Mahal, Wajib Tahu!

Selain dari jenis dan ukuran, alat bantu dengar juga terbagi menjadi dua jenis, yakni berdasarkan harga murah dan mahal. Tentu saja masing-masing memiliki beberapa perbedaan.

Kalau dilihat dengan mata telanjang, keduanya mungkin terlihat sangat mirip. Namun, ketika digunakan kita bisa merasakan perbedaan signifikan.

Nah, berencana membeli alat bantu pendengaran (ABD) dalam waktu dekat? Sebelum itu, pahami dulu perbedaan alat bantu dengar murah dan mahal berikut ini.

Perbedaan Alat Bantu Dengar Murah dan Mahal

Fungsi Alat Bantu Pendengaran

Alat bantu dengar sangat penting bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran. Alat ini akan meningkatkan volume suara sehingga kemampuan mendengar pengguna jadi lebih baik.

Ketika memilih alat bantu dengar, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengunjungi Audiologis untuk berkonsultasi. Jadi, tidak asal beli di e-commerce.

Biasanya mereka akan fitting alat bantu dengar guna menyesuaikan gangguan yang diderita pengguna dan jenis alat yang dibutuhkan.

Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis ABD, seperti RITE, BTE, ITC hingga ITE. Dengan begitu, fungsi alat bantu pendengaran akan lebih optimal.

Cara kerja alat bantu dengar yakni dengan memperkuat suara dengan sebuah mikrofon. Nantinya, suara akan diubah jadi sinyal listrik dan diteruskan melalui speaker atau receiver.

Perbedaan Alat Bantu Dengar Murah dan Mahal

Melalui hari-hari dengan masalah pendengaran pasti sangat tidak nyaman. Hadirnya alat bantu begitu dibutuhkan guna meningkatkan kualitas hidup.

Kita jadi lebih leluasa berinteraksi atau berkomunikasi dengan teman, keluarga, hingga rekan kerja. Bahkan melakukan aktivitas seperti nonton film dan mendengarkan musik.

Adapun perbedaan alat bantu dengar murah dan mahal sebagai berikut:

1. Tampilan

Perbedaan pertama alat bantu dengar murah dan mahal adalah tampilan atau bentuk. Biasanya, ABD mahal terlihat lebih estetik dan menyesuaikan bentuk telinga.

Dengan begitu, pengguna akan merasa nyaman saat pergi ke tempat-tempat umum. Sementara ABD murah mungkin dirancang tanpa memperhatikan kenyamanan.

Jadi, tak masalah mengeluarkan uang lebih banyak ketimbang beli alat bantu murah yang membuat kamu tidak percaya diri dan selalu insecure.

2. Fitur

Selanjutnya, perbedaan lain ada di fitur. Fitur yang lebih lengkap mempengaruhi harga alat bantu dengar. Sebagai contoh, ada yang dibekali Bluetooth untuk menghubungkan ke perangkat lain.

Jadi, ketika memakai ABD, kamu bisa hubungkan ke PC, smartphone, hingga televisi. Sangat penting saat sedang Zoom atau diskusi online.

Sementara itu, alat bantu dengan murah biasanya hanya dilengkapi fitur-fitur dasar. Seperti penyesuaian volume suara yang dilakukan secara manual.

3. Kualitas Suara

Terakhir, kualitas suara juga termasuk faktor yang membedakan alat bantu murah dan mahal. Kualitas suara dua jenis alat ini tentu sangat berbeda. 

Sebagian besar alat bantu mahal dan berkualitas sudah dilengkapi fitur untuk mengurangi kebisingan. Sehingga, pengguna merasa lebih nyaman saat berkunjung ke ruang publik.

Sementara kualitas suara ABD murah cenderung flat. Artinya, alat tetap menangkap suara dengan wajar tanpa memperhatikan lingkungan sekitar.

Akhir Kata

Jadi, sudah memutuskan mau beli alat bantu pendengaran murah dan mahal? Kalau kamu memliki dana terbatas, jangan paksa beli yang mahal. Utamakan fungsi daripada fitur.

Demikian ulasan lengkap tentang perbedaan alat bantu dengar murah dan mahal yang bisa jadi pedoman sebelum membeli. Tetap percaya diri dan jangan pernah insecure, ya!