Biaya Pendirian PT Perorangan 2023 dan Persyaratannya

Apakah kamu sedang merintis usaha? Jika iya, mendirikan PT Perorangan bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya prosedur yang mudah, tapi biaya pendirian PT Perorangan juga lebih terjangkau.

Sebagai pemilik usaha, tentu kita ingin memberikan yang terbaik. Dengan PT Perorangan, kita akan memiliki kendali penuh atas usaha yang dijalani.

Apalagi, saat ini banyak beredar Jasa Pendirian PT Perorangan Terpercaya yang menawarkan layanan profesional, mulai dari awal hingga terbitnya sertifikat.

Kalau kamu termasuk pengusaha pemula, ada baiknya pahami prosedur, persyaratan, serta biaya pendirian PT Perorangan. Semua tersedia dalam artikel ini, yuk simak!

Biaya Pendirian PT Perorangan

Persyaratan Mendirikan PT Perorangan

Saat ingin mendirikan PT, tentunya kita harus menyiapkan semua persyaratan seperti dokumen, SIUP, dan surat-surat penting lainnya.

Memasuki era digital, sebenarnya tak sulit bagi pemilik usaha yang ingin mengajukan pendirian PT Perorangan. Terlebih lagi, kita bisa menggunakan jasa atau perantara.

Adapun syarat mendirikan PT Perorangan sebagai berikut:

  • Status pemilik usaha harus WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Usia minimal 17 tahun dan patuh akan hukum
  • Melampirkan dokumen pribadi seperti KTP hingga NPWP
  • Lampirkan juga Surat Izin Usaha bila dibutuhkan
  • Pemegang saham dalam lingkup usaha harus 1 orang, tidak boleh lebih

Selain persyaratan di atas, dalam kurun waktu 1 tahun, kita hanya bisa mengajukan pendirian PT Perorangan sebanyak 1 kali.

Jadi, apabila sebelumnya kamu sudah pernah mengajukan bisnis lain, tunggu hingga lewat 1 tahun baru bisa mengajukan bisnis baru.

Biaya Pendirian PT Perorangan

Pada dasarnya, sebagian besar pemilik usaha lebih suka menggunakan jasa perantara untuk membuat PT Perorangan. Salah satu alasannya adalah efesiensi waktu.

Secara umum, biaya pendirian PT Perorangan tidak lebih dari Rp3 juta. Contohnya di Yogi Kreatif yang menyediakan 3 paket pendirian PT Perorangan.

  • PAKET UMKM Rp1.000.000
  • PAKET UMKM + DOC Rp1.500.000
  • PAKET UMKM + PKP Rp3.000.000

Layanan yang ditawarkan sudah termasuk sertifikat pendaftaran, NPWP perusahaan, surat penyataan, NIB, pembuatan rekening, hingga Company Profile.

Sementara itu, untuk prosedur mendirikan PT Perorangan sangatlah sederhana dan tidak butuh banyak dokumen formal.

Bahkan, kamu dapat memulai usaha berbadan hukum setelah menyelesaikan prosedur yang berlaku.

Prosedur yang dimaksud diantaranya, menyiapkan nama PT, menyetorkan modal dasar, surat pernyataan pendirian, hingga kriteria usaha.

Demikian penjelasan lengkap tentang biaya pendirian PT Perorangan beserta persyaratan yang dibutuhkan. Baca juga artikel lain di Ngelirik.com untuk informasi seputar teknologi dan dunia digital.