6 Situs Freelance Penghasil Uang, Cuan Melimpah dari Rumah!

Situs Freelance Penghasil Uang

Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak orang yang memilih menjadi pekerja lepas atau freelance. Untungnya, saat ini ada banyak situs freelance penghasil uang yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

Minat masyarakat Indonesia menjadi freelance memang lumayan tinggi. Hal ini disebabkan karena dapat memperoleh penghasilan yang lebih fleksibel dan terkadang lebih besar dari pekerja kantoran.

Dirangkum dari fokusmedia.id, beberapa website freelance yang dapat menghasilkan uang antara lain Upwork, Freelancer, dan Fiverr. Kita dapat menawarkan jasa dalam berbagai bidang seperti penulisan, desain grafis, penerjemahan, dan lainnya.

Nah, kalau kamu tertarik mendapatkan penghasilan online, berikut beberapa situs freelance penghasil uang terbaik yang layak dicoba. Semuanya gratis, tinggal daftar dan tunggu panggilan kustomer!

Hal yang Harus Diperhatikan Freelancer Pemula

Fokus sebagai freelancer menguntungkan dari segi waktu dan fleksibilitas. Kita bebas mengatur waktu pekerjaan tanpa mendapat tekanan dari atasan. Namun kekurangannya, ada deadline yang harus segera diselesaikan.

Kalau kamu pemula yang tertarik dengan dunia freelancer, perhatikan beberapa hal berikut agar bisa “survive” dan memperoleh banyak penghasilan.

1. Jangan Pernah Lelah Belajar

Skill sangat penting agar bisa mendapatkan banyak peluang pekerjaan. Oleh karena itu, kamu harus mengasah banyak skill jika ingin sukses sebagai freelancer. Tapi kalau melelahkan, coba fokus di satu skill terlebih dahulu.

Ada banyak kategori pekerjaan sebagai freelancer, misalnya desain grafis, website developer, pembuatan logo, hingga jasa penulisan.

Kalau kamu merasa butuh meningkatkan skill, ada banyak platform untuk kamu manfaatkan. Bahkan beberapa di antaranya gratis, seperti Ruangguru, Oracle, hingga Glints ExpertClass.

2. Tarif dan Target Konsumen

Selanjutnya jika masuk dalam dunia freelancer, kamu harus menentukan tarif jasa yang ditawarkan. Caranya bisa dengan membandingkan standar dari freelancer lain di kategori serupa. Pastikan jangan terlalu murah maupun terlalu mahal.

Selain itu, tentukan juga target konsumen. Ini dapat menjadi faktor memperoleh banyak uang dari situs freelancer.

3. Perbanyak Portofolio

Portofolio sangat penting bagi seorang freelancer. Ini bisa jadi awal mula mendapatkan banyak job dari perusahaan atau konsumen. Kamu wajib memiliki portofolio sehingga calon konsumen tertarik dengan hasil kerjamu.

Cara buat portofolio untuk freelancer sangatlah mudah. Bisa dengan membuat website dan melampirkan profil dan hasil kerja selama menggeluti dunia freelancer.

Daftar Situs Freelance Penghasil Uang

Penting bagi freelancer untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka, dan membangun reputasi yang baik melalui sistem rating dan review yang disediakan oleh website freelance tersebut.

Berikut beberapa situs freelancer penghasil uang terbaik:

1. Upwork

Upwork adalah salah satu website freelance terbesar di dunia dengan lebih dari 12 juta freelancer dan 5 juta klien terdaftar. Upwork menawarkan ragam job mulai dari penulisan, desain, hingga pengembangan web dan aplikasi.

Kita dapat membuat profil, mencari pekerjaan, dan mengirim proposal untuk setiap proyek yang sesuai dengan keahlian. Upwork memungkinkan freelancer menawarkan jasa sesuai harga yang telah ditentukan atau dengan sistem lelang.

2. Fiverr

Selain Upwork, ada juga Fiverr yang dapat menghasilkan uang bagi freelancer. Dianggap sebagai situs freelance penghasil uang, Fiverr memungkinkan kita untuk menawarkan jasa dalam bentuk "gig" dengan harga mulai dari $5.

Fiverr juga menyediakan sistem rating dan review, sehingga klien dapat memilih freelancer dengan reputasi paling bagus. Tertarik mencoba? Langsung saja akses website-nya dan daftarkan diri kamu sebagai freelancer.

3. Freelancer.co.id

Selanjutnya ada Freelancer.co.id yang merupakan “cabang” dari situs freelancer.com. Sesuai domain co.id, situs ini beroperasi di Indonesia sehingga khusus menjaring pekerja lepas dari anak-anak muda dengan bakat tertentu.

Kalau kamu termasuk pemula, situs ini dapat jadi batu loncat. Bukan sekedar populer, freelancer.co.id menawarkan lebih dari 1.800 kategori. Untuk pembayaran, uang akan ditransfer lewat PayPal.

4. Sribulancer

Sribulancer juga layak dicoba kalau kamu sedang mencari situs freelance penghasil uang. Berbekal popularitas, Sribulancer menarik minat banyak orang untuk memperoleh uang dari internet, baik part-time maupun full-time.

Untuk pembayarannya tak perlu khawatir, Sribulancer dipercaya banyak perusahaan. Sejauh ini sudah jutaan review dari freelancer bahwa reputasinya sangat bagus dan semua hak dibayar tuntas.

5. Sribu

Faktasnya, Sribulancer dan Sribu berasal dari perusahaan serupa. Perbedaan keduanya ada di kategori pekerjaan. Sribu hanya fokus pada bidang desain grafis. Dengan kata lain, situs ini cocok kalau kamu memiliki keahlian desain.

Satu hal menarik, Sribu sering menghadirkan kontes dengan hadiah uang tunai penghargaan. Artinya, di samping materi kamu juga bisa menambah portofilo yang tentunya memudahkan dalam menjaring konsumen.

6. Projects.co.id

Terakhir, situs freelance penghasil uang terbaik yang tak boleh ketinggalan adalah Projects.co.id. Ini termasuk website dari Indonesia yang juga sangat populer. Sejak awal rilis, banyak orang menggantungkan hidupnya di sini.

Projects.co.id menawarkan ragam kategori, mulai dari content creator, pengembangan website dan aplikasi, bahasa phyton, programmer, hingga voice over.

Akhir Kata

Kesimpulannya, website freelance dapat menjadi pilihan terbaik. Terutama mereka yang ingin menghasilkan uang dengan cara fleksibel dan mandiri tanpa bergantung pada perusahaan dan diperintah oleh bos.

Demikian deretan situs freelance penghasil uang terbaik yang sudah terbukti membayar dollar. Cukup akses website lewat laptop atau PC, salurkan skill yang kamu miliki untuk memperoleh cuan dari rumah maupun coffee shop.